10 Makanan Khas Sidoarjo yang Rasanya Ikonik dan Menarik

February 6, 2024

Share to:

makanan khas sidoarjo

Daftar Isi

Sidoarjo adalah kota yang terkenal dengan industri udangnya. Gak cuma itu, kota ini juga punya beragam kuliner khas yang menggoda selera. Dari rasa gurih hingga manis yang meleleh di mulut, yuk jelajahi deretan makanan khas Sidoarjo yang patut dicicipi!

Makanan Khas Sidoarjo

Berikut adalah beberapa kuliner khas Sidoarjo yang rasanya sayang buat dilewatkan:

1. Ote-Ote Porong

Kalau menggunakan bahasa umum, ote-ote porong ini makanan yang mirip dengan bakwan. Bedanya, makanan ini punya isian berlimpah di bagian dalamnya.

Terbuat dari adonan tepung terigu tebal, ote-ote porong punya beragam isian. Ada yang isinya daging ayam cincang, ikan, dan sayuran. Teksturnya kenyal dan lembut, cocok buat dijadikan camilan untuk teman ngobrol asik di sore hari.

2. Lontong Kupang

Lontong kupang adalah makanan khas Sidoarjo yang terdiri dari lontong, kupang (kerang kecil), tauge, dan potongan daun bawang. Semua bahan ini disajikan dalam kuah kental kaya rempah yang memberikan cita rasa gurih dan segar.

Lontong Kupang biasanya disajikan dengan tambahan sambal petis yang punya rasa pedas manis khas. Kalau mampir ke Sidoarjo, makanan ini jadi kuliner yang paling wajib buat dicoba.

3. Bandeng Asap

Bandeng asap adalah makanan khas Sidoarjo yang terkenal dengan cita rasa gurihnya. Makanan ini terbuat dari ikan bandeng yang diproses dengan cara diasap sampai menghasilkan aroma yang khas dan memikat. Potongan bandeng tadi kemudian digoreng hingga kering. Teksturnya renyah di luar, tapi tetap juicy di dalam.

Bandeng asap sering disajikan pakai lalapan segar dan sambal kecap untuk kenikmatan yang lebih nendang. Hidangan ini jadi favorit di Sidoarjo dan sering dijadikan oleh-oleh khas daerah bagi para wisatawan yang berkunjung.

4. Petis Udang

Sidoarjo punya bumbu masakan yang khas dan populer dimana-mana, namanya petis. Bumbu inin terbuat dari ekstrak udang yang difermentasi dan diolah dengan rempah-rempah pilihan. Petis punya aroma yang menggoda dengan rasa yang lezat.

Sebagai bumbu, petis biasanya digunakan untuk berbagai hidangan. Mulai dari soto, lontong, hingga tahu. Tekstur kental dan warna hitamnya yang pekat membuat bumbu ini sering menarik perhatian banyak orang, terutama para wisatawan yang bekunjung ke kota Sodioarjo.

5. Otak-Otak Bandeng

Gak cuma di Gresik, Sidoarjo juga punya otak-otak bandeng dengan cita rasa yang gak kalah enaknya. Sama kayak namanya, makanan ini terbuat dari bahan dasar ikan bandeng yang diolah sedemikian rupa dan dijadikan hidangan otak-otak.

Rasanya yang gurih bikin otak-otak bandeng cocok buat disajikan dengan saus atau sambal favorit. Pokoknya, wajib cobain makanan khas Sidoarjo satu ini kalau berkunjung.

6. Sate Kerang

Sate kerang adalah makanan khas Sidoarjo yang menggoda selera dengan cita rasa uniknya. Makanan ini terbuat dari kerang yang dimasak lebih dulu sebelum ditusuk dan dipanggang dengan bumbu rempah khas Sidoarjo.

Sate kerang punya aroma harum yang menggugah selera. Biasanya disajikan dengan sambal kecap dan irisan jeruk nipis untuk memberikan kesegaran. Sate kerang jadi pilihan hidangan yang populer di Sidoarjo dan cocok buat dinikmati sebagai camilan atau hidangan utama.

7. Kue Lumpur Bakar

Kue lumpur bakar adalah makanan khas Sidoarjo yang menggoda dengan rasa manis dan lembutnya. Terbuat dari campuran tepung terigu, gula, santan, dan telur yang dicampur hingga rata, lalu dipanggang hingga matang, kue ini punya tekstur yang kenyal di bagian luar dan lembut di dalamnya.

Kue lumpur bakar punya berbagai variasi rasa, kayak cokelat, keju, atau pandan. Kue ini jadi camilan favorit di Sidoarjo dan sering dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman.

8. Kerupuk Udang

Kerupuk udang merupakan makanan yang punya tekstur renyah dan rasa udang yang khas. Kerupuk ini terbuat dari campuran tepung tapioka, udang segar, dan bumbu-bumbu rempah pilihan, yang kemudia digoreng hingga crispy.

Kerupuk udang sering dijadikan camilan favorit yang disajikan saat santai bersama keluarga atau sebagai oleh-oleh khas Sidoarjo.

9. Wader Kriuk

Kalau lagi cari camilan ringan dengan rasa gurih di Sidoarjo, wader kriuk bisa jadi pilihan yang pas. Makanan ini terbuat dari ikan wader berukuran kecil yang dibalut dengan adonan tepung, lalu digoreng hingga crispy. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah bikin wader kriuk sering dijadikan teman buat camilan santai.

Horego Aplikasi Cari Makanan

10. Sambal Terasi Udang

Dikenal dengan hasil udangnya yang melimpah, Sidoarjo punya solusi bagi pecinta seafood sekaligus pedas. SAmbal terasi udang adalah sambal yang terbuat dari campuran udang, cabai, dan terasi yang diolah dengan berbagai bumbu khas Sidoarjo. Rasa pedas dan gurihnya cocok buat dijadikan pelengkap segala hidangan.

Nah, itu dia beberapa makanan khas Sidoarjo yang beragam dan patut buat dicoba kalau berkunjung. Kamu penasaran sama yang mana aja nih?

Selain Sidoarjo, kamu juga bisa cek makanan khas daerah lainnya di Horego Guide, kayak makanan khas Madura, makanan khas Ambon, dan makanan khas Banyuwangi.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.