10 Jejak Sejarah Kopi yang Jadi Minuman Favorit di Dunia

January 2, 2024

Share to:

sejarah kopi

Daftar Isi

Kopi sebagai minuman penuh aroma yang melambungkan semangat, memiliki sejarah panjang dan kaya yang merentang dari tanah asalnya di Afrika hingga ke seluruh penjuru dunia. Mari kita telusuri sejarah kopi yang ajaib dalam mengubah kebiasaan minum dan memengaruhi budaya di berbagai belahan dunia.

Asal Usul Kopi

Menurut legenda populer, kopi berasal dari wilayah Kaffa, Ethiopia, pada abad ke-9. Seorang gembala bernama Kaldi dikatakan menemukan biji kopi secara tidak sengaja ketika ia melihat kambingnya menjadi sangat bertenaga setelah memakan buah dari tanaman kopi.

Melihat kambingnya menjadi lebih bersemangat setelah memakan biji dari tanaman yang kini kita kenal sebagai pohon kopi, Kaldi pun merasa penasaran. Ia akhirnya memutuskan untuk mencoba biji tersebut. Kaldi merasa terkejut karena setelah memakan biji itu, ia juga merasakan semangat yang sama seperti kambingnya.

Penyebaran Kopi ke Timur Tengah

Dari Ethiopia, kopi merambah ke semenanjung Arab. Pada abad ke-15, kopi pertama kali tiba di semenanjung Arab, membawa bersama cerita legendaris tentang penemuan biji kopi di Ethiopia. Budaya minum kopi segera berkembang di antara penduduk Arab.

Di sana, biji kopi pertama kali mulai disangrai dan dicampur dengan air untuk membuat minuman yang menyegarkan yang disebut “qahwa” atau “kahve.” Kebiasaan minum kopi pun masuk ke dunia Islam, dan kopi menjadi semakin terkenal di tempat-tempat seperti Mekah dan Baghdad.

Meskipun populer, sejarah kopi di Arab sempat menghadapi beberapa kontroversi dan larangan karena dianggap dapat memicu diskusi serta pertemuan sosial yang tidak stabil. Namun, larangan ini kemudian dicabut, dan minum kopi menjadi bagian integral dari budaya Arab.

Pusat Perdagangan Kopi di Mocha

Pelabuhan Mocha di Yaman menjadi pusat perdagangan kopi pada abad ke-15 hingga abad ke-17. Biji kopi yang ditanam di Ethiopia dibawa ke Mocha untuk disangrai dan diekspor ke seluruh dunia. Mocha menjadi pusat produksi dan ekspor kopi.

Selain itu, pusat perdagangan kopi di Mocah ini juga menjadi jembatan bagi sejarah kopi untuk menyebar ke Eropa dan Asia.

Sejarah Kopi di Eropa

Sejarah kopi di Eropa dimulai pada abad ke-17. Pada masa ini, kopi pertama kali tiba di Eropa melalui pelabuhan Venesia. Biji kopi dibawa oleh para pedagang Venesia yang melakukan perdagangan dengan bangsa Turki di Konstantinopel (Istanbul). Kopi pun segera menjadi minuman yang populer di kalangan bangsawan.

Pada awalnya persebarannya, minum kopi di Eropa sering dikaitkan dengan kegiatan intelektual dan diskusi filsafat. Kafe menjadi tempat berkumpul bagi penulis, seniman, dan cendekiawan. Kafe-kafe di Paris, London, dan kota-kota besar lainnya menjadi pusat aktivitas sosial dan budaya.

Pusat Kebudayaan di Cafe Paris

Paris menjadi pusat kegiatan kopi di Eropa pada abad ke-18. Cafe-cafe di Paris menjadi tempat bagi para intelektual, penulis, dan seniman untuk berkumpul, membahas ide-ide revolusioner, dan menikmati secangkir kopi yang aromatik. Cafe di Paris menjadi simbol kebebasan dan pertukaran gagasan.

Ekspansi Kopi ke Amerika

Kopi tiba di Amerika Serikat melalui perdagangan laut pada akhir abad ke-17. Koloni-koloni di Amerika mengadopsi minuman kopi sebagai alternatif dari teh setelah Perang Revolusi Amerika, ketika hubungan dengan Inggris menjadi tegang. Seiring waktu berjalan, kopi menjadi minuman nasional di Amerika.

Era Puncak Perkembangan Kopi

Pada abad ke-19, perkembangan teknologi memungkinkan produksi kopi dalam skala besar. Pembuatan kopi instan dan perusahaan kemasan seperti Maxwell House dan Folgers muncul. Hal ini membuat kopi lebih mudah disajikan dan dinikmati di rumah.

Era Kopi Khusus

Pada abad ke-20, muncul tren kopi khusus (specialty coffee) di mana fokus diberikan pada kualitas biji kopi, cara pemanggangan, dan penyajian. Kopi dari tempat-tempat tertentu dengan karakteristik unik menjadi populer, dan budaya kopi berkembang menjadi fenomena global.

Horego Aplikasi Cari Makanan

Era Third Wave Coffee

Gerakan “Third Wave Coffee” muncul pada awal abad ke-21, menekankan transparansi rantai pasokan, pemahaman varietas biji, dan metode pemanggangan yang tepat. Cafe-cafe khusus dengan pengetahuan mendalam tentang kopi tumbuh pesat, dan keindahan proses penyeduhan kopi dihargai secara mendalam.

Inovasi Modern

Dengan masuknya abad ke-21, inovasi terus mewarnai dunia kopi. Dari teknologi mesin espresso canggih hingga tren minuman kopi yang unik seperti cold brew, kopi terus bertransformasi sesuai dengan selera dan tuntutan pasar modern.

Dari legenda Ethiopia hingga cafe modern yang menyajikan kopi khusus, sejarah kopi adalah perjalanan panjang melalui berbagai budaya dan era. Kopi bukan hanya minuman, tetapi bagian dari budaya dan kebiasaan sosial yang membangun dan membentuk masyarakat di seluruh dunia.

Sejarah kopi sangat menarik bukan? Untuk terjun langsung dalam sejarah kopi, kamu bisa cek rekomendasi cafe untuk tempat ngopimu di Horego Guide, seperti cafe di Karawaci, cafe di Gandaria, dan cafe di SCBD.

Mau cari tempat makan dan tempat ngopi enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.