10 Jenis Pisang yang Paling Banyak Disukai di Indonesia

April 12, 2024

Share to:

jenis pisang

Daftar Isi

Pisang adalah salah satu buah yang paling populer dan banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Buah ini punya rasa manis yang lezat dan juga praktis dimakan. Gak cuma itu, pisang juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Pisang punya berbagai jenis dengan karakteristik yang berbeda. Yuk simak ulasan seputar jenis pisang berikut ini!

Jenis-Jenis Pisang

Berikut adalah macam-macam pisang dengan ciri khasnya masing-masing:

1. Pisang Raja

Pisang raja adalah jenis pisang lokal Indonesia yang terkanal dengan ukurannya yang besar. Rasa dari buah ini manis dengan tekstur yang lembut dan kenyal. Ciri khas dari pisang raja adalah kulitnya yang tebal dan berwarna kuning cerah.

Pisang ini sering dijadikan berbagai macam olahan makanan penutup yang manis, kayak kolak, aneka ragam kue, bolu pisang, dan makanan buka puasa kayak es pisang ijo.

2. Pisang Ambon

Pisang ambon punya ciri khas kulit yang berwarna hijau dengan bintik-bintik hitam saat matang. Pisang ini terkenal dengan rasa manisnya yang khas serta tekstur dagingnya yang lembut dan sedikit kenyal. Daging buah pada jenis ini berwarna putih.

Selaiin dimakan langsung, jenis pisang ini juga bisa diolah jadi berbagai camilan santai yang lezat. Kayak kue brownies pisang ambon contohnya.

3. Pisang Susu

Sama kayak namanya, pisang ini punya rasa manis bagaikan susu dengan tekstur lembut dan aroma yang khas. Warna kulitnya kuning cerah dan dagingnya berwarna putih. Karena punya tekstur yang lembut, pisang susu sering diolah jadi es krim pisang susu, smoothie pisang, hingga pisang susu bakar dengan taburan keju.

4. Pisang Mas

Meski berukuran kecil, pisang mas punya rasa manis dan aroma yang khas. Tekstur pisang ini juga lembut. Karena ukurannya yang praktis, pisang ini sering dijadikan camilan santai yang sehat. Selain itu, pisang mas juga bisa dijadikan bahan utama untuk membuat brownies atau bolu pisang.

5. Pisang Kepok

Pisang kepok adalah pisang yang bentuknya berbeda dengan jenis pisang lainnya, yaitu lebar dan agak pendek. Kulit pisang ini tebal dan gak bisa dikupas dengan mudah. Pisang kepok termasuk ke dalam varietas pisang yang harus diolah terlebih dulu sebelum dikonsumsi karena rasanya asam sepat.

Jenis olahan yang bisa dibuat dengan menggunakan pisang kepok adalah, kolak, pisang molen, pisang goreng tepung, pisang rebus, hingga keripik pisang.

6. Pisang Tanduk

Pisang tanduk merupakan salah satu jenis pisang yang paling populer di Indonesia. Pisang ini berukuran besar dan berbentuk panjang mirip kayak tanduk. Rasa dari pisang ini gak terlalu manis dan tekstur buahnya cukup padat.

Pisang tanduk sering dijadikan berbagai olahan pisang favorit masyarakat Indonesia. Mulai dari pisang goreng, kolak, pisang ijo, hingga bolu pisang.

7. Pisang Nangka

Jenis pisang ini punya keunikan yang membedakannya dari jenis lainnya, yaitu kulit pisang ini akan tetap berwarna hijau meski udah matang dan siap dimakan.

Pisang ini jarang dijadikan camilan atau dimakan langsung karena rasanya cenderung asam. Maka dari itu, pisang ini sering diolah jadi berbagai jenis camilan. Bisa dijadikan pisang goreng, keripik pisang, hingga kue nagasari.

8. Pisang Uli

Pisang uli jadi salah satu jenis buah pisang yang paling laris di pasar. Tekstur daging buah ini lembut dan halus. Gak cuma rasanya aja yang manis, aroma dari pisang uli juga manis lho. Pisang uli punya kilit berwarna kuning cerah saat matang, dengan daging berwarna putih.

Pisang ini jadi favorit banyak orang di Indonesia karena serbaguna. Selain bisa dimakan langsung, pisang ini bisa diolah jadi berbagai makanan menarik, kayak pisang goreng, bolen pisang uli, hingga bolu pisang.

Horego Aplikasi Cari Makanan

9. Pisang Cavendish

Jenis pisang ini mirip dengan pisang nangka. Bedanya adalah pisang ini berwarna kuning jika udah matang. Pisang ini gak cuma populer di Indonesia aja, tapi juga di berbagai negara lainnya.

Pisang cavendish punya rasa manis dengan tekstur lembut yang lezat. Pisang lebih sering dimakan langsung karena bisa jadi menu diet yang cocok untuk mereka yang mau menurunkan berat badan.

10. Pisang Kapas

Ciri khas dari pisang kapas adalah kulitnya yang lembut tanpa bintik-bintik hitam. Kulit pisang ini berwarna hijau jika belum matang dan akan berubah jadi kuning saat siap dimakan.

Pisang kapas jarang dimakan secara langsung dan lebih sering dijadikan olahan matang terlebih dulu sebelum dinikmati. Olahan pisang kapas beragam, biasanya dijadikan pisang goreng, pisang rebus, keripik, atau bahan tambahan pada roti.

Itu dia deretan jenis pisang yang enak dan populer di Indonesia. Ragam pisang tersebut jadi favorit banyak orang karena rasanya yang lezat dan serbaguna. Pisang favoritmu yang mana nih?

Kamu juga bisa cek beragam jenis makanan lainnya di Horego Guide, kayak jenis cokelat, jenis kacang, dan jenis kurma.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.