Pedas dan Nikmat, Ini 5 Fakta Menarik Yukgaejang yang Jadi Favorit Banyak Orang

February 26, 2024

Share to:

yukgaejang

Daftar Isi

Makanan khas Korea kini lagi marak-maraknya digemari oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari yang paling terkenal, kayak odeng hingga yang tergolong tradisional kayak yukgaejang. Tapi, makanan apa sih sebenarnya yukgaejang itu? Yuk cari tau lebih dalam lagi melalui ulasan menarik berikut ini!

Apa Itu Yukgaejang?

Yukgaejang adalah salah satu makanan khas Korea yang terkenal dengan rasa pedas dan hangatnya. Hidangan ini berupa sup pedas yang terbuat dari kaldu daging sapi kaya rempah.

Dilengkapi dengan potongan tipis daging sapi, aneka sayuran, kayak daun bawang, tauge, dan kimchi, serta mie atau nasi, hidangan ini punya rasa pedas khas yang berasal dari bubuk cabai kering Korea (gocharu).

Dengan rasa pedas yang bisa menghangatkan tubuh, hidangan ini sering kali disantap pada saat musim dingin. Kombinasi rasa yang kaya, tekstur yang menggugah selera, dan manfaat kesehatannya, makanan ini jadi salah satu hidangan favorit di Korea dan semakin populer di seluruh dunia.

Asal Usul Nama Yukgaejang

Tau gak sih, nama hidangan ini udah mengalami perubahan lho. Sebelumnya, masyarakat Korea menyebut hidangan ini sebagai “yukgaetang”, yang artinya sup daging.

Tapi seiring waktu berjalan, nama tersebut diubah jadi “yukgaejang”. Hal ini bermaksud untuk menekankan pada istilah “jang” yang dalam bahasa Korea merujuk pada rasa pedas dari sup yang mengandung daging.

Dianggap lebih sesuai dengan ciri khas dari hidangan sup daging sapi pedas ini, akhirnya nama baru itulah yang kemudian dipakai dan dikenal oleh banyak orang di seluruh dunia.

Manfaat Yukgaejang untuk Kesehatan

Gak cuma punya rasa yang bisa memanjakan lidah, makanan khas Korea ini juga punya banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut penjelasannya:

1. Sumber Protein

Menggunakan daging sapi sebagau bahan utamanya, hidangan ini merupakan sumber protein yang baik. Kandunag protein ini penting untuk pembentukan dan pemeliharaan jaringan tubuh, termasuk otot dan kulit.

2. Kandungan Nutrisi yang Tinggi

Selain daging, kandungan sayuran kayak daun bawang, tauge, dan kimchi yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Serat disini penting untuk kesehatan pencernaan, lalu vitamin dan mineral mampu membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

3. Mampu Menghangatkan Tubuh

Rasa pedas yang berasal dari gocharu pada hidangan sup ini mampu membantu meningkatkan suhu tubuh dan membuat tubuh terasa hangat. Hal ini bisa bermanfaat bagi banyak orang, terutama saat musim dingin.

4. Mengandung Antioksidan

Rempah-rempah yang digunakan pada hidangan ini juga mengandung antioksidan yang bisa membantu melawan radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit kronis, kayak kanker dan jantung.

Hidangan Tradisi Sambok

Di Korea, terdapat tradisi unik bernama Sambok yang merujuk pada tiga hari terpanas saat musim panas tiba. Pada ketiga hari ini, ada tradisi untuk memakan beberapa hidangan khusus, salah satunya yukgaejang.

Awalnya, Bosintang (sup daging anjing) jadi salah satu makanan yang umum dimakan pada perayaan Sambok. Tapi seiring berkembangnya zaman, masyarakat udah gak mau mengonsumsi daging anjing. Jadilah sup daging sapi padas ini sebagai gantinya.

Tradisi menyantap hidangan sup daging sapi pedas ini bertujuan untuk mempertahankan stamina dan membantu menjaga kesehatan tubuh selama musim panas.

Jadi, hidangan ini gak cuma cocok untuk disantap saat musim dingin dengan tujuan sebagai penghangat tubuh, tapi juga bisa dijadikan makanan yang pas untuk musim panas.

Cara Membuat Yukgaejang

Kalau belum bisa ke Korea untuk menikmati hidangan sup pedas ini, kamu gak perlu khawatir! Kamu bisa ikuti rincian resep berikut ini!

Bahan-bahan:

  • 250 gram daging sapi (biasanya bagian iga), potong tipis.
  • 1 buah bawang bombay, potong-potong.
  • 4 siung bawang putih, cincang halus.
  • 4 sdm gochugaru (bubuk cabai Korea).
  • 2 sdm minyak wijen.
  • 2 sdm kecap asin.
  • 1 sdm mirin.
  • 1 sdm kecap ikan.
  • 1 sdm pasta cabai atau sambal (opsional).
  • 1 sdm gula.
  • 1 sdt merica bubuk.
  • 1 sdt bubuk jahe.
  • 8 gelas air.
  • 2 sdm kaldu sapi bubuk.
  • 2 batang daun bawang, iris tipis.
  • 200 gram tauge.
  • Kimchi (Opsional).

Cara Membuat:

1. Panaskan minyak wijen dalam panci besar. Tumis bawang putih, bawang bombay, dan gochugaru hingga harum.
2. Masukkan daging sapi, tumis hingga berubah warna.
3. Tambahkan kimchi, aduk rata.
4. Tuangkan air, kecap asin, mirin, kecap ikan, pasta cabai/sambal, gula, merica bubuk, dan bubuk jahe. Aduk rata.
5. Biarkan mendidih, lalu kecilkan api dan biarkan mendidih perlahan selama sekitar 1-2 jam hingga daging menjadi empuk.
6. Setelah daging empuk, tambahkan tauge dan daun bawang. Aduk rata dan masak sebentar hingga tauge layu.
7. Koreksi rasa sesuai selera.
8. Sajikan selagi panas dengan nasi putih hangat.

Nah, itu dia beberapa bahasan menarik soal yukgaejang. Kamu udah pernah coba belum?

Selain hidangan sup daging sapi pedas ini, kamu juga bisa cek ulasan menarik soal makanan lainnya di Horego Guide, kayak kimchi jjigae, mandu, dan daechang.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.