Daftar 14 Makanan Khas Myanmar yang Wajib Kamu Cicipi!

January 5, 2024

Share to:

makanan khas myanmar

Daftar Isi

Selain keindahan budaya dan pemandangan alamnya yang menakjubkan, Myanmar juga dikenal akan kekayaan kuliner yang menggoda selera. Makanan khas Myanmar merupakan perpaduan antara pengaruh India, Tiongkok, dan Thailand yang menciptakan hidangan-hidangan unik yang mencerminkan identitas kuliner yang kuat.

Mempersembahkan sejumlah hidangan khas sebagai warisan kuliner dan keberagaman etnis, Myanmar sering kali menjadi destinasi kuliner bagi para pelancong. Yuk eksplorasi makanan khas Myanmar yang memiliki kelezatan luar biasa!

Makanan Khas Myanmar

Berikut adalah hidangan khas Myanmar yang bisa kamu jadikan referensi jelajah kuliner jika berkunjung.

1. Mohinga

Diakui sebagai sarapan nasional oleh masyarakat Myanmar, mohinga adalah hidangan berupa mie berkuah dengan kaldu ikan yang kaya rasa. Dicampur dengan daun ketumbar, jeruk nipis, dan cabai, hidangan ini menciptakan kombinasi lezat yang menyehatkan.

2. Htamin Jin

Htamin jin adalah makanan khas Myanmar yang terbuat dari nasi ferementasi yang diolah bersamaan dengan bumbu rempah khas. Hidangan ini biasa disajikan dengan makanan pendamping seperti sup atau kari. Tekstur dan rasa bumbu menciptakan pengalaman menyantap yang memuaskan.

3. Lahpet Thoke

Lahpet thoke adalah makanan khas Myanmar yang berupa salad unik. Hidangan ini terbuat dari campuran segar daun teh fermentasi, kacang tanah, biji wijen, dan bumbu rempah. Lahpet thoke adalah salad yang menyuguhkan rasa dan aroma yang unik, menciptakan harmoni yang lezat di setiap suapannya.

4. Ohn No Khao Swè

Ohn no khao swè adalah hidangan mie kuning yang disajikan dalam kuah kaldu santan kental. Hidangan ini biasanya dilengkapi dengan telur rebus, bawang goreng, dan bawang putih goreng. Ohn no khao swè menghadirkan kelezatan yang memanjakan lidah dengan perpaduan rasa yang unik.

5. Kyay Oh

Kyay oh merupakan makanan khas Myanmar berupa mie yang disajikan dengan kuah daging atau ayam, dihiasi dengan potongan bawang merah dan daun ketumbar. Dilengkapi dengan daging babi sebagai sumber protein, kyay oh adalah hidangan yang sederhana namun memberikan kelezatan yang tak terlupakan.

6. Mont Lone Yay Paw

Mont lone yay paw adalah kudapan manis khas Myanmar yang terbuat dari tepung beras, air, garam, dan gula. Adonan ini kemudian dibentuk menjadi bulat-bulat kecil dan dikukus. Mont lone yay paw biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya, sehingga terlihat seperti klepon khas Indonesia.

7. Shan Noodles

Shan noodles adalah hidangan mie dengan kuah daging atau sayuran yang sering disajikan dengan bawang putih goreng dan daun bawang. Tak hanya itu, daging ayam atau babi juga merupakan tambahan yang ada di atas hidangan ini. Shan noodles mempersembahkan cita rasa tradisional yang autentik dari suku Shan.

8. Khao Suey

Khao suey adalah makanan khas Myanmar yang menggunakan mie telur sebagai bahan utamanya. Hidangan ini terdiri dari sup kental dengan campuran daging, sayuran, dan kacang tanah, yang disajikan dengan mie dan berbagai pelengkap. Khao Suey adalah hidangan yang merayakan kekayaan rasa dan tekstur.

9. Shwe Yin Aye

Selain makanan berat, Myanmar juga memiliki kudapan yang tak kalah lezat. Shwe yin aye adalah hidangan pencuci mulut yang memanjakan dengan campuran es serut, jelly, ubi jalar, dan susu kelapa. Dengan rasa manisnya, menyantap shwe yin aye dapat memberikan sensasi menyegarkan setelah santapan malam.

10. A Kyaw Sone

Hidangan satu ini mungkin disebut sebagai ‘gorengan’ jika di Indonesia. A kyaw sone adalah berbagai jenis makanan yang digoreng, seperti pisang goreng, ubi goreng, dan makanan laut goreng. Hidangan ini sering disajikan sebagai camilan yang lezat di Myanmar.

11. Baya Kyaw

Baya kyaw merupakan makanan ringan khas Myanmar yang menggunakan bawang bombay sebagai bahan utamanya. Baya kyaw dibuat dengan menggoreng bawang bombay dengan adonan tepung berbumbu. Camilan ringan memberikan sensasi renyah dan pedas yang menggugah selera.

Horego Aplikasi Cari Makanan

12. Nan Gyi Thoke

Nan gyi thoke adalah makanan khas Myanmar yang terbuat dari mie tepung beras berkuah yang disajikan dingin dengan campuran daging dan bumbu rempah yang kaya. Hidangan ini juga dikenal sebagai salad mie karena tampilan dan campuran bahannya. Nan gyi thoke adalah perpaduan unik dari hidangan mie dan salad.

13. Hto-Hpu Nwe

Hto-hpu nwe memiliki arti ‘tahu hangat’ dalam bahasa Indonesia, namun uniknya makanan khas Myanmar ini tidak menggunakan tahu sebagai bahan utamanya. Hto-hpu nwe merupakan bubur kental yang terbuat dari tepung kacang polong. Hidangan ini biasanya disajikan di atas mie bihun dengan taburan daging babi di atasnya.

14. Nga Htamin

Jika dilihat sekilas, hidangan ini mirip seperti nasi kuning khas Indonesia. Nga htamin merupakan hidangan nasi yang dimasak dengan bumbu, seperti kunyit dan rempah-rempah lainnya. Biasanya disajikan dengan taburan ikan dan bawang putih mentah untuk memperkaya rasa.

Melalui daftar makanan ini, dapat dilihat bagaimana Myanmar merayakan kekayaan bahan pangan lokalnya dan merangkai cita rasa yang memikat. Masing-masing hidangan adalah cermin dari sejarah, budaya, dan keterampilan kuliner yang melekat dalam setiap suapannya.

Selain Myanmar, kamu juga bisa cek makanan khas negara lainnya di Horego Guide, seperti makanan khas Brunei Darussalam, makanan khas Malaysia, dan makanan khas Singapura.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.