10 Rekomendasi Bubur Ayam di Semarang yang Gak Ada Lawan

February 6, 2024

Share to:

Daftar Isi

Selain warung nasi ayam atau kedai soto bangkong, ada banyak tempat makan lain yang bisa kamu kunjungi buat sarapan di Semarang. Salah satunya adalah bubur ayam. Selain harganya terjangkau, bubur ayam di Semarang juga terkenal enak dan unik toppingnya. Pengen tau di mana aja tempatnya? Baca rekomendasi dari Horego ini, ya!

1. Bubur Ayam AIE TLJ

Bubur Ayam AIE TLJ, bubur ayam di semarang

Arya Arya/Google Review

Bubur Ayam AIE TLJ adalah bubur ayam di Semarang yang rasanya cenderung manis. 

Berbeda dari bubur ayam pada umumnya, bubur ayam ini dikasih kuah yang cita rasanya manis dan gurih. Topping ayamnya juga unik karena teksturnya kayak abon. 

Terus, kamu juga bisa request topping telor pindang, yaitu telor berwarna cokelat yang mirip kayak telor gudeg. 

Gak cuma itu, seporsi bubur ayam enak di Semarang ini dilengkapi sama cakwe, ikan teri, kacang, dan kerupuk. Bener-bener unik, kan?

Lokasinya ada di deket Gelanggang Olahraga (GOR) Tri Lomba Juang. Dari sana, kamu cuma perlu jalan kaki sejauh 30 meter buat ke Bubur Ayam AIE TLJ. 

Alamat: Jl. Tri Lomba Juang, Semarang Selatan, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.00 – 12.00
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Bubur ayam
Telepon: 0813-2526-4777

2. Bubur Ayam Mang Dede

Bubur Ayam Mang Dede, bubur ayam di semarang

Dyah Irawan/Google Review

Kalau kamu lagi nyari bubur ayam di Semarang yang toppingnya melimpah, dateng aja ke Bubur Ayam Mang Dede yang terletak di Jl. Sompok, Semarang Selatan. 

Gak cuma itu, porsi buburnya juga nyenyangin banget. Cocok buat sarapan abis olahraga pagi!  Ngomongin rasanya, Bubur Ayam Mang Dede adalah tipe bubur ayam yang manis.

Untuk toppingnya, kamu bakal dapet ayam suwir yang super banyak, tahu, kacang, bawang goreng, dan jeroan ayam. 

Bubur ayam di Semarang ini cukup gampang buat diakses karena gak jauh dari Java Supermall Semarang. Dari sana, kamu hanya perlu menempuh jarak sekitar 600 meter buat ke Bubur Ayam Mang Dede. 

Alamat: Jl. Sompok, Semarang Selatan, Semarang
Jam buka: Selasa – Minggu, pukul 08.30 – 10.00 (Senin tutup)
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Bubur ayam
Telepon: 0898-0507-387

3. Bubur Ayam Pak Soleh Sirajudin

Bubur Ayam Pak Soleh Sirajudin, bubur ayam di semarang

Inggit Aprilyani/Google Review

Beberapa orang mungkin gak bisa makan bubur ayam kalau gak pake sate-satean. Kalau kamu salah satunya, dateng aja ke Bubur Ayam Pak Soleh Sirajudin yang terletak di Jl. KH. Sirojudin, Tembalang. 

Bubur ayam di Tembalang ini nawarin bubur dengan topping yang cukup lengkap, misalnya ayam suwir, kerupuk, kacang goreng, hingga seledri. 

Sate-sateannya juga banyak, kayak sate usus, sate ati ayam, sate ampela, dan sate telor puyuh yang rasanya kayak bacem, jadi dominan manis dan gurih gitu. 

Kamu bisa ngambil kerupuk sepuasnya karena udah disediain di atas meja. Puas banget kalau sarapan di sini, deh!

Alamat: Jl. KH. Sirojudin, Tembalang, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.30 – 11.30
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Bubur ayam
Telepon: 0877-3141-9366

4. Bubur Ayam & Misoa Ayam Rizki

Bubur Ayam & Misoa Ayam Rizki, bubur ayam di semarang

Djunaidy Djunaidy/Google Review

Pernah ngerasain sensasi makan bubur ayam pake misoa? Kalau penasaran, kamu bisa dateng ke Bubur Ayam & Misoa Ayam Rizki yang letaknya gak jauh dari Simpang Lima Semarang. 

Bubur ayam Simpang Lima Semarang ini menyajikan misoa ayam yang teksturnya gak terlalu lembek. Pas banget buat dijadiin pendamping dari bubur ayam. 

Sate-sateannya juga lengkap, mulai dari sate telor puyuh, sate kulit, sate ampela, hingga sate ati. Uniknya, sate-satean ini diguyur pake kuah hitam yang gurih dan manis. 

Salah satu daya tarik dari bubur ayam di Semarang ini adalah topping telor pindang yang utuh. Bikin kenyang dan mantap banget pokoknya! 

Alamat: Jl. Erlangga Barat 7, Semarang Selatan, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 04.30 – 11.00
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Bubur ayam, misoa ayam
Telepon: 0812-1593-0556

5. Bubur Ayam Bandung

Bubur Ayam Bandung, bubur ayam di semarang

Hero Z/Google Review

Penasaran sama bubur ayam yang dikasih topping jamur? Mampir aja ke Bubur Ayam Bandung di Jl. Anjasmoro Raya No. 37, Semarang Barat.

Pilihan kuah dari bubur ayam di Semarang ini juga unik-unik, yaitu kuah kecap atau kuah opor. Jadi kamu bisa pilih sesuai selera.

Tekstur buburnya lembut dan jamurnya empuk. Coba tambahin lada putih, kecap, dan sambel biar buburnya makin mantap. Dijamin gak cukup 1 mangkok, deh!

Di samping bubur ayam jamur, ada bubur bakar telor kampung. Toppingnya unik, mulai dari jagung, kemangi, sampai telor ceplok . 

Kalau gak mau makan bubur, kamu juga bisa sarapan sama lontong sayur yang rasanya gak kalah nikmat. 

Alamat: Jl. Anjasmoro Raya No. 37, Semarang Barat, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 05.00 – 22.00
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Bubur ayam jamur, bubur bakar telor kampung
Telepon: 0813-2602-2329

6. Bubur Ayam Odeon Asli Sukabumi

Bubur Ayam Odeon Asli Sukabumi, bubur ayam di semarang

Claudia Prayogo/Google Review

Bubur Ayam Odeon Asli Sukabumi merupakan tempat makan bubur ayam di Semarang yang menunya unik. Salah satu best sellernya adalah bubur ayam kampung. 

Seporsi bubur di sini udah include remahan pangsit goreng yang renyah, daun seledri, dan tongcai. Nah, ayam kampungnya disajikan di piring terpisah dan dilengkapin sama sawi asin, kentang, tahu, bawang merah goreng, timun, hingga pangsit. Paket komplit!

Kalau kamu belom kenyang setelah makan buburnya, kamu bisa pesen menu lain di Bubur Ayam Odeon Asli Sukabumi, contohnya nasi goreng, bakmi goreng, gado-gado, dan tahu campur. 

Ada juga menu khas Chinese lainnya yang gak kalah nikmat, seperti kwetiaw goreng dan mie ayam. Awas kalap!

Alamat: Jl. Mayor Jendral D.I. Panjaitan No. 74C – 76A, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 10.00 – 22.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Bubur ayam kampung
Telepon: 024-3582656

7. Bubur Ayam Jakarta Mas Gondrong

Bubur Ayam Jakarta Mas Gondrong, bubur ayam di semarang

Giacinta Risti/Google Review

Bubur Ayam Jakarta Mas Gondrong adalah bubur ayam di Semarang dengan kuah kuning yang toppingnya lengkap banget, seperti telor rebus utuh, cakwe, dan ayam suwir yang royal. 

Selain itu, porsinya ngeyangin banget. Ada juga pilihan sate yang beragam, contohnya sate ati ampela dan usus yang bakal bikin buburnya semakin menggugah selera. Ada juga gorengan martabak yang enak. 

Terus, kamu bisa ambil kuah kuning sepuasnya. Buat pecinta bubur ayam basah, pasti cocok banget kalau makan di sini!

Tempat duduknya juga banyak dan bisa menampung kira-kira 30 orang sekaligus. Kalau kamu pengen ke sini, baiknya dateng agak pagian untuk menghindari antrian panjang. 

Alamat: Jl. RA. Kartini, Semarang Timur, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 05.00 – 11.00
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Bubur ayam
Telepon: 0878-3066-4233

8. Bubur Ayam Pak Brewok

Bubur Ayam Pak Brewok, bubur ayam di semarang

Troy Boedhi Tjahjono/Google Review

Bubur Ayam Pak Brewok adalah satu bubur ayam di Semarang yang banyak dapet rating tinggi dan ulasan baik di internet. Gak heran, rasa buburnya emang enak dan nagih banget!

Buburnya diguyur pake kuah kuning yang gurih dan asin. Kamu juga bisa nambah kuah kalau pengen buburnya banjir. 

Pilihan satenya banyak, seperti sate usus, sate telor puyuh goreng, atau sate ati ampela. Ada juga menu pelengkap kayak perkedel yang bikin porsinya makin nampol. 

Tertarik buat sarapan di sini? Usahain datang di bawah jam 8 biar gak terlalu rame! Kalau kesiangan dikit, antriannya bisa panjang banget. 

Alamat: Jl. Ngesrep Timur V No. 58A, Banyumanik, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 05.30 – 12.00
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Bubur ayam
Telepon: 0823-2815-5278

9. Bubur Ayam Pamularsih Khas Semarang

Bubur Ayam Pamularsih Khas Semarang, bubur ayam di semarang

K Mardiyanto/Google Review

Mau nyobain bubur khas Semarang? Kamu bisa dateng ke Bubur Ayam Pamularsih Khas Semarang yang terletak di Jl. Pamularsih Raya No. 69A, Semarang Barat. 

Horego Aplikasi Cari Makanan

Kayak bubur ayam di Semarang pada umumnya, bubur ayam di sini dikasih kuah yang banyak dan telor rebus pindang utuh yang dipotong-potong. 

Toppingnya beragam, seperti cakwe, daun seledri, suwiran ayam, kerupuk udang, dan emping. Porsinya juga banyak dan gak pake MSG, lho!

Biar makin mantap, Bubur Ayam Pamularsih Khas Semarang juga menyediakan sate-satean, misalnya sate telor puyuh, sate ampela, sate usus, dan sate ati yang cita rasanya cenderung manis. 

Selain bubur ayam, tempat makan ini punya nasi ayam, misoa ayam, dan lontong sayur yang cocok banget disantap buat sarapan. 

Alamat: Jl. Pamularsih Raya No. 69A, Semarang Barat, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 05.30 – 15.00
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Bubur ayam
Telepon: 0815-7578-4187

10. Bubur Ayam Wa Apuy

Bubur Ayam Wa Apuy, bubur ayam di semarang

Djoko Setiawan/Google Review

Lagi nyari bubur ayam di Semarang yang teksturnya kentel, kamu bisa dateng ke Bubur Ayam Wa Apuy di Jl. Brumbungan No. 7, Semarang Tengah. 

Bubur dengan kuah cokelat ini dilengkapin dengan aneka topping, seperti telor rebus pindang utuh, cakwe, suwiran ayam, bawang goreng, hingga daun seledri. Porsinya besar, dijamin kenyang sampe siang!

Kamu juga bisa minta telor pindangnya disajikan di mangkok terpisah dengan kuah hitam yang manis dan gurih. 

Lokasinya juga gak susah buat diakses. Dari Polsek Semarang Tengah, kamu tinggal belok kiri aja ke Jl. Brumbungan dan jalan kaki sejauh 130 meteran. Nantinya, Bubur Ayam Wa Apuy ada di sebelah kanan. 

Alamat: Jl. Brumbungan No. 7, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.00 – 12.00
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Bubur ayam
Telepon: 0813-9090-7271

Lagi cari kuliner di Semarang yang gak kalah enak? Selain bubur ayam di Semarang, ada banyak rekomendasi tempat makan lainnya yang bisa kamu cek di Horego, misalnya bakmi Jawa di Semarang atau nasi goreng babat di Semarang.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.