Wajib Coba! Ini 12 Jenis Pempek dengan Kelezatan Rasa Ikan yang Fresh

January 24, 2024

Share to:

jenis pempek

Daftar Isi

Pempek merupakan makanan Indonesia yang legendaris karena kenikmatannya yang susah banget untuk ditolak. Gak cuma rasanya yang enak, jenis pempek juga ada banyak lho, dan masing-masing punya cita rasa yang khas. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Jenis Pempek yang Beragam

Berikut adalah ragam jenis pempek yang semuanya wajib kamu coba.

1. Pempek Kapal Selam

Pempek kapal selam ini kayak petualangan rasa di laut. Ikan tenggiri yang dibungkus oleh adonan pempek, lalu digoreng sampe teksturnya renyah. Ukurannya juga besar, makan satu porsi dijamin bikin kenyang. Jangan lupa dimakan bareng kuah cuko biar lebih mantap.

2. Pempek Adaan

Pempek adaan atau yang juga dikenal sebagai pempek bulat ini punya bentuk seperti bola-bola kecil. Teksturnya kenyal di dalam dan renyah di luar. Rasanya yang gurih jadi makin nikmat kalau dimakan pakai cuko. Dijamin pasti bikin ketagihan.

3. Pempek Telur

Pempek telur ini bagaikan paduan sempurna antara pempek kenyal dan telur rebus yang sudah dikocok sebelum dimasukkan ke dalam adonan. Kombinasi rasanya gak ada lawan, pasti bisa bikin lidah dan mulut bergoyang.

4. Pempek Keriting

Jenis pempek satu ini jarang yang orang tau. Bentuknya unik, kayak adonan mie yang dibentuk jadi bulat pipih. Kalau orang Palembang biasanya suka makan pempek keriting tanpa digoreng lebih dulu. Tapi, kalau kamu suka rasa pempek yang gurih, pempek keriting yang digoreng bakal lebih cocok buat kamu.

5. Pempek Lenjer

Lenjer ini termasuk jenis pempek yang paling populer di masyarakt Indonesia. Adonan pempek ini punya bentuk panjang, diberi irisan ikan, lalu dikukus. Biasanya disajikan dengan cara dipotong kecil-kecil dan disiram cuko. Kalau kamu baru pertama kali coba pempek, jenis ini bisa jadi awal yang baik buat kenalan sama pempek.

6. Pempek Kulit

Kalau kamu cari pempek dengan rasa gurih yang paling nendang, kamu harus banget cobain pempek kulit. Pempek ini terbuat dari kulit ikan yang diolah jadi pempek. Rasa ikan yang masih berasa, tekstur kulit yang kenyal, dan cuko yang mendampingi, sempurna banget buat ganjal perut.

7. Pempek Pistel

Mau makan pempek yang unik? Pempek pistel jawabannya. Jenis pempek ini bentuknya mirip kayak jajanan pastel yang ada di pasar. Isiannya beda dari pempek biasanya karena menggunakan pepaya muda. Kombinasi rasanya spesial dan wajib dicoba.

8. Pempek Tahu

Buat yang pengen variasi beda, bisa coba jenis pempek tahu. Dibuat dari ikan tenggiri dan tahu yang diolah dengan rasa khas pempek, hasilnya? gak kalah enak dan bikin ketagihan.

9. Pempek Dos

Pempek dos cocok banget buat kamu yang mau makan pempek tapi gak suka ikan karena pempek ini dibuat tanpa bahan ikan. Rasanya tetap enak, apalagi ditambah siraman cuko.

10. Pempek Lenggang

Pempek lenggang ini punya bentuk yang unik mirip pancake tipis, tapi dengan isian ikan tenggiri kenyal yang bikin setiap suapan terasa lezat. Cocok buat yang suka makanan simple tapi gak mau kehilangan sensasi khas pempek Palembang.

11. Pempek Tunu

Jenis pempek ini bentuknya kecil dan dimatangkan dengan cara dipanggang, jadi punya sentuhan gurih yang unik. Isian ikan tenggiri yang kenyal dan mantap, bikin setiap suapan jadi memorable. Cocok buat yang suka camilan praktis, karena bisa langsung dinikmati tanpa harus digoreng.

12. Pempek Sosis Keju

Pempek sosis keju adalah hasil dari inovasi pempem tradisional Palembang. Dengan kombinasi sosis gurih dan keju meleleh di dalam adonan pempek, setiap gigitan punya kejutan rasa yang unik. Cocok buat kamu pecinta makanan modern yang lagi pengen cobain makanan tradisional.

Rekomendasi Pempek Jakarta

Pempek Sari Sanjaya – Kuningan Jakarta

jenis pempek

Nurman Riyadi Rahman/Google Review

Kalau lagi cari pempek Jakarta yang enak, kamu bisa mampir ke Pempek Sari Sanjaya yang ada di Kuningan. Tempat makannya kuas dan ber-AC, jadi gak perlu khawatir kepanasan saat makan.

Variasi jenis pempeknya juga beragam, ada kapal selam, adaan, kulit, keriting, dan tahu. Oh iya, Pempek Sari Sanjaya – Kuningan Jakarta juga nyediain menu lain yang gak kalah enak, kayak pindang ikan dan aneka ragam mie.

Untuk yang gak suka pedas, jangan khawatir! Cuko disini rasanya gurih, manis, asam, jadi aman banget! Karena tempatnya nyaman, cocok banget buat dine-in disini bareng teman atau keluarga.

Alamat: Jl. Garuda No.57A, Gn. Sahari Sel., Kemayoran
Jam Buka: Senin – Minggu, pukul 09.30 – 21.30
Harga: Rp25000 – Rp75000
Menu Favorit: Pempek Kapal Selam, Pempek Panggang
Telepon: (021) 4241515

Rekomendasi Pempek Bandung

Pempek Rama

jenis pempek

Mochammad Akbar/Google Review

Lagi nyari pempek Bandung yang nge-hits? Pempek Rama jawabannya! Rasa pempek disini bener-bener ngikan, nikmatnya kayak lagi makan pempek di Palembang langsung.

Horego Aplikasi Cari Makanan

Ukurannya juga lumayan besar, jadi gak bakal rugi kalau makan cuma satu porsi aja. Gak cuma menu pempeknya aja yang beragam, kuah cuko disini juga ada dua pilihan. Ada yang pedas dan manis, tinggal sesuain aja sama selera kamu.

Pempek Rama ini selalu ramai ya, jadi pastiin kamu gak datang terlambat buat cobain pempek dan varian menu lainnya yang ada disini!

Alamat: Jl. Rama No.28, Arjuna, Cicendo
Jam Buka: Senin – Minggu, pukul 09.00 – 20.00
Harga: Rp25000 – Rp50000/orang
Menu Favorit: Pempek Kapal Selam, Pempek Bakar
Telepon: (022) 6016523

Nah, itu dia beberapa ulasan soal jenis pempek yang beragam. Tiap bentuk punya rasa yang khas, pastiin kamu coba semuanya. Mampir juga ke tempat makan pempek di atas, gak bakal nyesel deh!

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.