5 Fun Fact Caramel Macchiato sebagai Minuman Kopi Populer di Dunia

February 14, 2024

Share to:

Daftar Isi

Kopi memang punya banyak jenis dan masing-masing punya ciri khasnya sendiri, kayak caramel macchiato. Nama itu pastinya udah gak asing di telinga para pecinta kopi. Tapi, apasih bedanya jenis kopi ini dengan jenis lainnya? Yuk cari tau dengan simak ulasannya berikut ini!

Apa Itu Caramel Macchiato

Caramel macchiato adalah sejenis minuman kopi yang terdiri dari espresso, susu, dan sirup caramel. Minuman ini dibuat dengan mencampur espresso dan susu, lalu disajikan dengan foam susu di atasnya.

Gak cuma itu aja, minuman ini juga diberi tambahan sentuhan sirup caramel. Rasa kopi yang kuat dipadukan dengan manisnya caramel, bikin minuman ini jadi favorit buat yang suka kopi dengan rasa manis yang seimbang. Cocok buat banget jadi minuman untuk memulai hari biar makin semangat.

Caramel Macchiato vs. Caramel Latte

Meskipun sama-sama punya kata ‘caramel’ pada namanya, kedua minuman ini berbeda lho! Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

1. Cara Penyajian

Cara penyajian dari kedua jenis kopi ini berbeda. Caramel macchiato disajikan dengan cara menuangkan spresso ke dalam susu yang dipanaskan, kemudian ditambahkan lapisan busa susu di atasnya. Setelah itu, sirup caramel juga ikut diteteskan di atas busa susu.

Sedangkan caramel latte dibuat dari campuran espresso dengan susu yang udah dipanasin. Kedua bahan ini biasanya dalam proporsi yang lebih seimbang. Setelah itu, sirup caramel ditambahkan ke dalam campuran espresso dan susu tadi.

2. Proporsi Bahan

Untuk proporsi bahannya, caramel macchiato punya kandungan susu yang lebih sedikit dibandingkan dengan espresso, jadi rasa kopinya kuat dan lebih terasa. Minuman ini juga punya sentuhan manis dari sirup caramel di atasnya.

Kalau caramel latte itu proporsi antara espresso dan susu lebih seimbang, jadi rasanya lebih creamy dan ada sentuhan manis dari sirup caramelnya.

Fun Fact Caramel Macchiato

Gak cuma enak diminum, kopi ini juga punya beberapa fakta yang menarik buat diketahui. Kepoin yuk!

1. Asal-Usul Nama

Tau gak sih, ternyata nama “macchiato” itu berasal dari bahasa Italia yang artinya “menandai” atau “menyentuh”. Hal ini erat kaitannya dengan cara penyajian kopi ini, yaitu espresso di atas susu yang menciptakan lapisan berbeda, menandai permukaan minuman dengan cara yang unik.

2. Bermula dari Starbucks

Jenis kopi satu ini gak tiba-tiba ada begitu aja. Minuman ini pertama kali dikenalkan oleh kedai kopi terkenal di seluruh dunia, yaitu Starbucks pada tahun 1996. Meskipun begitu, varian minuman ini telah jadi favorit di kedai kopi dan cafe di seluruh dunia, gak cuma di Starbucks aja!

3. Rasa yang Berevolusi

Selain sirup caramel, banyak varian rasa lain yang telah diciptakan untuk caramel macchiato, contohnya ada vanilla, hazelnut, dan toffee nut. Ini menambah variasi dan pilihan bagi pecinta kopi yang mau coba sesuatu yang baru.

4. Penyajian yang Unik

Beberapa barista kadang punya kebiasaan unik dalam cara penyajian caramel macchiato, contohnya kayak membuat pola yang indah di atas lapisan busa susu dengan sirup caramel. Hal ini menambah nilai estetika dan keunikan dalam pengalaman menikmati kopi ini.

5. Tetap Populer hingga Kini

Meskipun tren minuman kopi baru terus bermunculan, varian kopi yang satu ini tetap jadi salah satu minuman kopi paling populer di seluruh dunia.

Hal ini dikarenakan caramel macchiato punya rasa kopi kuat dengan sentuhan manis caramel yang terus memikat lidah para penikmat kopi dari berbagai kalangan.

Rekomendasi Tempat Minum Caramel Macchiato Enak

Bicarain soal minuman ini, pasti jadi bikin kamu ngiler dan pengen cobain langsung rasanya ‘kan? Nah, ini ada beberapa rekomendasi tempat dimana kamu bisa nyicipin caramel macchiato yang enak!

1. Reservo Cafe – Jakarta

Reservo Cafe

Reservo Cafe/Google Review

Reservo Cafe ini bisa jadi tempat ngopi yang pas buat kamu. Tempatnya gak begitu luas tapi suasananya cozy banget karena punya interior yang keren, cocok buat WFC atau meeting kantor.

Menu di cafe Jakarta ini beragam, mulai dari espresso, long black, cappuccino, caramel macchiato, dan masih banyak lagi. Harganya juga affordable dan gak bikin kantong kamu menangis.

Kopi di Reservo Cafe teksturnya kental dan enak. Rasanya juga gak berubah walau kopi udah jadi dingin. Pas banget deh di lidah para pecinta kopi.

Alamat: Jl. Griya Utama (Flamboyan) Blok G2 No. 853 Komplek Ruko The LINQ, Pademangan, Jakarta Utara
Jam Buka: Senin – Sabtu, 10.00 – 19.30
Harga: Rp25.000 – Rp50.000/orang
Menu Favorit: Cappuccino, Piccolo
Telepon: (021) 29614629

2. Koffie Braga – Bandung

Koffie Braga

Rizka Octaviani/Google Review

Lagi cari coffee shop di Bandung yang punya vibes retro vintage? Mampir aja ke Koffie Braga! Tempatnya nyaman dan luas, cocok buat foto-foto.

Welcome Reward Horego

Menu di Koffie Braga juga bervariatif. Gak cuma nyediain kopi, disini juga ada ragam menu makanan bahkan menu sehat pun juga ada. Rasanya juga enak!

Koffie Braga ini lokasinya ada di tengah-tengah Braga, jadi strategis banget. Jaraknya juga cuma sekitar 1,7 km dari Stasiun Bandung.

Alamat: Jl. Braga No.79, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
Jam Buka: Senin – Minggu, pukul 09.00 – 21.00
Harga: Rp25.000 – Rp75.000/orang
Menu Favorit: Kopi Manja, Cappuccino
Telepon: 0812-2103-2264

3. Jeeva Yogyakarta – Jogja

Jeeva Yogyakarta

Riani BM/Google Review

Jeeva Yogyakarta ini letaknya strategis, ada di tengah-tengah kota. Tempatnya juga nyaman, cocok buat sekedar nongkrong atau WFC-an. Dekorasinya lucu dan instgrammable banget.

MEnu kopinya beragam, ada latte, vietnam drip, mochacino, americano, dan masih banyak lagi. Coffee shop Jogja ini juga nyediain menu makanan yang enak dalam porsi besar.

Untuk soal harga, masih affordable dan sesuai banget sama porsi yang ditawarkan. Pokoknya, kalau mau ngopi asyik di Jogja langsung aja datang ke alamat di bawah ini!

Alamat: Jl. Suhartono No.2, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta
Jam Buka: Senin – Minggu, pukul 10.00 – 23.00
Harga: Rp50.000 – Rp75.000/orang
Menu Favorit: Klepon Cake, Wagyu Crazy Rice
Telepon: (0274) 5015951

Nah, itu dia beberapa hal menarik soal caramel macchiato da rekomendasi tempat yang bisa kamu kunjungi. Selamat mencoba!

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.