Ragam Kelezatan 14 Makanan Khas Wonogiri, Wajib Kamu Coba

January 2, 2024

Share to:

makanan khas wonogiri

Daftar Isi

Wilayah Wonogiri yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, tetapi juga kelezatan kuliner khasnya. Makanan khas Wonogiri memiliki cita rasa yang unik, mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi masyarakat setempat.

Makanan khas Wonogiri

Mari kita menjelajahi beberapa makanan khas yang menjadi kebanggaan Wonogiri!

1. Brem

Brem merupakan makanan tradisional khas Wonogiri yang memiliki ciri khas fermentasi. Terbuat dari beras ketan yang difermentasi dengan menggunakan ragi tape, brem memiliki rasa yang unik dan khas. Proses fermentasi memberikan cita rasa yang manis dengan sedikit keasaman di setiap gigitannya.

2. Jangan Lombok Ijo

Jangan Lombok Ijo merupakan makanan khas Wonogiri yang berarti sayur cabai hijau. Hidangan ini terbuat dari cabai hijau segar yang diolah menjadi sayur dengan bumbu rempah khas, menciptakan cita rasa yang memenuhi selera pecinta makanan pedas.

3. Nasi Tiwul

Nasi Tiwul adalah makanan khas Wonogiri yang terbuat dari bahan utama singkong. Proses pembuatannya diawali dengan singkong yang dijemur hingga kering, lalu ditumbuk, dan dikukus. Nasi Tiwul memiliki tekstur yang kenyal dan memberikan sensasi rasa yang khas sehingga kerap dijadikan makanan pengganti beras.

4. Grontol

Grontol adalah makanan khas Wonogiri yang menggunakan bahan utama jagung. Terbuat dari jagung manis yang dicampur dengan kelapa parut, gula merah, dan garam, grontol kemudian dibentuk dan dikukus hingga matang. Keunikan dari Grontol terletak pada kombinasi cita rasa manis dari jagung dan gurihnya kelapa parut.

5. Sambal Cabuk

Sambal cabuk adalah salah satu makanan unik khas Wonogiri. Berbeda dengan sambal pada umumnya, sambal cabuk terbuat dari biji wijen hitam yang disangrai lalu dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Keunikan sambal cabuk terletak pada warnanya yang bukan merah, tetapi hitam.

6. Tempe Keripik Benguk

Tempe Keripik Benguk adalah camilan khas Wonogiri yang terbuat dari tempe yang dipotong tipis, kemudian digoreng hingga kering dan renyah. Keunikan camilan ini terletak pada proses penggorengan yang memberikan tekstur keripik yang khas, serta rasa gurih tempe yang tetap terjaga.

7. Tahu Wonogiri

Tahu Wonogiri merupakan hidangan khas daerah yang menonjolkan kelezatan tahu dengan sentuhan khas Wonogiri. Tahu yang digunakan diproses dengan berbagai teknik dan bumbu tradisional yang memberikan cita rasa yang unik dan berbeda dari hidangan tahu pada umumnya.

8. Pindang Kambing

Pindang Kambing adalah makanan khas Wonogiri yang memikat lidah. Proses pemasakan pindang kambing melibatkan berbagai rempah-rempah dan bahan lokal yang menciptakan cita rasa unik. Kelembutan daging kambing yang direndam dalam kuah beraroma khas menjadikan hidangan ini pilihan yang sangat disukai.

9. Kacang Mete

Kacang Mete menjadi salah satu camilan khas Wonogiri yang dikenal dengan kelezatan dan keunikan rasa. Kacang mete disajikan dalam berbagai varian, baik yang dimasak dengan bumbu pedas, gurih, atau bahkan manis. Proses pengolahannya melibatkan bumbu dan rempah khas daerah sehingga menciptakan rasa yang autentik.

10. Geti Wijen

Geti Wijen adalah camilan khas Wonogiri yang menonjolkan kelezatan biji wijen. Terbuat dari campuran wijen, gula kelapa, dan bahan-bahan lainnya, geti wijen diolah hingga membentuk kudapan kecil yang kaya rasa. Keunikan camilan ini terletak pada paduan gurihnya biji wijen dan kelezatan gula kelapa.

11. Pecel Mie Pentil

Pecel Mie Pentil adalah hidangan khas Wonogiri yang memadukan cita rasa lezat mie dengan kuah pecel khas daerah. Mie yang digunakan sering kali disajikan dalam bentuk “pentil” atau bola-bola kecil, memberikan tampilan unik pada hidangan ini. Kuah pecel kaya rempah dan bumbu, menciptakan rasa yang lezat dan menggugah selera.

12. Lemper Khas Wonogiri

Lemper adalah makanan khas Wonogiri yang terbuat dari ketan yang dibungkus daun pisang. Ketan diisi dengan campuran daging ayam yang diolah dengan rempah khas daerah. Proses pengukusan daun pisang memberikan lemper aroma yang khas dan tekstur ketan yang kenyal.

Horego Aplikasi Cari Makanan

13. Botok

Botok adalah hidangan khas daerah Jawa Tengah, salah satunya Wonogiri, yang terdiri dari campuran kelapa parut, ikan atau daging, serta bumbu rempah yang dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dikukus. Proses pengemasan menggunakan daun pisang memberikan hidangan ini aroma khas dan kelembutan.

14. Ikan Wader Goreng

Wader Goreng adalah hidangan khas Wonogiri yang memanfaatkan ikan wader sebagai bahan utama. Ikan wader ini diolah dengan bumbu-bumbu tradisional dan digoreng hingga kering. Kelembutan daging ikan wader dan cita rasa gurih dari proses penggorengan memberikan hidangan ini rasa yang khas dan menggugah selera.

Kelezatan makanan tradisional yang disajikan dengan cita rasa autentik menjadikan kuliner Wonogiri sebagai daya tarik tersendiri bagi pecinta kuliner dan wisatawan yang ingin menjelajahi keunikan kuliner Indonesia. Dari beberapa makanan khas Wonogiri di atas, kamu mau coba yang mana nih?

Selain Wonogiri, kamu juga bisa cek makanan khas daerah lainnya di Horego Guide, seperti makanan khas Purbalingga, makanan khas Ngawi, dan makanan khas Indramayu.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.