14 Makanan Khas Purwodadi, Mulai dari yang Unik hingga Ekstrem

January 8, 2024

Share to:

makanan khas Purwodadi

Daftar Isi

Terletak di jantung Jawa Tengah, Purwodadi tidak hanya terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah, tetapi juga dengan warisan kuliner yang kaya. Makanan khas Purwodadi terdiri dari beragam hidangan lokal yang mencerminkan keberagaman budaya dan kreativitas kuliner masyarakatnya.

Mari kita menjelajahi perjalanan kuliner melalui cita rasa khas Purwodadi yang unik!

Makanan Khas Purwodadi

Berikut adalah deretan berbagai makanan khas dari Purwodadi yang memiliki cita rasa tradisional Jawa.

1. Soto Purwodadi

Soto ini adalah hidangan soto khas daerah Purwodadi yang menggoda dengan kuahnya yang kaya rempah. Soto ini berisi berbagai jenis sayuran seperti kol dan tauge. Disajikan dengan irisan daun seledri, bawang goreng, dan perasan jeruk nipis, soto Purwodadi menjadi pilihan yang sempurna untuk menghangatkan perut dan hati.

2. Sayur Becek

Sayur becek adalah makanan khas Purwodadi yang merupakan hidangan berkuah hangat dan lezat. Hidangan ini terbuat dari iga sapi atau kerbau yang disiram oleh kaldu berempah kaya rasa. Sayur becek biasanya disajikan dengan nasi putih hangat untuk menambah kenikmatan.

3. Lempok

Lempok merupakan makanan khas Purwodadi yang sering disantap sebagai menu sarapan bagi masyarakat sekitar. Makanan ini memiliki tampilan yang mirip seperti lontong, namun berbentuk pipih dan dibungkus dengan daun pisang. Lempok biasa disajikan dengan urap sehingga terkadang disebut mirip pecel.

4. Swike

Bagi pecinta makanan ekstrem mungkin akan menyukai hidangan satu ini. Swike adalah makanan khas Purwodadi yang menggunakan katak sebagai bahan dasarnya. Daging katak ini diolah dengan bumbu-bumbu rempah seperti serai, daun jeruk, lengkuas, dan kelapa parut untuk menciptakan kuah yang kaya rasa.

5. Pecel Gambringan

Makanan khas Purwodadi satu ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Diberi nama pecel Gambringan karena pada awalnya pecel ini hanya dijajakan di Stasiun Gambringan. Berbeda dengan pecel pada umumnya yang memiliki rasa pedas manis, saus kacang pada pecel Gambringan bercita rasa gurih dan asin.

6. Ayam Pencok

Ayam Pencok adalah hidangan khas Purwodadi yang terkenal dengan cita rasa pedas dan gurih. Keunikan dari ayam pencok terletak pada sambalnya yang terbuat dari kelapa muda parut yang akan disiramkan di atas ayam panggang. Cara pengolahannya yang unik membuat ayam pencok menjadi salah satu makanan favorit di Purwodadi.

7. Mie Tek-Tek

Mie tek-tek adalah makanan khas Purwodadi yang menjadi ikon kuliner daerah tersebut. Hidangan ini terdiri dari mie kuning yang dipadukan dengan berbagai bahan tambahan, seperti tauge, irisan ayam, dan potongan sayuran. Keunikan mie tek-tek adalah cara penyajiannya yang khas yaitu dengan menaburkan berbagai bumbu taburan.

8. Botok Yuyu

Botok yuyu adalah makanan khas Purwodadi yang terbuat dari kepiting sawah. Pengolahannya dengan cara penumbukkan kepiting sawah dan dicampur dengan berbagai bumbu botok. Setelah itu, bahan-bahan tersebut dibugkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang, menciptakan kenikmatan gurih yang luar biasa.

9. Nasi Pager

Nasi pager sekilas mirip pecel, namun memiliki isian sayuran yang berbeda. Disebut sebagai nasi pager dikarenakan sumber sayuran yang digunakan merupakan tanaman yang biasanya ditanam di belakang rumah sebagai pagar, seperti daun singkong, daun pepaya, kenikir, kacang panjang, kecambah, dan lamtoro.

10. Telur Asin Bledug

Telur asin satu ini berasal dari salah satu daerah di Purwodadi, yaitu Bledug Kuwu. Pembuatan telur asin ini meliputi pengasinan dan pengawetan selama beberapa waktu hingga menghasilkan telur asin yang memiliki cita rasa nikmat, tidak kalah dengan telur asin dari daerah lainnya.

11. Garang Asem

Garang asem adalah hidangan khas Purwodadi yang memiliki cita rasa unik asam, pedas, dan gurih. Hidangan ini umumnya terbuat dari daging ayam yang dimasak dengan campuran bumbu asem, cabai, daun jeruk, dan bumbu rempah lainnya. Proses masaknya memberikan karakteristik kuah yang asam segar dan daging ayam yang lembut.

Horego Aplikasi Cari Makanan

12. Nasi Jagung Instan

Nasi jagung merupakan makanan utama masyarakat Purwodadi, terutama Grobogan pada tahun 90-an. Pembuatannya yang lebih kompleks dibanding dengan nasi putih, membuat masyrakat berinovasi untuk menciptakan nasi jagung instan yang dapat memudahkan siapa saja yang ingin menyantap nasi jagung.

13. Emping Jagung

Emping jagung merupakan makanan khas Purwodadi yang wajib dicicip jika berkunjung. Berbeda dengan emping lainnya yang terbuat dari melinjo, emping ini terbuat dari jagung sehingga memiliki bentuk yang tipis dan tekstur  yang lebih renyah. Emping jagung memiliki beberapa varian rasa seperti gurih, pedas, dan manis.

14. Tempe Hygiene

Tempe Hygiene adalah varian tempe khas Purwodadi yang dikenal karena standar kebersihannya yang tinggi. Tempe ini dibuat dengan menjaga kebersihan selama seluruh proses produksi, mulai dari pemilihan bahan baku hingga tahap pengolahan.

Nah, itulah beberapa makanan khas Purwodadi yang melalui ragam kuliner khasnya, kota ini mengajak kita untuk merasakan keanekaragaman rasa dan warisan kuliner yang membentuk identitas budaya daerah. Selamat menikmati kuliner khas Purwodadi yang lezat dan memikat!

Selain Purwodadi, kamu juga bisa cek makanan khas daerah lainnya, seperti makanan khas Sumedang, makanan khas Pasuruan, dan makanan khas Wonogiri.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.