Eksplorasi 7 Jejak Sejarah Ramen yang Menarik

December 28, 2023

Share to:

sejarah ramen

Daftar Isi

Ramen terkenal sebagai hidangan mie rebus khas Jepang yang telah menjadi salah satu kuliner global paling dicintai dan diakui oleh masyarakat seluruh dunia. Namun, sejarah ramen hingga menjadi fenomena internasional yang memikat lidah dan hati para pecinta kuliner ternyata sangat menarik lho!

Yuk kita kulik perjalanan dan asal-usul ramen hingga bisa menjadi salah satu ikon kuliner Asia paling diminati di dunia!

Asal Mula Ramen

Walaupun mie rebus ini sering dianggap sebagai hidangan khas Jepang, tetapi ternyata ramen berasal dari Tiongkok lho. Pada abad ke-17, pendatang Tiongkok membawa teknik memasak mie rebus ke Jepang. Ini menjadi dasar bagi pengembangan ramen Jepang yang lebih khas.

Pada awalnya, mie rebus di Jepang disebut “shina soba,” yang berarti “soba Tiongkok”. Dari nama itulah terbentuk cerminan sejarah ramen yang bermula di Tiongkok.

Evolusi Ramen di Jepang

Sejarah ramen di Jepang bermula pada awal abad ke-10. Warung-warung ramen pertama muncul dengan mie yang dibuat secara lokal dan disajikan dengan berbagai kuah, termasuk shoyu (kecap asin), miso (pasta kedelai fermentasi), dan shio (garam).

Ramen awalnya dijual di tempat terbuka dan dikenal sebagai “Ramen Street Food”. Namun, ramen segera menemukan tempatnya di restoran formal.

Restoran ramen pertama yang dikenal luas adalah Rairaiken yang dibuka di Tokyo pada tahun 1910 dan menawarkan beraneka ragam menu ramen. Dari sinilah, ramen mulai diterima oleh berbagai lapisan masyarakat Jepang dan menjadi semakin terkenal.

Pengaruh Perang Dunia II pada Evolusi Ramen

Perang Dunia II membawa perubahan besar dalam sejarah ramen. Selama periode pasca-perang, tentara Jepang mengalami krisis atau kekurangan pangan dan kebutuhan akan makanan yang cepat dan murah. Hal ini akhirnya mendorong penciptaan ramen instan di Jepang.

Pada tahun 1958, Nissin Food Products Company memperkenalkan ramen instan pertama, yaitu “Chikin Ramen” yang kemudian diikuti oleh “Cup Noodles” pada tahun 1971. Inovasi ini menjadi revolusi terhadap bagaimana cara dunia memandang dan mengonsumsi ramen.

Globalisasi Ramen

Dengan globalisasi, ramen mengalami transformasi besar-besaran di luar Jepang. Restoran ramen Jepang mulai merambah pasar internasional, membawa cita rasa autentik dan variasi regional ke berbagai negara. Koki-koki berbakat di seluruh dunia juga mulai mengadopsi konsep ramen dalam kreasi kuliner mereka sendiri.

Era Emas Sejarah Ramen

Pada era modern, kedai ramen di Jepang dan di seluruh dunia bukan hanya tempat untuk menyantap mie rebus, tetapi juga sebagai destinasi kuliner.

Banyak koki ramen yang menjadi selebriti kuliner, dan beberapa kedai ramen memegang reputasi ikonik yang terkenal di kalangan pecinta kuliner. Kedai-kedai ini sering kali mempertahankan keaslian resep mereka. Antrian panjang di depan kedai mereka pun menjadi pemandangan umum yang sudah biasa.

Kreativitas dan Inovasi Varian Ramen

Selama beberapa dekade terakhir, kreativitas dalam dunia ramen mencapai puncaknya. Koki-koki menggabungkan berbagai bahan dan teknik memasak untuk menciptakan variasi ramen yang tidak terbatas. Mulai dari ramen pedas hingga ramen dengan pengaruh kuliner global, dunia ramen terus mengejutkan dan memanjakan penikmatnya.

Kesadaran akan pentingnya pola makan sehat yang sedang marak akhir-akhir ini juga membuat para penjual ramen memunculkan tren baru pada sejarah ramen yang ada.

Banyak restoran dan koki ramen mulai menawarkan opsi ramen dengan mie gandum utuh, kaldu tulang sapi yang kaya nutrisi, serta penggunaan bahan-bahan segar dan organik.

Variasi ramen yang semakin ramai juga tentunya dipengaruhi oleh budaya negara-negara lain seperti Korea, Tiongkok, dan Vietnam yang memiliki versi ramen mereka sendiri dengan ciri khas dan bumbu yang unik. Tak hanya itu, ramen di Indonesia juga memiliki banyak versi dengan sentuhan cita rasa lokal.

Hal ini menciptakan pemandangan ramen yang beragam. Selain itu, perkembangan inovasi dan variasi ramen juga mencerminkan hubungan erat antara ramen dan tren makanan yang sesuai dengan gaya hidup saat ini.

Masa Depan Ramen yang Cerah

Masa depan ramen terlihat cerah dengan adanya kombinasi inovasi dan penekanan pada konsep keberlanjutan. Mengikuti perkembangan zaman yang semakin canggih, beberapa koki ramen mulai menggunakan teknologi untuk menciptakan ramen berbasis tanaman atau alternatif protein nabati.

Sementara itu, beberapa lainnya fokus pada penggunaan bahan lokal dan keberlanjutan dalam rantai pasokan mereka. Hal ini dilakukan demi melestarikan keaslian resep dan sejarah ramen milik mereka.

Berawal dari Tiongkok hingga menjadi hidangan global yang banyak disukai, ramen telah melewati berbagai perubahan dan revolusi. Dengan setiap mangkuk yang dihidangkan, ramen membawa cerita tentang tradisi, inovasi, dan kekayaan cita rasa.

Nah itulah sejarah ramen yang telah melewati berbagai proses panjang hingga akhirnya bisa menjadi salah satu kuliner dunia paling dicintai. Berawal dari Tiongkok hingga menjadi hidangan global yang banyak disukai, ramen telah melewati berbagai perubahan dan revolusi.

Sebagai salah satu simbol kuliner Jepang yang paling ikonik, ramen terus memikat dan memanjakan semua yang mencicipinya di seluruh dunia.

Kalau kamu ingin coba ramen khas Jepang di sekitarmu, bisa cek rekomendasi tempat makan ramen di Horego Guide, seperti ramen Cikarang, ramen Tebet, dan ramen Jakarta Barat.

Kamu juga bisa cek lebih banyak rekomendasi tempat makan lainnya di sekitarmu melalui Horego. Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.