Dari Manis hingga Pahit, Ini 9 Jenis Cokelat yang Beragam

February 7, 2024

Share to:

jenis cokelat

Daftar Isi

Cokelat adalah makanan manis yang kelezatannya gak bisa ditolak. Dari hitam hingga organik, cokelat punya banyak jenis yang masing-masing punya ciri khasnya tersendiri. Penasaran, ‘kan? Yuk, langsung aja simak berbagai jenis cokelat dengan karakteristik uniknya!

Jenis-Jenis Cokelat

Berikut adalah ragam jenis cokelat yang bisa kamu coba agar gak bosan dengan rasa cokelat yang itu-itu aja:

1. Cokelat Putih

Cokelat putih adalah salah satu jenis cokelat yang populer dan jadi favorit banyak orang. Cokelat ini terbuat dari mentega kakao, gula, dan susu, tanpa kakao padat yang biasa digunakan pada cokelat lainnya.

Rasanya manis dan creamy dengan aroma vanilla yang khas. Meskipun gak mengandung kakao, cokelat putih tetap jadi pilihan yang lezat untuk dinikmati dalam bentuk batangan atau sebagai bahan dalam berbagai kue dan dessert.

2. Cokelat Susu

Cokelat susu terkenal karena rasa manis dan tekstur lembutnya.  Terbuat dari campuran bubuk kakao, gula, dan susu, cokelat susu memiliki warna cokelat muda yang menawan.

Rasanya yang kaya dan creamy membuatnya jadi favorit bagi banyak orang. Jenis cokelat ini cocok banget untuk dinikmati sebagai camilan atau bahan dalam berbagai kue dan dessert.

3. Cokelat Hitam

Cokelat hitam punya kandungan kakao yang lebih tinggi dibandingkan dengan cokelat susu. Rasanya lebih pekat dan kompleks dengan sentuhan pahit yang khas.

Karena kandungan kakaonya yang tinggi, cokelat hitam juga dikenal sebagai cokelat yang lebih sehat. Cokelat ini juga cocok untuk dinikmati dalam bentuk batangan atau sebagai tambahan dalam berbagai hidangan.

4. Cokelat Ruby

Cokelat ruby adalah inovasi terbaru dalam dunia cokelat yang ditemukan oleh perusahaan cokelat di Swiss. Cokelat ini punya warna pink alami yang cantik dan rasa yang unik, dengan sentuhan buah-buahan beri yang segar.

Kombinasi warna dan rasa yang menyegarkan membuat cokelat ruby jadi pilihan yang menarik untuk dinikmati dalam bentuk batangan. Cokelat ini juga punya rasa yang pas buat dimakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai makanan penutup.

5. Cokelat Couverture

Cokelat couverture adalah jenis cokelat berkualitas premium yang digunakan oleh para chef dan pembuat kue profesional. Cokelat ini punya kandungan kakao yang tinggi dan tekstur yang halus, ideal untuk membuat truffle, praline, atau cokelat cair yang digunakan sebagai lapisan pada kue-kue dan dessert mewah.

5. Cokelat Praline

Cokelat praline adalah cokelat yang diisi dengan berbagai macam isian, kayak kacang, buah kering, krim, atau ganache. Isian ini memberikan variasi rasa dan tekstur yang kaya, membuat cokelat praline jadi pilihan yang istimewa bagi mereka yang menginginkan pengalaman rasa yang cokelat berbeda.

6. Cokelat Dark Milk

Cokelat dark milk adalah gabungan antara cokelat hitam dan cokelat susu. Cokelat ini punyad rasa yang lebih kaya daripada cokelat susu biasa namun gak sepekat cokelat hitam.

Rasa dari jenis cokelat ini seimbang. Ada rasa pahit dan juga manis yang memikat lidah. Cocok buat kamu yang pengen makan cokelat tapi mau rasa yang pas.

7. Cokelat Chips (Chocochips)

Cokelat chips adalah jenis cokelat berbentuk butiran kecil yang biasanya digunakan sebagai tambahan dalam adonan kue, brownies, cookies, atau dessert lainnya. Cokelat ini terbuat dari lelehan cokelat dan tersedia dalam berbagai varian, ada cokelat susu, cokelat hitam, dan cokelat putih.

Cokelat chips mudah digunakan dan cepat meleleh saat dipanaskan. Hal ini membuatnya jadi pilihan yang praktis untuk menambahkan rasa cokelat yang lezat dalam berbagai jenis makanan manis.

8. Cokelat Baking (Unsweetened)

Cokelat baking adalah jenis cokelat yang dirancang khusus untuk digunakan dalam proses pembuatan kue, brownies, cookies, dan berbagai jenis produk roti lainnya. Biasanya terbuat dari cokelat yang lebih kaya dan lebih pekat daripada cokelat biasa

Cokelat baking ini rasanya intens dan gak ada rasa manisnya. Teksturnya juga lezat dan pas ketika dimasukkan ke dalam adonan kue. Selain memberikan rasa cokelat yang kaya, cokelat baking juga bisa menambahkan kelembutan dan kelembaban pada hasil akhir produk roti.

9. Cocoa Powder

Cocoa powder adalah bubuk halus yang dihasilkan dari biji kakao yang telah dipanggang, dikupas, dan digiling. Bubuk kakao ini memiliki rasa pahit yang khas dan aroma yang kaya.

Horego Aplikasi Cari Makanan

Cokelat ini tersedia dalam dua jenis utama: cocoa powder biasa (natural cocoa powder) dan cocoa powder yang telah diproses dengan alkali (disebut Dutch-processed cocoa powder atau cocoa powder yang diperlakukan dengan alkali).

Nah, itu dia beberapa jenis cokelat yang punya karakteristik unik dengan rasa khasnya masing-masing. Kamu suka yang mana nih?

Selain cokelat, kamu juga bisa cek jenis makanan lainnya di Horego Guide, kayak jenis kacang, jenis wine, dan jenis sosis.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.