Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Purwodadi yang Paling Unik

March 2, 2024

Share to:

oleh-oleh khas Purwodadi

Daftar Isi

Siapa yang punya rencana untuk datang ke Purwodadi? Jika kamu adalah satunya, kamu perlu tahu apa saja oleh-oleh khas Purwodadi yang bisa kamu bawa pulang. Sebab, di daerah ini ada banyak makanan unik yang gak ada di tempat lain. Jadi, kamu wajib untuk mencobanya saat ada di Purwodadi.

Ingin tahu apa saja makanan khas Purwodadi yang pas untuk kamu beli sebagai oleh-oleh khas Purwodadi? Yuk kita simak sama-sama daftar rekomendasinya di bawah ini!

1. Kodok Goreng Tepung – Oleh-Oleh Khas Purwodadi Terpopuler

makanan khas Purwodadi swike

Tokopedia/SwikeeGloris

Mengonsumsi daging ayam atau daging sapi mungkin sudah gak asing lagi buat kamu. Namun bagaimana dengan daging kodok? Apakah kamu pernah mencobanya? Jika belum, kamu bisa memburu kodok goreng tepung ketika kamu bertandang ke Purwodadi.

Makanan unik nan ekstrem khas Purwodadi ini juga dikenal dengan nama swike. Karena itulah kabupaten ini dijuluki sebagai Kota Swike. Jadi, gak heran jika makanan khas Purwodadi swike bisa kamu temukan di mana-mana.

Selain swike yang sudah siap saji di cafe dan restoran, ada juga kodok goreng tepung yang dijual di banyak toko oleh-oleh khas Purwodadi. Namun, yang paling populer adalah Swike Cik Ping Purwodadi.

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Khas Purwodadi, Jalan Kolonel Sugiono Nomor 11, Jengglong Timur, Kecamatan Purwodadi
Harga: Rp40.000 (per porsi)

2. Kecap Purwodadi Cap Udang

kecap khas Purwodadi

Lazada/Azola Purwodadi

Gak cuma terkenal dengan swike, Purwodadi ternyata juga populer dengan kecap lokalnya, yaitu Kecap Purwodadi Cap Udang. Kecap ini termasuk kuliner legendaris karena sudah eksis lebih dari 70 tahun yang lalu.

Eksistensinya bisa awet selama ini karena kecap khas Purwodadi ini punya rasa yang gurih. Kamu bisa menggunakannya untuk memasak atau menyantapnya dengan bakso dan makanan berkuah lain.

Sebagai salah satu oleh-oleh khsa Purwodadi wajib, kamu bisa menemukan kecap ini dengan mudah di hampir setiap sudut Kecamatan Purwodadi. Kecap yang satu ini tersedia di warung kecil hingga di toko oleh-oleh khas Purwodadi besar, termasuk di Jalan Banyuono II.

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Khas Purwodadi, Jl. Banyuono II, Jetis Utara, Kecamatan Purwodadi
Harga: Rp37.500 (600 ml)

3. Marning Jagung

pusat kuliner Purwodadi

Lazada/Dapur Suryo67

Jika kamu mencari kudapan untuk teman ngemil di jalan, marning jagung bisa jadi pilihan. Kudapan ini juga aman untuk kamu bawa pulang karena punya daya tahan yang cukup lama, yaitu hingga 2 minggu lamanya. Di samping termasuk oleh-oleh khas Purwodadi yang tahan lama, rasanya juga sangat lezat.

Rasa gurih dan tekstur kriuknya bisa membuat sesi ngemil kamu menjadi lebih mantap. Kamu pun gak perlu khawatir karena kudapan ini ada di hampir semua pusat oleh-oleh khas Purwodadi, termasuk yang ada di Jalan Ahmad Yani.

Lokasi: Jalan Ahmad Yani Nomor 37, Plendungan, Kuripan, Kecamatan Purwodadi
Harga: Rp25.000 (per kg)

4. Keripik Paru

toko oleh-oleh khas Purwodadi

Shopee/Toserdas Spicy Snacks Mart

Jika kamu suka jeroan, keripik paru khas Kota Swike termasuk kudapan yang wajib kamu coba. Paru yang digunakan adalah paru sapi, jadi makanan ini memang gak seekstrem itu.

Keripik paru punya rasa yang gurih dengan tekstur yang renyah, karena di luarnya ada baluran tepung. Aromanya yang unik pun membuat keripik ini menjadi lebih lezat.

Sama seperti buah tangan yang lain, kamu bisa menemukan kudapan ini dengan mudah di hampir semua pusat oleh-oleh. Ini termasuk toko yang ada di Jalan Parang Garuda.

Lokasi: Jalan Parang Garuda V, RT.02/RW.08, Kwarungan, Kalongan, Kecamatan Purwodadi
Harga: Rp25.000 (per kg)

5. Kue Semprong

jajanan khas Purwodadi

Wikimedia Commons

Ketika kamu datang ke pusat kuliner Purwodadi, kurang afdol rasanya jika kamu gak mencoba kue semprong. Kue tradisional yang satu ini terbuat dari campuran tepung sagu dan santan, sehingga rasanya gurih dan lezat.

Tambahan margarin dan telur di dalam kue membuatnya membuat teksturnya menjadi lebih renyah. Sedangkan campuran biji wijen membuat aroma kue terasa lebih menggugah selera.

Lokasi: Jalan MT. Haryono Nomor 91, Jengglong Timur, Kecamatan Purwodadi
Harga: Rp35.000 (60 pcs)

6. Emping Jagung

pusat kuliner Purwodadi

UMKM

 

Jika biasanya emping terbuat biji melinjo, di Purwodadi kamu bisa menemukan emping yang terbuat dari jagung. Selain memakannya secara langsung kamu pun bisa menyantapnya dengan susu. Rasa asin dari emping dan gurih dari susu bisa membuat cita rasanya lebih kaya dan enak.

Gak cuma yang asin, ada juga emping jagung yang punya rasa pedas dan manis. Untuk varian ini kurang cocok untuk kamu jadikan sereal. Jadi, kamu hanya bisa menyantapnya sebagai teman ngemil saja.

Welcome Reward Horego

Lokasi: Jalan MT. Haryono Nomor 91, Jengglong Timur, Kecamatan Purwodadi
Harga: Rp25.000 (per kg)

7. Tempe Hygiene

toko oleh-oleh khas Purwodadi

X/Rumah Kedelai Grobogan

Sebagai salah satu sumber protein nabati paling populer di Indonesia, kamu bisa menemukan tempe di mana-mana. Namun, hal itu gak berlaku untuk tempe hygiene. Sebab, kamu hanya bisa menemukannya di Purwodadi.

Sama seperti namanya, hal yang paling menonjol dari tempe ini adalah kebersihannya, mulai dari tempat hingga proses pembuatan tempenya. Selain bersih, tempe ini juga terbuat dari kacang kedelai lokal yang berkualitas. Jadi, oleh-oleh ini jangan sampai terlewat.

Selain bisa kamu temukan di toko oleh-oleh, kamu juga bisa langsung datang ke rumah produksinya untuk mendapat harga termurah. Lokasinya ada di Rumah Kedelai Grobogan.

Lokasi: Jalan Solo – Purwodadi No.KM, RW.5, Sukoharjo, Krangganharjo, Kecamatan Toroh
Harga: Rp5.000 (per pcs)

8. Gethuk Lindri

makanan khas Purwodadi

Wikimedia Commons

Sama seperti hampir semua daerah di Jawa yang lain, Purwodadi juga punya gethuk khas tersendiri, yaitu gethuk lindri. Gethuk ini merupakan jajanan khas Purwodadi yang terbuat dari singkong kukus. Ada tambahan kelapa parut, gula pasir, dan margarin yang membuat kudapan ini terasa semakin legit.

Hal yang membuat gethuk ini unik adalah penggunaan pasta rasa pandan, stroberi, dan rasa-rasa yang lain. Sehingga, ada tambahan warna dan rasa yang membuat gethuk ini terasa lebih menggugah selera.

Lokasi: Jalan MT. Haryono Nomor 91, Jengglong Timur, Kecamatan Purwodadi
Harga: Rp2.000 (per pcs)

Jadi, oleh-oleh khas Purwodadi mana yang paling menarik perhatianmu? Ternyata, bukan cuma itu saja kuliner unik yang gak ada di tempat lain selain di Purwodadi. Kamu pun bisa menemukan makanan lain di aplikasi Horego.

Segera unduh aplikasi Horego melalui Play Store atau App Store untuk mendapat update terbaru soal kuliner!