13 Makanan Khas Gresik yang Rasa Lezatnya Bikin Penasaran

February 9, 2024

Share to:

makanan khas gresik

Daftar Isi

Gresik adalah kota yang kaya akan sejarah. Selain itu, kuliner kota ini juga terkenal dengan cita rasa lezatnya. Yuk, simak beberapa makanan khas Gresik yang rasanya bisa bikin perut dan hati senang!

Makanan Khas Gresik

Berikut adalah deretan makanan khas Gresik yang menggugah selera:

1. Martabak Usus

Martabak usus adalah sajian legendaris dari Gresik yang bikin lidah bergoyang. Ini bukan martabak biasa, tapi martabak yang punya “isi rahasia” berupa usus ayam yang gurih dan kenyal.

Dibalut dengan adonan tipis yang digoreng hingga crispy, wangi dan cita rasanya bikin yang nyicip langsung ketagihan.

2. Sayur Menir

Kalau suka sayuran, wajib banget cobain makanan khas Gresik yang satu ini. Sayur menir terbuat dari beragam sayuran, ada bayam, labu, pepaya muda, jagung manis, kacang panjang, yang dimasak dalam kuah kaya bumbu dan rempah. Rasa sayur ini identik manis dan cocok buat dimakan dengan lauk pelengkap apapun.

3. Kella Celok

Tampilan dari makanan khas Gresik satu ini hampir mirip kayak gulai ikan. Kella celok adalah hidangan ikan yang dimasak dalam kuah kuning kaya rempah.

Makanan ini punya kombinasi rasa gurih dan pedas yang menggoda selera. Cocok banget buat dimakan bareng nasi putih hangat.

4. Otak-Otak Bandeng

Belum lengkap rasanya kalau mampir ke Gresik tanpa nyobain otak-otak bandeng. Berbeda dengan otak-otak lain yang biasanya menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan dasar, otak-otak khas Gresik ini menggunakan ikan bandeng. Rasanya yang gurih jadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta kuliner.

5. Sego Karak

Makanan khas Gresik yang satu ini udah ada sejak zaman Belanda lho. Awalnya sego karak menggunakan sisa atau kerak nasi untuk bahan dasarnya, tapi seiring perkembangan zaman bahannya pun diganti jadi lebih higenis.

Sego karak kini menggunakan ketan merah dan beras putih untuk bahan utamanya. Dilengkapi dengan gimbal tempe dan parutan kelapa, makanan ini punya rasa gurih yang khas. Pokoknya, sego karak jadi makanan yang wajib dicoba kalau berkunjung ke Gresik.

6. Ndok Bader

Sama kayak namanya, makanan ini terbuat dari telur ikan bader yang dilumuri bumbu khas Gresik dan digoreng hingga matang. Rasanya gurih dan sering dijadikan lauk pendamping nasi. Untuk penyuka rasa pedas, ndok bader bisa dimakan bareng sambal favorit!

7. Pudak

Gak cuma makanan berat, Gresik juga punya camilan khas yang gak kalah enak. Pudak adalah camilan ringan yang terbuat dari tepung beras, gula jawa, dan santan. Adonan tersebut dibungkus ke dalam pelepah daun pinang dan dimasak. Rasanya manis, cocok buat temen ngeteh atau ngopi santai.

8. Jubung

Jubung adalah camilan khas Gresik dengan cita rasa manis yang bisa membuat lidah bergoyang. Camilan ini terbuat dari adonan ketan hitam yang ditaburi wijen dan dibungkus dalam tempat berbentuk mangkuk kecil yang dibuat dari daun pinang muda. Manisnya jubung ini bisa bikin ketagihan!

9. Nasi Krawu

Nasi krawu adalah sajian spesial dari Gresik berupa nasi yang disajikan dengan potongan daging sapi empuk. Rasa pedas pada hidangan ini meresap ke dagingnya. Selain itu, ada juga telur pindang, kelapa serundeng, dan sambal khas yang bikin nagih.

10. Keropok Bandeng

Selain otak-otak, makanan khas Gresik lainnya yang terbuat dari ikan bandeng adalah keropok bandeng. Dibuat dengan cara dibakar, ikan bandeng untuk hidangan ini dilumuri oleh bumbu Kropok khas pesisir Gresik. Rasa lautnya terasa nikmat dan fresh banget.

11. Sego Roomo

Sego roomo ini salah satu sajian khas Gresik yang punya cita rasa kaya dan nendang banget. Terdiri dari nasi atau lontong dengan beberapa lauk pendamping, kayak bayam rebus dan kerupuk remas, makanan ini disiram dengan bubur roomo di atasnya. Kombinasi rasa gurih dan manisnya bikin ketagihan terus.

12. Jenang Ayas

Kalau lagi main ke Gresik dan bingung mau bawa oleh-oleh apa untuk keluarga di rumah, jenang ayas bisa jadi pilihan yang pas.

Makanan ringan ini terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan gula, garam, dan air, lalu dikukus. Rasanya manis dan teksturnya kenyal. Warna-warni dari jenang ayas juga jadi salah satu daya tarik yang memikat mata.

Horego Aplikasi Cari Makanan

13. Bonggolan

Gresik adalah daerah yang kaya hasil tambaknya. Oleh karena itu, kota ini punya beragam makanan khas yang terbuat dari ikan. Bonggolan adalah salah satunya. Makanan berbentuk lonjong ini terbuat dari ikan air tawar yang diolah dengan tepung kanji. Teskturnya yang kenyal langsung bisa memanjakan lidah.

Nah, itu dia ragam makanan khas Gresik yang kenikmatannya gak perlu diragukan lagi. Kamu siap coba yang mana aja nih?

Selain Gresik, kamu juga bisa cek makanan khas daerah lainnya di Horego Guide, kayak makanan khas Banyuwangi, makanan khas Madiun, dan makanan khas Garut.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.