Simple! Ini 5 Resep Bubur Ayam Gurih dan Nikmat untuk Menu Sarapan Pagi

February 12, 2024

Share to:

Daftar Isi

Bubur ayam merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang selalu menggugah selera dan cocok dinikmati kapan pun, baik untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. Yuk, coba buat di rumah dengan beberapa variasi resep bubur ayam berikut ini.

1. Resep Bubur Ayam Sederhana

Bahan-Bahan:

  • 200 gram beras, cuci bersih.
  • 1 liter kaldu ayam.
  • 200 gram daging ayam, rebus dan suwir-suwir.
  • 2 batang daun bawang, iris halus.
  • 2 sendok makan bawang merah goreng.
  • Kecap manis secukupnya.
  • Garam secukupnya.
  • Merica secukupnya.
  • Minyak goreng secukupnya.
  • Bawang goreng secukupnya.
  • Telur rebus secukupnya.
  • Kerupuk secukupnya.

Cara Membuat:

1. Rebus beras dalam kaldu ayam hingga menjadi bubur dengan tekstur yang diinginkan.
2. Tambahkan suwiran daging ayam, daun bawang, bawang merah goreng, kecap manis, garam, dan merica sesuai selera.
3. Aduk rata dan biarkan mendidih sebentar.
4. Sajikan bubur dalam mangkuk, tambahkan telur rebus yang sudah dipotong-potong, bawang goreng, dan kerupuk sebagai pelengkap.

2. Resep Bubur Ayam Jamur

Bahan-Bahan:

  • 200 gram beras, cuci bersih.
  • 1 liter kaldu ayam.
  • 200 gram daging ayam, rebus dan suwir-suwir.
  • 100 gram jamur, iris tipis.
  • 2 batang daun bawang, iris halus.
  • 2 sendok makan bawang merah goreng.
  • Kecap manis secukupnya.
  • Garam secukupnya.
  • Merica secukupnya.
  • Minyak goreng secukupnya.
  • Bawang putih goreng secukupnya.
  • Telur rebus secukupnya.
  • Kerupuk secukupnya.

Cara Membuat:

1. Masak beras dan kaldu ayam hingga matang dan menjadi bubur.
2. Tambahkan suwiran daging ayam, jamur, daun bawang, bawang merah goreng, kecap manis, garam, dan merica. Aduk rata dan biarkan mendidih.
3. Sajikan bubur dalam mangkuk, tambahkan telur rebus, bawang putih goreng, dan kerupuk sebagai hiasan.

3. Resep Bubur Ayam Sayuran

Bahan-Bahan:

  • 200 gram beras, cuci bersih.
  • 1 liter kaldu ayam.
  • 200 gram daging ayam, rebus dan suwir-suwir.
  • 1 wortel, potong dadu kecil.
  • 100 gram kacang polong.
  • 2 batang daun bawang, iris halus.
  • 2 sendok makan bawang merah goreng.
  • Kecap manis secukupnya.
  • Garam secukupnya.
  • Merica secukupnya.
  • Minyak goreng secukupnya.
  • Bawang putih goreng secukupnya.
  • Telur rebus secukupnya.
  • Kerupuk secukupnya.

Cara Membuat:

1. Rebus beras dengan kaldu ayam hingga menjadi bubur.
2. Tambahkan suwiran daging ayam, wortel, kacang polong, daun bawang, bawang merah goreng, kecap manis, garam, dan merica. Aduk rata dan biarkan mendidih.
3. Sajikan bubur dalam mangkuk, tambahkan telur rebus, bawang putih goreng, dan kerupuk sebagai hiasan.

4. Resep Bubur Ayam Telur Puyuh

Bahan-Bahan:

  • 200 gram beras, cuci bersih.
  • 1 liter kaldu ayam.
  • 200 gram daging ayam, rebus dan suwir-suwir.
  • 4 butir telur puyuh, rebus dan belah dua.
  • 2 batang daun bawang, iris halus.
  • 2 sendok makan bawang merah goreng.
  • Kecap manis secukupnya.
  • Garam secukupnya.
  • Merica secukupnya.
  • Minyak goreng secukupnya.
  • Bawang putih goreng secukupnya.
  • Kerupuk secukupnya.

Cara Membuat:

1. Rebus beras dan kaldu ayam hingga menjadi bubur.
2. Tambahkan suwiran daging ayam, daun bawang, bawang merah goreng, kecap manis, garam, dan merica. Aduk rata dan biarkan mendidih sebentar.
3. Sajikan bubur dalam mangkuk, tambahkan telur puyuh, bawang putih goreng, dan kerupuk sebagai hiasan.

5. Resep Bubur Ayam Udang

Bahan-Bahan:

  • 200 gram beras, cuci bersih.
  • 1 liter kaldu ayam.
  • 200 gram daging ayam, rebus dan suwir-suwir.
  • 100 gram udang, kupas kulitnya.
  • 2 batang daun bawang, iris halus.
  • 2 sendok makan bawang merah goreng..
  • Kecap manis secukupnya.
  • Garam secukupnya.
  • Merica secukupnya.
  • Minyak goreng secukupnya.
  • Bawang putih goreng secukupnya.
  • Telur rebus secukupnya.
  • Kerupuk secukupnya.

Cara Membuat:

1. Rebus beras dan kaldu ayam hingga menjadi bubur.
2. Tambahkan suwiran daging ayam, udang, daun bawang, bawang merah goreng, kecap manis, garam, dan merica. Aduk rata dan biarkan mendidih sebentar.
3. Sajikan bubur dalam mangkuk, tambahkan telur rebus, bawang putih goreng, dan kerupuk sebagai hiasan.

Rekomendasi Bubur Ayam Gurih dan Enak

Kalau kamu gak sempat buat bikin resep bubur ayam di atas, kamu bisa coba datang ke beberapa rekomendasi tempat di bawah ini:

1. Bubur Ayam Cikini H.R. Suleman – Jakarta

Bubur Ayam Cikini H.R. Suleman

Albert Lie/Google Review

Bosen sama warung bubur yang menunya itu-itu aja? Nah, Bubur Ayam Cikini H.R. Suleman bisa jadi pilihan yang pas nih buat kamu.

Menu disini beragam, gak cuma bubur ayam aja, tapi ada juga martabak telur, roti canai, nasi goreng, mie rebus dan goreng, serta berbagai pilihan minuman yang bikin seger.

Rasa buburnya kaya rempah dan porsinya juga pas dengan beragam topping kayak ayam suwir dan telur setengah matang.

Untuk tempatnya juga nyaman, semi outdoor gitu. Jadi bisa makan sambil nikmatin hembusan angin. Lokasinya juga cuma 2 km dari Stasiun Cikini.

Jadi, kalau kamu mau cobain bubur ayam Jakarta ini, langsung aja datang ke alamat di bawah ini, ya!

Alamat: Jl. Cisadane No.121 9, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat
Jam Buka: Senin – Minggu, pukul 06.00 – 23.00
Harga: Rp25.000 – Rp50.000/orang
Menu Favorit: Martabak Telur, Bubur Ayam
Telepon: 0823-1176-4588

2. Bubur Ayam Kabita – Bogor

Bubur Ayam Kabita

Irfan Nugraha/Google Review

Bubur Ayam Kabita ini udah ada sejak tahun 1971 dan legendaris banget di Bogor. Gak cuma karena rasanya yang enak, porsi bubur disini juga banyak dan bikin puas. Harganya juga pas banget di dompet.

Yang bikin beda Bubur Ayam Kabita dari yang lain adalah kuahnya yang khas dari resep bubur ayam sendiri dengan kombinasi rasa gurih manis yang menggoda selera.

Selain itu, disini gak cuma nyediain bubur ayam aja, tapi juga ada soto ayam dan nasi putih yang rasanya gak kalah enak.

Jadi, kalau lagi mau cari sarapan bubur ayam di Bogor yang enak dan gak bikin rugi, langsung aja mampir ke Bubur Ayam Kabita!

Alamat: Jl. Raya Gn. Batu No.67, Gunungbatu, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor
Jam Buka: Senin – Minggu, pukul 06.00 – 22.00
Harga: Rp15.000 – Rp25.0000/orang
Menu Favorit: Bubur Ayam, Soto Ayam
Telepon: 0813-8086-4158

3. Bubur Ayam Bang Udin – Semarang

Bubur Ayam Bang Hadi

Wahyu Wibowo Hadi/Google Review

Horego Aplikasi Cari Makanan

Kalau lagi liburan ke Semarang dan mau sarapan bubur enak, mampir aja ke Bubur Ayam Bang Udin. Lokasinya strategis karena cuma sekitar 1,8 km dari Taman Bridge Fountain Semarang.

Tempatnya cukup nyaman untuk dine-in, ada yang indoor dengan fasilitas meja dan kursi kayak warung bubur pada umumnya. Ada juga outdoor yang nyediain tempat makan lesehan.

Bubur ayam di Semarang ini punya menu yang cukup banyak, mulai dari bubur ayam hingga ragam sate-satean. Rasanya gurih nikmat dan tekstur buburnya juga padat, jadi dijamin bikin kenyang.

Alamat: Jl. Indraprasta, Pindrikan Lor, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang
Jam Buka: Senin – Minggu, pukul 05.00 – 23.00
Harga: Rp10.000 – Rp25.000/orang
Menu Favorit: Bubur Ayam, Sate Telur Puyuh
Telepon: 0877-3345-6970

Nah, itulah beberapa resep bubur ayam yang mudah dan gurihnya bisa menggoda lidah. Selamat mencoba resep bubur ayam enak yang cocok buat sarapan pagi yang sehat!

Kalau kamu terlalu sibuk buat masak resep bubur ayam ini, kamu bisa datang ke rekomendasi tempat di atas atau cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.