Mengenal Sashimi dan 11 Ragam Jenisnya yang Populer

February 15, 2024

Share to:

sashimi

Daftar Isi

Bagi yang awam dengan makanan khas Jepang, sashimi mungkin masuk ke dalam kategori makanan unik yang gak biasa. Ini karena sashimi terbuat dari potongan tipis ikan segar yang masih mentah. Meski begitu, makanan ini jadi favorit banyak orang di berbagai negara lho. Yuk cari tau lebih lanjut lagi soal hidangan Jepang yang unik satu ini!

Apa Itu Sashimi?

Sashimi adalah makanan khas Jepang yang terdiri dari ikan segar. Hidangan ini biasanya disajikan dalam bentuk irisan tipis dan dimakan mentah.

Proses memilih ikan berkualitas tinggi jadi hal yang penting dalam pembuatan sashimi, karena ikan yang digunakan harus segar dan bebas dari bau amis. Selain ikan, sashimi juga dapat dibuat dengan menggunakan daging laut lainnya seperti kerang, cumi-cumi, atau bahkan daging hewan laut seperti tiram.

Keunikan dari sashimi terletak pada cara penyajiannya yang sederhana namun elegan. Potongan ikan yang diiris tipis disusun secara artistik di atas piring lalu disajikan dengan saus soyu, wasabi, dan daun selada Jepang (shiso) sebagai pelengkap.

Rasanya yang segar, lembut, dan kaya akan cita rasa laut membuat sashimi jadi favorit di kalangan pecinta kuliner di seluruh dunia.

Perbedaan Sushi dan Sashimi

Meskipun sashimi sering diidentikkan dengan sushi, keduanya sebenarnya berbeda. Yuk cari tau perbedaannya berikut ini:

1. Komponen Utama

Komponen utama pada sushi adalah nasi yang diberi lauk pelengkap sebagai isian di tengahnya, mulai dari ikan mentah atau matang, telur, dan sayuran. Sushi disajikan dengan dibungkus rumput laut (nori).

Sedangkan sashimi menggunakan potongan tipis ikan mentah atau daging hewan laut lainnya sebagai komponen utamanya. Hidangan satu ini gak disajikan dengan nasi atau bahan tambahan lainnya kayak sushi.

2. Cara Penyajian

Sushi disajikan dalam berbagai bentuk, termasuk nigiri (potongan nasi dengan topping), maki (gulungan sushi dengan nasi di dalamnya), atau temaki (gulungan sushi berbentuk kerucut). Sushi juga sering disajikan dengan saus soyu, wasabi, dan jahe.

Sedangkan sashimi disajikan dalam bentuk irisan tipis yang disusun secara artistik di atas piring. Makanan ini biasanya juga dilengkapi dengan saus soyu, wasabi, dan daun selada Jepang (shiso) sebagai pelengkap.

3. Rasa dan Tekstur

Karena nasinya udah dicampur dengan cuka beras, sushi punya rasa yang asam dan tekstur yang lengket. Isian atau toppingnya memberikan variasi rasa dan tekstur tambahan. Kalau sashimi punya rasa yang segar, lembut, dan kaya akan cita rasa laut. Potongan ikan yang tipis memberikan kenikmatan yang autentik.

Jenis-Jenis Sashimi

Berikut adalah ragam jenis sashimi dengan keunikan cita rasa masing-masing:

1. Uni (Sea Urchin)

Uni terbuat dari daging sea urchin atau bulu babi laut. Jenis ini punya tekstur lembut dan aroma laut yang khas. Uni sering disajikan dengan irisan nori atau daun selada Jepang untuk memberikan rasa yang seimbang.

2. Tai (Red Snapper)

Tai adalah hidangan yang terbuat dari daging red snapper atau ikan merah. Hidangan ini punya tekstur lembut dan rasa yang ringan. Tai sering diiris tipis dan disajikan dengan daun selada Jepang (shiso) untuk memberikan aroma yang segar.

3. Sake (Salmon)

Sake ini salah satu jenis yang paling populer di seluruh dunia karena terbuat dari daging salmon segar. Salmon yang digunakan pada sake punya warna oranye cerah dan tekstur yang lembut. Hidangan ini sering diiris tipis dan disajikan dengan irisan lemon untuk memberikan rasa segar.

4. Saba (Mackerel)

Saba adalah hidangan Jepang yang terbuat dari daging ikan mackerel segar. Makanan ini punya tekstur kenyal dan rasa yang gurih. Saba sering diiris tipis dan disajikan dengan irisan lemon atau saus soyu untuk menambahkan rasa.

5. Mirugai

Mirugai terbuat dari daging mirugai atau kerang geoduck. Jenis ini punya tekstur kenyal dan rasa manis yang unik. Mirugai sering disajikan dalam potongan besar dan diiris tipis untuk mempertahankan teksturnya yang kenyal.

6. Maguro (Tuna)

Maguro adalah jenis sashimi yang terbuat dari daging tuna segar. Punya tekstur lembut dan rasa yang khas, maguro sering diiris jadi potongan besar dan tebal. Hidangan ini biasanya disajikan dengan wasabi dan saus soyu untuk menambahkan kenikmatan cita rasa.

7. Hamachi (Yellowtail)

Hamachi adalah hidangan tradisional Jepang yang terbuat dari daging yellowtail atau kingfish. Jenis ini punya tekstur lembut dan rasa yang kaya. Hamachi sering diiris tipis dan disajikan dengan saus ponzu untuk menambahkan cita rasa asam manis.

Horego Aplikasi Cari Makanan

8. Hotate (Scallop)

Hidangan yang terbuat dari daging scallop atau kerang ini punya tekstur yang kenyal dan manis. Hotate sering diiris tipis dan disajikan dengan daikon (lobak Jepang) untuk memberikan tekstur yang kontras.

9. Ikura (Salmon Roe)

Ikura adalah terbuat dari telur ikan salmon yang besar dan berwarna oranye kemerahan. Jenis ini punya tekstur yang kenyal dan meletup di mulut. Ikura sering disajikan dengan potongan daikon atau bungkusan nori untuk memberikan rasa yang berbeda.

10. Tako (Gurita)

Hidangan yang terbua dari irisan daging gurita segar ini punya tekstur kenyal dan rasa yang gurih. Tako sering diiris tipis dan disajikan dengan saus wasabi untuk memberikan rasa yang pedas.

11. Amaebi

Amaebi adalah sashimi yang terbuat dari daging udang manis. Punya tekstur yang lembut dan manis, amaebi sering disajikan dengan kepala udang yang digoreng sebagai hiasan.

Itulah ulasan singkat soal sashimi dan beragam jenisnya yang bisa kamu coba. Favorit kamu yang mana nih?

Kamu juga bisa cek ulasan menarik soal makanan lainnya di Horego Guide, kayak bibimbap dan donburi.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.