Deretan 20 Jajanan Jepang Favorit yang Rasanya Bikin Ngiler

January 8, 2024

Share to:

jajanan jepang

Daftar Isi

Jepang yang juga dikenal sebagai negeri matahari terbit merupakan negara yang kaya akan keindahan alam, tradisi, dan teknologi. Selain itu, kelezatan jajanan Jepang yang menggoda juga tidak kalah menariknya.

Street food Jepang tidak hanya memberikan pengalaman kuliner yang unik tetapi juga mencerminkan kekayaan dan keberagaman budaya kuliner di negara tersebut. Yuk kita jelajahi ragam kuliner jajanan yang ada di Jepang!

Ragam Jajanan Jepang

Berikut adalah daftar jajanan jepang yang wajib kamu coba kalau berkunjung ke negeri sakura ini.

1. Dorayaki

Dorayaki adalah kudapan manis yang menjadi favorit di jalan-jalan Jepang. Terdiri dari dua keping pancake yang lembut dan empuk, diisi dengan selai merah manis (anko). Kelembutan pancake dan kelezatan isi anko membuat dorayaki menjadi camilan yang menyenangkan di setiap gigitannya.

2. Mochi

Mochi adalah jajanan Jepang yang terbuat dari beras ketan yang diketuk hingga menjadi adonan kenyal. Mochi bisa diisi dengan berbagai rasa, termasuk kacang merah, stroberi, atau bahkan es krim. Mochi sering dijual di toko kue tradisional Jepang atau di kios street food sebagai pilihan kudapan manis yang lezat.

3. Takoyaki

Salah satu jajanan Jepang yang paling terkenal adalah Takoyaki. Hidangan ini terdiri dari bola adonan bolu berisi potongan gurita, jahe, dan bawang hijau yang dipanggang di cetakan bundar khas, dan disajikan dengan saus okonomiyaki, mayones, dan serbuk ikan katsuobushi unik yang bergerak-gerak karena panas.

4. Taiyaki

Taiyaki adalah kue berbentuk ikan yang memiliki kulit luar yang renyah dan isian manis di dalamnya. Biasanya diisi dengan pasta kacang merah (anko), krim, atau cokelat. Taiyaki sering dijumpai di kios-kios di sepanjang jalan dan menjadi ikon kudapan street food Jepang yang menggoda selera.

5. Yakisoba

Yakisoba adalah mie goreng khas Jepang yang sering dijumpai di kios-kios pinggir jalan. Mie ini dimasak bersama potongan daging, sayuran, dan saus spesial yang memberikan cita rasa lezat. Dalam penyajiannya, seringkali ditaburi dengan bubuk nori dan dihias dengan mayones, menciptakan kombinasi rasa yang memikat.

6. Yakitori

Yakitori adalah jajanan Jepang berupa sate yang terdiri dari potongan daging ayam, hati, atau lainnya yang ditusuk dan dipanggang dengan saus tare yang lezat. Aroma harum dari daging yang dipanggang di atas bara api membuat yakitori selalu menjadi pilihan yang populer di antara para pelancong dan penduduk setempat.

7. Dango

Dango adalah kudapan manis berupa gumpalan mochi yang ditusuk dengan tusuk sate. Dango sering disajikan dengan berbagai saus seperti anko (pasta kacang merah) atau sirup kedelai. Kekentalan mochi dan kelembutan dango membuatnya menjadi camilan yang disukai, terutama dalam festival-festival tradisional.

8. Ikayaki

Ikayaki adalah jajanan Jepang berupa gurita panggang yang diolah dengan saus manis dan gurih. Potongan gurita ini kemudian disajikan di atas tusuk sate atau di dalam mangkuk, menciptakan sensasi gurih dan kenyal yang khas. Ikayaki sering dijual di tempat-tempat ramai seperti festival atau karnaval.

9. Takosen

Takosen yang merupakan singkatan dari “Takoyaki Senbei” adalah camilan unik yang menggabungkan rasa takoyaki dengan bentuk senbei (kerupuk Jepang). Bahan-bahan takoyaki seperti potongan gurita dan saus okonomiyaki diletakkan di atas kerupuk, menciptakan cita rasa unik yang menggoda selera.

10. Okonomiyaki

jajanan jepang

Daniel Hooper/Unsplash

Okonomiyaki adalah pancake tebal ala Jepang yang terbuat dari campuran tepung terigu, kubis, daging, dan bahan lainnya. Pancake ini dipanggang di atas hotplate dan disajikan dengan saus okonomiyaki, mayones, dan serbuk ikan katsuobushi. Varian rasa dan topping membuat Okonomiyaki menjadi jajanan favorit banyak orang.

11. Kushiage

Kushiage adalah jajanan Jepang yang terdiri dari berbagai bahan seperti daging, sayuran, atau seafood yang ditusuk pada tusuk sate bambu, dicelupkan ke dalam adonan tepung, dan kemudian digoreng hingga kecokelatan. Kushiage disajikan dengan saus khusus dan memiliki variasi beragam, menjadikannya pilihan yang memuaskan.

12. Yakimochi

Yakimochi adalah mochi yang dipanggang hingga menjadi kecokelatan di permukaannya. Mochi yang kenyal ini sering disajikan dengan berbagai topping seperti saus kecap, kedelai, atau bubuk nori. Aromanya yang gurih dan kenyalnya teksturnya menjadikan yakimochi sebagai camilan yang banyak diminati.

13. Imagawayaki

Imagawayaki adalah kue pancake tebal yang berisi anko (pasta kacang merah), krim, atau selai buah. Dibuat dalam cetakan khusus, imagawayaki memiliki bentuk bulat dengan pinggiran yang lembut dan kenyal. Kue ini sering dijual di gerobak atau kios di jalan-jalan di Jepang, menjadi camilan ringan yang sangat dicari.

14. Nikuman

Nikuman adalah jenis bakpao yang berisi adonan daging cincang, bawang, dan bumbu khas Jepang. Bakpao ini dibungkus dengan kulit tebal yang lembut dan kemudian dikukus atau direbus. Nikuman sering dijual di kios-kios street food terutama pada musim dingin, dan memberikan kehangatan serta kelezatan pada penggemar street food.

15. Kakigori

Kakigori adalah es serut ala Jepang yang sering dijumpai di musim panas. Es serut ini disajikan dengan berbagai sirup rasa seperti melon, stroberi, atau matcha, dan seringkali ditaburi dengan anko, mochi, atau kacang merah. Kakigori memberikan kesegaran yang sangat dihargai ketika cuaca sedang panas.

Horego Aplikasi Cari Makanan

16. Karaage

Karaage adalah jajanan Jepang berupa ayam goreng yang dicampur dengan bumbu dan tepung. Potongan ayam yang digoreng ini memiliki kulit yang renyah dan daging yang juicy di dalamnya. Sering disajikan dengan saus atau mayones, karaage menjadi camilan yang disukai oleh banyak orang di seluruh Jepang.

17. Oden

Oden adalah hidangan sup hangat yang terdiri dari berbagai bahan seperti telur, kentang, daikon (lobak), dan produk olahan laut seperti chikuwa (gulungan ikan). Bahan-bahan tersebut direbus dalam kaldu khas Jepang yang kaya rempah. Sering disantap pada musim dingin, oden memberikan sensasi kehangatan yang menyenangkan.

18. Korokke

Korokke adalah jajanan Jepang berupa gorengan yang terbuat dari kentang, daging cincang, dan bahan-bahan lainnya yang diolah dan dicetak bulat sebelum digoreng. Disajikan dengan saus tonkatsu atau mustard, korokke memberikan kombinasi rasa gurih di luar dan lembut di dalam yang sulit untuk diabaikan.

19. Onigiri

Onigiri adalah nasi yang dibentuk segitiga atau bulat dan dibungkus dengan nori. Onigiri sering diisi dengan lauk seperti salmon panggang, umeboshi (plum asin), atau tuna mayo. Jajanan Jepang ini bisa ditemui di konbini (toko serba ada) atau kios street food, menjadi pilihan populer bagi yang ingin mengisi perut dengan cepat dan nikmat.

20. Tamagoyaki

Tamagoyaki adalah omelet gulung yang dibuat dengan mencampurkan telur dengan gula, kecap, dan mirin. Lapisan demi lapisan omelet dibuat, kemudian digulung menjadi silinder. Tamagoyaki ini sering dijual dalam bentuk yang lebih kecil sebagai camilan atau diiris dan dijadikan isian sushi.

Itulah beberapa jajanan Jepang dengan cita rasa lezat yang menggoda selera. Setiap jajanan mencerminkan kreativitas dan keahlian kuliner Jepang, menjadikannya pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi para penikmatnya.

Kalau kamu suka jajanan Jepang, kamu juga mungkin suka beberepa rekomendasi restoran Jepang di Indonesia, seperti restoran Jepang di Bandung, restoran Jepang di Bogor, dan restoran Jepang di Jakarta.

Selain makanan ala Jepang, kamu juga bisa cek tempat makan terdekat lainnya di Horego. Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.