15 Makanan Khas Arab Saudi Enak dengan Porsi Banyak

December 21, 2023

Share to:

makanan khas arab saudi

Daftar Isi

Arab Saudi memiliki warisan budaya yang beragam, menawarkan kepada dunia hidangan-hidangan yang mencerminkan tradisi, sejarah, dan kekayaan geografisnya. Dari hidangan klasik hingga camilan yang menggugah selera, Yuk pelajari lebih lanjut tentang makanan khas Arab Saudi!

Makanan Khas Arab Saudi

Inilah deretan makanan khas Arab Saudi yang bisa memanjakan lidah dan perutmu.

1. Shawarma

Shawarma terbuat dari daging yang dipanggang dan dipotong tipis. Hidangan ini tak pernah absen di menu makanan khas Arab Saudi. Daging ini sering kali disajikan dalam roti arab atau sebagai bagian dari hidangan dengan saus tomat, tahini, dan sayuran segar. Shawarma adalah penyelera rasa yang dijamin membuat lidah bergoyang.

2. Jareesh

Jareesh adalah makanan khas Arab Saudi yang terbuat dari gandum yang dicincang halus dan direbus bersama daging atau ayam. Dengan tekstur lembut dan cita rasa gandum yang khas, Jareesh menjadi hidangan favorit di negeri padang pasir tersebut.

3. Kabsa

Kabsa adalah hidangan nasional Arab Saudi yang menciptakan harmoni rasa dengan mencampur nasi yang kaya rempah-rempah, daging, dan sayuran. Daging yang digunakan bisa berupa daging kambing, daging sapi, atau ayam. Makanan khas Arab Saudi ini memliki aroma wangi dan rasa yang kaya.

4. Mutabbaq

Mutabbaq adalah pastri berbentuk segitiga atau persegi yang diisi dengan campuran daging atau kacang lalu dibungkus dalam lapisan tipis adonan tepung. Dipanggang hingga kecoklatan, Mutabbaq memberikan kelezatan dengan perpaduan rasa gurih dan renyah.

5. Mandi

Mandi adalah hidangan lain yang populer di Arab Saudi. Terdiri dari nasi yang dimasak bersama daging (biasanya daging kambing atau domba), dibumbui dengan rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, dan kapulaga. Mandi menciptakan rasa lezat yang mengundang selera.

6. Falafel

Makanan khas Arab Saudi satu ini sering menjadi camilan favorit bagi masyarakat Timur Tengah. Falafel berbentuk bola kecil yang terbuat dari kacang arab yang digoreng, biasanya disajikan dalam roti pita dengan saus tahini dan sayuran.

7. Labneh

Labneh adalah makanan khas Arab yang memiliki rasa unik. Makanan ini terbuat dari yogurt yang diolah menjadi keju krim kental. Orang Arab biasanya menyajikan Labneh dengan minyak zaitun dan rempah-rempah. Kombinasi bahan-bahan tersebut membuat makanan ini memiliki cita rasa yang luar biasa.

8. Hummus

Hummus adalah salah satu makanan khas Arab Saudi yang cukup populer. Hummus merupakan hidangan saus kacang arab yang terbuat dari purée kacang Arab, lemon, dan bawang putih. Hidangan ini biasanya disajikan dengan potongan roti pita untuk pengalaman kuliner yang lezat.

9. Jibneh Arabieh

Arab Saudi memiliki keju tradisionalnya sendiri yang diberi nama Jibneh Arabieh. Keju Arab ini memiliki rasa yang khas dan sering disajikan bersama dengan roti.

10. Moutabal

Moutabal adalah makanan khas Arab Saudi yang menggunakan terong sebagai bahan utamanya. Hidangan ini terbuat dari terong bakar yang diberi tambahan yogurt. Kombinasi kedua bahan dalam Moutabal ini memberikan cita rasa yang lembut dan menyegarkan.

11. Aseeda

Aseeda adalah hidangan tradisional Arab Saudi yang terbuat dari adonan dasar yang sederhana. Hidangan ini terdiri dari tepung gandum atau sorghum yang dicampur dengan air panas hingga membentuk adonan padat. Biasanya disajikan bersama dengan daging, sayuran, atau saus kacang.

12. Sambusa

Sambusa, juga dikenal sebagai samosa, adalah makanan khas Arab Saudi yang terdiri dari kulit tepung goreng atau panggang dan diisi dengan campuran daging cincang, kacang, atau sayuran yang diberi bumbu. Hidangan ini populer sebagai camilan di acara-acara spesial selama bulan Ramadhan di Arab Saudi.

Horego Aplikasi Cari Makanan

13. Manakeesh

Manakeesh adalah roti flatbread tradisional Arab yang sangat populer di Arab Saudi. Biasanya, roti ini diolah dengan berbagai topping yang memberikan cita rasa khas, seperti thyme, keju, dan zaitun. Kombinasi antara roti yang lembut dan topping yang kaya rasa membuat Manakeesh menjadi favorit di seluruh wilayah Arab Saudi.

14. Magluba

Magluba adalah makanan khas Arab Saudi yang merupakan variasi dari hidangan tradisional Levant. Magluba terdiri dari lapisan-lapisan nasi, daging (seringkali ayam atau domba), sayuran seperti kentang dan terong, serta berbagai rempah-rempah. Hidangan ini menciptakan kombinasi rasa yang lezat dan memuaskan.

15. Mansaf

Mansaf adalah hidangan nasional Arab Saudi yang berbahan dasar nasi. Mansaf terbuat dari nasi yang dimasak dengan susu asam kambing dan rempah-rempah khas Arab. Mansaf disajikan dengan potongan daging kambing atau domba, dan dihidangkan di atas sejenis roti datar yang disebut shrak.

Itulah beberapa makanan khas Arab Saudi yang memiliki cita rasa kaya akan bumbu dan rempah-rempah tradisional Arab. Selain lezat porsinya juga berlimpah lho! Kamu mau coba yang mana?

Kamu juga bisa cek rekomendasi makanan khas dari negara lainnya, seperti makanan khas Korea, makanan khas Singapura, dan masakan khas India.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.