Bikin Nagih! Ini 13 Mie Jepang Enak dan Populer yang Menggugah Selera

February 12, 2024

Share to:

mie jepang

Daftar Isi

Jepang punya ragam makanan yang bisa memanjakan lidah dan perut. Salah satu makanan Jepang yang disukai oleh banyak orang adalah hidangan mie-nya. Mie Jepang terdiri dari beragam jenis dan cita rasa khas yang berbeda, apa aja sih? Yuk cari tau dengan simak ulasan berikut ini!

Ragam Hidangan Mie Jepang

Berikut adalah deretan mie Jepang yang beragam dan wajib kamu coba.

1. Soba

Soba adalah mie Jepang yang terbuat dari tepung buckwheat atau soba-ko. Mie ini disajikan dalam dua cara, yaitu panas (kake soba) atau dingin (zaru soba).

Soba dingin biasanya disajikan dengan saus tsuyu untuk dicelupkan sebelum dimakan, sementara soba panas disajikan dalam kuah kaldu. Rasanya yang segar dan tekstur mie yang kenyal membuatnya jadi hidangan yang populer di musim panas.

2. Yakisoba

Yakisoba adalah mie Jepang yang digoreng dengan saus khusus yang terbuat dari campuran kecap, saus tomat, dan bumbu lainnya. Ditambah dengan potongan daging, sayuran kayak kubis dan wortel, dan seafood, bikin hidangan ini jadi punya rasa gurih, manis, dan sedikit pedas yang nikmat banget.

3. Ramen

Hidangan satu ini pasti udah gak asing lagi karena kini jadi mie favorit Jepang yang mendunia. Ramen adalah salah satu hidangan mie Jepang yang paling terkenal di dunia. Mie dengan bentuk panjang ini dimasak dalam kuah kaldu yang gurih.

Ramen sering kali dimakan dengan potongan daging, telur rebus, nori, dan sayuran kayak daun bawang. Rasanya yang kaya dan nikmat membuatnya jadi favorit banyak orang.

4. Udon

Udon adalah hidangan mie yang enak dan pastinya bikin perut senang. Hidangan ini terbuat dari mie gandum tebal dan lembut. Udon biasanya disajikan dalam kuah kaldu hangat dengan tambahan irisan daging atau seafood, serta sayuran kayak bawang hijau dan lobak. Rasanya hangat, lembut, dan memanjakan lidah.

5. Tsukemen

Tsukemen adalah hidangan mie Jepang di mana mie dipisahkan dari kuah kaldu dan disajikan secara terpisah. Mie ini biasanya tebal dan kenyal, dan disajikan dingin. Kuah kaldu yang kental dan kaya rasa disajikan sebagai saus untuk dicelupkan mie. Biasanya disertai dengan irisan daging, telur rebus, dan sayuran. Rasanya gurih dan cocok untuk penyuka sensasi menyelam mie ke dalam kuah.

6. Hiyashi Chuka

Hiyashi chuka adalah hidangan mie dingin yang terdiri dari ramen dingin yang disajikan dengan berbagai topping, mulai dari irisan mentimun, telur rebus, potongan daging ayam atau daging babi, dan jamur. Biasanya disajikan dengan saus shoyu atau saus mayonnaise yang segar dan asam. Rasanya segar dan cocok dinikmati di musim panas.

7. Champon

Champon adalah hidangan mie yang berasal dari Nagasaki. Mie yang digunakan dalam champon adalah mie yang tebal dan lembut, dimasak dalam kuah kaldu ikan dan babi yang kaya rasa. Biasanya disertai dengan berbagai jenis seafood seperti udang, kerang, dan cumi-cumi, serta potongan daging babi dan sayuran.

8. Yaki Udon

Yaki udon adalah hidangan mie yang terdiri dari mie udon yang digoreng dengan saus manis pedas bersama dengan berbagai bahan tambahan, kayak potongan daging, seafood, dan sayuran. Rasanya gurih, manis, dan sedikit pedas dengan tekstur mie yang kenyal dan aroma yang menggoda selera.

9. Houtou

Houtou adalah hidangan mie Jepang yang berasal dari wilayah Yamanashi. Mie yang digunakan dalam houtou adalah mie yang tebal dan lebar, mirip dengan dumpling.

Dimasak dalam kuah kaldu sayuran yang kaya rasa, houtou sering disertai dengan potongan labu, kentang, dan daun bawang. Rasanya hangat, lezat, dan cocok untuk menghangatkan tubuh di musim dingin.

10. Buta Shabu Udon

Buta shabu udon adalah hidangan udon yang disajikan dengan potongan daging babi yang sangat tipis dan renyah (shabu-shabu style). Mie udon dimasak dalam kuah kaldu yang hangat dan disajikan dengan irisan daging babi, sayuran segar seperti daun bawang dan lobak, serta saus ponzu atau saus khusus shabu-shabu.

11. Maze Soba

Maze soba adalah mie khas Jepang yang terdiri dari mie, saus khusus yang terbuat dari kecap, minyak wijen, cuka beras, dan bumbu lainnya. Gak kayak ramen yang disajikan dalam kuah, maze soba disajikan dalam keadaan kering dan sering kali ditambahkan dengan topping, kayak potongan daging babi, telur, dan sayuran.

Horego Aplikasi Cari Makanan

12. Tanmen

Tanmen adalah hidangan Jepang berupa mie yang dimasak dalam kuah sayuran yang pedas. Mie ini biasanya disertai dengan berbagai jenis sayuran, kayak wortel, kol, jamur, dan bawang bombay. Tanmen punya rasa pedas yang menyegarkan dan cocok bange buat dinikmati saat musim dingin.

13. Wafu Spaghetti

Kalau mau coba mie khas Jepang dengan sentuhan cita rasa beda, kamu bisa coba wafu spaghetti. Mie ini terdiri dari spaghetti yang dimasak dengan saus khas Jepang, yaitu saus teriyaki atau saus miso. Biasanya disertai dengan topping seperti daging, seafood, atau sayuran, wafu spaghetti punya rasa yang gurih dan manis.

Nah, itulah deretan hidangan mie yang ada di Jepang. Kamu penasaran mau coba yang mana aja nih? Selain Jepang, kamu juga bisa kepoin ragam hidangan mie Korea di Horego Guide.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.