5 Fakta Menarik Affogato, Kombinasi Espresso dan Gelato Khas Italia

May 24, 2024

Share to:

affogato

Daftar Isi

Kalau bicarain soal kopi dan dessert, Italia jadi negara yang punya banyak keragaman jenis kuliner tersebut. Salah satu yang gak boleh dilewatkan adalah affogato. Perpaduan kopi dan es krim satu ini udah populer di banyak negara, salah satunya Indonesia. Mau tau lebih lanjut soal kuliner satu ini? Yuk simak aja ulasannya berikut ini!

Apa Itu Affogato?

Affogato adalah minuman khas Italia yang menggabungkan kelezatan es krim dengan cita rasa kopi yang kuat. Kata “affogato” dalam bahasa Italia berarti “tenggelam”, yang merujuk pada cara penyajian minuman ini, yaitu dengan menuangkan espresso panas di atas satu atau dua sendok es krim vanila atau gelato.

Hasil dari perpaduan kedua bahan tersebut adalah minuman unik yang suhunya antara panas dan dingin. Rasa dari minuman ini juga merupakan kombinasi dari manis dan pahit serta dilengkapi dengan tekstur lembut dari es krim dan cair dari kopi espresso.

Minuman ini sering kali dinikmati sebagai hidangan penutup atau dessert. Namun, banyak juga orang yang menikmatinya sebagai minuman sore yang menyegarkan.

Asal Usul Affogato

Asal usul minuman satu ini masih menjadi misteri karena masih belum ditemukan catatan yang menjelaskan bagaimana awal dari kemunculannya. Meskipun begitu, minuman ini diperkirakan mulai populer pada pertengahan abad ke-20, setelah mesin espresso pertama ditemukan pada abad ke-19.

Seperti banyak hidangan dan minuman khas Italia lainnya, affogato tercipta dari ide sederhana namun brilian, yaitu menggabungkan dua elemen yang berbeda untuk menciptakan sesuatu yang baru dan lezat.

Espresso dan gelato yang digunakan dalam minuman ini juga merupakan kedua bahan yang populer di Italia, sehingga kombinasi ini menciptakan pengalaman rasa yang berbeda dan langsung menjadi favorit di kalangan penikmat kopi dan pecinta es krim.

Cara Membuat Affogato

Minuman satu ini merupakan salah satu minuman khas Italia yang cukup mudah dalam proses pembuatannya. Ini karena affogato hanya membutuhkan dua bahan, yaitu espresso dan es krim atau gelato rasa vanila. Kamu bisa membuatnya dengan mengikuti langkah berikut ini:

1. Persiapkan Espresso

Seduh satu shot espresso menggunakan mesin espresso. Pastikan espresso yang dihasilkan memiliki rasa yang kuat dan kaya.

2. Siapkan Es Krim atau Gelato

Ambil satu atau dua sendok es krim vanila atau gelato dan letakkan di dalam cangkir atau gelas kecil. Kalau mau bereksperimen dengan rasa beda, kamu bisa menggunakan es krim cokelat atau karamel.

3. Tuang Espresso

Kalau espresso sudah siap, tuangkan perlahan ke atas es krim yang sudah diletakkan di dalam cangkir atau gelas kecil. Suhu panas dari espresso akan sedikit mencairkan es krim, sehingga menciptakan campuran yang nikmat.

4. Sajikan Segera

Setelah selesai, segera sajikan karena minuman ini paling enak dinikmati saat es krim masih dalam proses pencairan dan menyatu dengan espresso.

Cara Minum Affogato

Meskipun kamu bisa menikmati minuman ini sesukamu, ada lho beberapa tips untuk memaksimalkan kenikmatan saat minum affogato, di antaranya adalah:

1. Perhatikan Suhu

Affogato menawarkan kontras antara espresso panas dan es krim dingin. Kamu bisa membiarkannya lebih lama sedikit agar kedua bahan bisa mencapur sebelum mulai dinikmati.

2. Gunakan Sendok

Mulailah dengan menggunakan sendok untuk menikmati es krim yang telah bercampur degan espresso. Setiap suapan akan memberikan kombinasi yang sempurna antara tekstur lembut dan rasa yang kaya.

3. Seruput Sisa Espresso

Setelah es krim hampir habis, kamu bia menyeruput sisa espresso yang telah tercampur dengan es krim yang sedikit mencair. Hal ini akan memberikan sensasi rasa yang lebih manis.

4. Eksplorasi Rasa

Jangan ragu untuk bereksperimen dengan menambahkan bahan lain, seperti serpihan cokelat, siraman sirup karamel, atau sejumput kayu manis untuk memberikan cita rasa yang affogato coffee berbeda.

Welcome Reward Horego

Variasi dan Popularitas Affogato

Kelezatan dari minuman ini membuatnya populer, bukan hanya di kalangan masyrakat Italia tapi juga di berbagai negara lainnya. Ada beberapa hal yang menjadi alasan di balik popularita minuman ini.

Hal pertama adalah fleksibilitasnya dalam cara penyajiannya. Selain dinikmati sebagai dessert, minuman ini juga bisa dinikmati sebagai bagian dari sesi ngopi di sore hari. Di beberapa restoran, penyajian dari minuman ini juga lebih kreatif bahkan menggunakan bahan premium yang tentunya menarik minat para pengunjung.

Gak hanya itu aja, minuman ini juga punya banyak variasi yang menjadikannya disukai banyak orang. Ada versi unik yang diciptakan oleh para orang dewasa di Italia, yaitu menambahkan liquor atau minuman beralkohol ke dalam campuran espresso dan es krim.

Amaretto, Frangelico, dan Baileys adalah jenis liquor populer yang sering ditambahkan ke dalam campuran espresso dan es krim untuk menambahkan sedikit rasa ekstra.

Nah, itu dia beberapa fakta menarik seputar affogato yang perlu kamu tau. Gimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba minuman khas Italia ini?

Kalau mau tau lebih banyak lagi, kamu bisa cek ulasan menarik soal jenis minuman kopi lainnya, seperti caramel macchiato, americano, dan latte hanya di Horego.

Tulis review di Horego banyak untungnya, lho! Dapatkan voucher makanan sampai smartphone terbaru cuma dengan bikin review yang bagus. Yuk, download Horego dan buat review sebanyak-banyaknya!