7 Jejak Sejarah Spaghetti yang Mendunia

January 2, 2024

Share to:

sejarah spaghetti

Daftar Isi

Pasta adalah salah satu makanan yang mendunia, dan di antara berbagai jenis pasta, spaghetti menjadi salah satu favorit yang terkenal. Dengan jejak sejarah spaghetti yang panjang, makanan ini tidak hanya menjadi hidangan lezat, tetapi juga mencerminkan perjalanan kuliner yang menghubungkan berbagai budaya di seluruh dunia.

Yuk kita bahas lebih lanjut lagi mengenai sejarah spaghetti yang kini telah menjadi salah satu ikon kuliner global paling diakui dan disukai oleh banyak orang.

Asal Usul Spaghetti

Spaghetti berasal dari Italia, negara yang terkenal dengan kekayaan kuliner dan tradisi masak-memasaknya. Beberapa catatan sejarah menunjukkan bahwa pasta sudah ada di Italia sejak zaman Romawi Kuno. Namun, bentuk, cara memasak, dan variasinya terus berkembang sepanjang sejarah.

Sejarah spaghetti berawal dari pasta yang dibuat secara manual dengan cara digiling dan dicetak menggunakan tangan. Namun, pada abad ke-19, penggunaan mesin pembuat pasta pun marak digunakan sehingga bisa mempercepat dan mempermudah proses produksi pasta.

Penyebaran Spaghetti

Salah satu cerita yang sering dikaitkan dengan kedatangan pasta di Italia adalah melalui petualangan penjelajah Venesia yang bernama Marco Polo.Namun, sebagian besar ahli sejarah berpendapat bahwa pasta telah ada di Italia sebelum Marco Polo mulai berkelana.

Meskipun demikian, pengaruh Marco Polo dalam membawa pasta ke Eropa dan memperkenalkan kelebihan pasta menjadi bagian dari narasi sejarah spaghetti.

Walaupun legenda yang menghubungkan Marco Polo dengan pengenalan pasta di Italia mungkin berlebihan, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa kontak dengan budaya Asia melalui perdagangan memperkaya repertoar rasa dan teknik pembuatan pasta.

Selain menyebar ke Asia, migrasi besar-besaran imigran Italia ke Amerika membantu penyebaran pasta lebih luas lagi. Para migran Italia yang datang ke Amerika membawa budaya masak mereka dan memperkenalkannya kepada masyarakat lokal, termasuk kegemaran akan pasta.

Evolusi Bentuk dan Pembuatan

Sejarah spaghetti hingga bisa menjadi bentuk yang saat ini kita kenal bermula pada abad ke-19. Meskipun bentuk dasar spaghetti tetap konsisten, terdapat perubahan dan eksperimen yang melibatkan variasi dalam ukuran, bahan dasar, hingga bentuk alternatif.

Awalnya, spaghetti hadir dalam ukuran panjang yang khas. Namun, seiring berjalannya waktu, produsen pasta mulai menciptakan varian ukuran, termasuk yang lebih pendek atau lebih panjang dari ukuran standar. Ini memberikan fleksibilitas dalam penyajian dan memungkinkan variasi dalam hidangan yang disajikan.

Selain spaghetti dengan bentuk panjang dan silinder, beberapa inovasi melibatkan pembentukan pasta dalam bentuk alternatif. Misalnya, spaghetti yang diruncing di ujung atau dikepang menjadi pilihan menarik yang memberikan sensasi berbeda dalam setiap gigitan.

Sejarah spaghetti dalam proses pembuatannya pun mengalami evolusi yang baik. Pembuatan spaghetti kini semakin terotomatisasi, memungkinkan produksi massal dan distribusi yang lebih luas. Pada masa ini, spaghetti menjadi lebih terjangkau dan lebih mudah ditemukan di berbagai wilayah di Italia.

Sejarah Spaghetti di Amerika

Ketika imigran Italia membawa tradisi masak mereka ke Amerika, spaghetti juga ikut merambah benua baru. Meskipun awalnya dianggap sebagai hidangan eksotis, spaghetti mendapatkan popularitas yang pesat di Amerika pada awal abad ke-20. Sejarah spaghetti mencatat perkembangan baru pada masa ini.

Perkembangan yang pesat di Amerika, membuat spaghetti bukan hanya menjadi bagian dari masakan rumahan, tetapi juga mulai disajikan di restoran-restoran Italia yang menjamur di kota-kota besar.

Restoran-restoran tersebut menjadi tempat di mana orang Amerika bisa mencicipi spaghetti untuk pertama kalinya. Saat itu, spaghetti menjadi simbol integrasi budaya dan kelezatan yang bersifat inklusif.

Spaghetti sebagai simbol Kreativitas Kuliner

Spaghetti tidak hanya menjadi hidangan meja makan sehari-hari, hidangan ini juga memainkan peran sosial dalam berbagai perayaan dan pertemuan keluarga. Beberapa inovasi kreatif dalam penyajian, seperti pasta bar atau malam spaghetti keluarga, menambah dimensi keceriaan dan kehangatan dalam menikmati hidangan ini.

Horego Aplikasi Cari Makanan

Ragam Variasi Spaghetti

Seiring berjalannya waktu, spaghetti diakomodasi dan diadopsi dalam berbagai varian hidangan di seluruh dunia. Salah satu varian dari resep spaghetti yang paling terkenal adalah resep Spaghetti Bolognese, yang berasal dari Bologna, Italia.

Spaghetti Bolognese, atau yang dikenal sebagai “spag bol,” terbuat dari saus tomat, daging cincang, dan bumbu-bumbu khas yang memberikan sentuhan kaya rasa pada hidangan ini dan membuatnya menjadi favorit di berbagai belahan dunia.

Di samping itu, berbagai varian resep lokal seperti resep spaghetti carbonara, aglio e olio, dan seafood spaghetti menunjukkan kekreatifan kuliner di berbagai negara.

Spaghetti di Dunia Modern

Dalam era media sosial dan globalisasi, spaghetti menjadi lebih dari sekadar hidangan makanan. Foto-foto pasta yang menggiurkan, resep-resep kreatif, dan tren kuliner terbaru terus menggoda selera penggemar kuliner di seluruh dunia. Spaghetti menjadi salah satu bintang dalam perjalanan kuliner digital.

Selain itu, spaghetti kini menjadi hidangan yang tak hanya ditemukan di Italia dan Amerika, tetapi telah merambah ke seluruh dunia. Restoran cepat saji, restoran mewah, hingga dapur rumahan, semua menyajikan berbagai versi spaghetti sesuai selera dan kekhasan lokal.

Mau cari tempat makan spaghetti enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.