Dari Lokal hingga Internasional, Ini 15 Jenis Kopi Populer di Dunia yang Enak

January 18, 2024

Share to:

jenis kopi

Daftar Isi

Kopi merupakan minuman yang telah menjadi teman setia bagi banyak orang di seluruh dunia. Tidak hanya sebagai minuman penyemangat, kopi juga bagian dari seni dan kebudayaan. Ada banyak jenis kopi dari beragam biji yang dipetik hingga menjadi secangkir kehangatan yang nikmat.

Dunia kopi menawarkan ragam aroma dan cita rasa yang menggugah selera. Yuk kita jelajahi berbagai jenis kopi yang memikat hati para pecinta kopi!

Jenis Kopi

Inilah beberapa jenis kopi, dari yang lokal hingga mancanegara:

1. Kopi Arabica

Sejarah kopi mencatat bahwa arabica merupakan jenis kopi paling populer di dunia. Biji kopi Arabica (Coffea arabica) dikenal sebagai varietas yang menghasilkan kopi berkualitas tinggi.

Mereka tumbuh pada ketinggian yang lebih tinggi dari jenis lainnya. Hal ini memberikan ciri khas rasa yang kompleks, asam ringan, dan sentuhan buah-buahan. Arabica juga mendominasi pasar kopi spesial.

2. Kopi Toraja

Kopi Toraja yang berasal dari daerah Toraja, Sulawesi, Indonesia, dikenal dengan keunikan pemrosesan dan cita rasanya yang beragam. Rasa kopi Toraja dapat mencakup buah-buahan, bunga, dan rempah-rempah.

3. Kopi Ethiopia Yirgacheffe

Kopi Ethiopia Yirgacheffe menawarkan keharmonisan antara rasa buah-buahan, keasaman yang menyegarkan, dan aroma bunga. Dianggap sebagai salah satu negara asal mula kopi hadir ke dunia, kopi Ethiopia terkenal karena memiliki warisan rasa yang luar biasa.

4. Kopi Liberica

Kopi liberica (coffea liberica) adalah varietas kopi yang kurang umum, tetapi menawarkan ciri khas rasa yang berbeda. Kopi ini memiliki rasa yang hampir mirip dengan robusta, tetapi dengan sentuhan buah yang lebih berani. Hal ini membuat kopi liberica menarik bagi yang mencari pengalaman rasa unik.

5. Kopi Excelsa (Arabica Liberica)

Excelsa atau yang juga disebut Arabica Liberica, adalah varietas kopi yang tumbuh di Asia Tenggara dan Afrika. Rasa kopi excelsa bervariasi, dari buah-buahan hingga bumbu rempah. Variasi tersebut menciptakan profil rasa kopi yang kompleks.

6. Kopi Robusta

Robusta (coffea canephora) merupakan jenis kopi yang memiliki rasa lebih kuat dan lebih pahit dibandingkan Arabica. Biji kopi robusta tumbuh pada ketinggian yang lebih rendah, memberikan profil rasa yang lebih tajam, lebih pekat, dan kadang-kadang memiliki sentuhan cita rasa tanah.

7. Kopi Gayo

Kopi Gayo berasal dari wilayah Gayo, Aceh, Indonesia. Jenis kopi ini dikenal dengan bentuk biji kopi yang penuh, rasa asam rendah, dan aroma yang kuat. Kopi ini sering ditanam secara organik, menambahkan dimensi keberlanjutan pada pengalaman minum kopi.

8. Kopi Yemen Mocha

Kopi Yemen mocha adalah salah satu kopi tertua di dunia. Ditanam di dataran tinggi Yemen, kopi ini dikenal dengan rasa buah-buahan yang intens, keasaman yang tinggi, dan aroma yang khas.

9. Kopi Jamaica Blue Mountain

Jamaica Blue Mountain dikenal sebagai salah satu jenis kopi paling mahal di dunia. Tumbuh di pegunungan Blue Mountain, kopi ini menawarkan kehalusan tekstur kopi ketika di mulut, keasaman ringan, dan aroma yang elegan.

10. Kopi Kenya AA

Kopi Kenya AA adalah salah satu varietas tertinggi dari kopi Kenya. Kopi ini juga dikenal sebagai salah satu varietas biji kopi terbaik di dunia. Kopi Kenya AA memiliki keasaman tajam, bentuk biji kopi yang penuh, dan cita rasa buah yang kompleks. Ketinggian tempat tumbuhnya kopi ini juga memberikan karakteristik rasa yang unik.

11. Kopi Luwak

Kopi luwak atau yang juga dikenal sebagai “kopi kucing hutan” adalah salah satu jenis kopi yang menonjol karena metode pengolahannya yang unik. Proses pencernaan luwak memberikan sentuhan cita rasa kopi yang lebih lembut, kurang pahit, dan dengan kompleksitas rasa yang berbeda.

12. Kopi Tanzania Peaberry

Kopi Tanzania peaberry adalah varietas kopi yang menarik dan dihargai karena karakteristiknya yang unik. Salah satu daya tarik utama kopi ini adalah rasanya yang kaya dan kompleks. Peminum kopi sering menggambarkan profil rasa yang mencakup keasaman yang cerah, tubuh penuh, dan sentuhan buah-buahan yang segar.

13. Kopi Catimor

Kopi Catimor adalah varietas hibrida yang berasal dari persilangan antara kopi Timor hybrid (dari Timor Timur) dengan varietas arabica. Kopi Catimor memiliki keberagaman rasa yang luas, seperti mencakup sentuhan buah-buahan, bunga, dan kadang-kadang terdapat sentuhan cita rasa rempah.

Horego Aplikasi Cari Makanan

14. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani dari Bali, Indonesia, dikenal dengan rasa yang seimbang, keasaman yang menyegarkan, dan aroma bunga. Ketinggian tempat tumbuhnya memberikan karakteristik khas pada kopi ini.

15. Kopi Panama Geisha

Panama Geisha adalah salah satu jenis kopi paling mahal dan dihargai di dunia. Kopi ini memiliki profil rasa yang kompleks, dengan keasaman tinggi, tubuh ringan, dan sentuhan buah-buahan yang elegan.

Rekomendasi Coffee Shop Asik buat Santai

1. Coffee Shop di Jogja

2. Coffee Shop di Bandung

3. Coffee Shop di Jakarta

Nah, itulah ragam jenis kopi dari dalam maupun luar negeri dengan kenikmatan luar biasa. Kamu tertarik coba yang mana nih?

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.