10 Tempat Makan Siang di Surabaya, Enak dan Worth untuk Dicoba!

January 30, 2024

Share to:

makan siang di surabaya

Daftar Isi

Bingung mau makan siang apa di Surabaya? Jangan khawatir, Horego punya berbagai rekomendasi tempat makan siang di Surabaya yang menarik, enak, dan nyaman. Beberapa di antaranya bahkan bisa dibilang legendaris, lho! Penasaran? Cek rekomendasi dari Horego ini sampai selesai, ya!

1. Warung Bu Kris

Stee/Google Review

Kalau kamu lagi prefer tempat makan dengan hidangan lokal yang dijamin enak, kamu bisa ke Warung Bu Kris. Cabangnya udah banyak dan gak pernah ada yang gagal!

Warung Bu Kris punya beberapa menu andalan yang cocok banget buat makan siang di Surabaya. Contohnya, ayam penyet dan empal penyet yang gurih dan tentunya nagih.

Karena udah terkenal banget, jangan kaget kalau restoran ini super sibuk di jam makan siang. Di hari libur, tempatnya malah bisa lebih ramai lagi.

Nah, kalau kamu gak mau kelamaan menunggu, kamu bisa datang sedikit lebih awal agar bisa menikmati makan siangmu dengan tenang, ya!

Alamat: Ruko Villa Bukit, Mas, Jl. KH Abdul Wahab Siamin Surabaya Blok RO No. 1, Dukuh Pakis
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 10.00 – 21.30
Harga: Rp25.000 – Rp50.000/orang
Menu favorit: Iga penyet, empal penyet
Telepon: (031) 5611010

2. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Gunawan Dwi Nugroho/Google Review

Pernah cobain sate kelapa atau sate klopo di Surabaya? Kalau belum, kamu ke Sate Klopo Ondomohen Bu Asih yang udah terkenal banget. Rasanya dijamin enak dan murah!

Tempat makan sate ini selalu ramai, apalagi saat jam makan siang di Surabaya. Kalau kamu telat datang, kemungkinan besar bakal harus ngantre. Tapi jangan khawatir, pelayanan di sini cukup gesit, kok.

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih punya sate ayam/daging, sate usus, sate sumsum, sate campur. Agar makin kenyang, kamu bisa pesan satenya bersama nasi atau lontong.

Kalau kamu penasaran dengan rasa sate klopo yang manis dengan nasi taburan serundeng kelapa, ke sini aja! Lokasinya dekat dari dari Taman Prestasi Surabaya, kira-kira 350 m aja.

Alamat: Jl. Walikota Mustajab No. 36, Genteng, Surabaya
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.00 – 22.00
Harga: Rp35.000 – Rp75.000/orang
Menu favorit: Sate ayam, sate daging
Telepon: (031) 5474575

3. Rawon Pak Pangat

inno yudha/Google Review

Rawon Pak Pangat pasti udah gak asing untuk pecinta kuliner di Surabaya. Tempat makan ini layak dibilang legendaris karena udah berdiri sejak 1969. Sampai sekarang, restorannya masih jadi favorit banyak orang.

Nah, Rawon Pak Pangat cocok banget buat kamu yang cari makan siang di Surabaya. Harganya ramah di kantong dan pastinya bikin kenyang.

Kamu bisa pesan rawon krengseng, rawon suwir, atau rawon campur. Best sellernya adalah rawon krengseng yang porsinya besar dengan topping yang banyak. Biar makin lengkap, kamu bisa minta kerupuk atau sate paru.

Rawon Pak Pangat terletak di pinggir jalan raya dan mudah ditemukan. Jangan lupa mampir ya!

Alamat: Lotus Regency, Jl. Ketintang Baru Sel. I No. 15, Gayungan, Surabaya
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.30 – 20.00
Harga: Rp25.000 – Rp50.000/orang
Menu favorit: Rawon krengseng, rawon campur
Telepon: 0896-8739-1222

4. Pecel Bu Kus

Sunandar Triwibowo/Google Review

Rekomendasi tempat makan siang di Surabaya berikutnya adalah Pecel Bu Kus. Tempat makan ini juga legendaris dan jadi favorit masyarakat Surabaya sejak 1993.

Pecel Bu Kus punya tempat yang cukup luas, mejanya panjang, dan banyak bangku. Cocok untuk kamu yang datang dengan keluarga atau rombongan.

Sesuai namanya, tempat makan ini dikenal dengan nasi pecelnya. Kalau berkunjung ke sini, kamu bisa pesan nasi pecel dengan berbagai topping, seperti ayam, empal, paru, udang, babat, telur, atau lidah.

Pilihan minumannya juga oke, ada es sari kedelai, es daun salam, es temulawak, kunir asem, dan beras kencur. Gimana? Apakah kamu tertarik untuk ke sini?

Alamat: Jl. Barata Jaya XX No. 110, Gubeng, Surabaya
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.00 – 21.00
Harga: Rp25.000 – Rp50.000/orang
Menu favorit: Nasi pecel ayam, es beras kencur
Telepon: (031) 5042357

5. Arumanis Restaurant

Safirah Ishami/Google Review

Kalau kamu lagi cari tempat yang lebih formal untuk makan siang di Surabaya, kamu bisa ke Arumanis Restaurant.

Restoran ini biasanya dijadikan tempat arisan, ulang tahun, atau acara kantor. Suasananya asri, penuh pepohonan, ada kolam, dan rasanya kayak bukan di kota besar.

Arumanis Restaurant menawarkan sistem buffet. Makanannya beragam, mulai dari kuliner khas Indonesia sampai kuliner asing, seperti Jepang atau Chinese food.

Kamu bisa menikmati berbagai hidangan di sini, seperti batagor, sate, sushi, teppanyaki, sampai sashimi. Variatif banget, kan?

Arumanis Restaurant terletak di dalam Bumi Surabaya City Resort. Kalau kamu penasaran dengan buffetnya, jangan lupa mampir ke sini, ya!

Alamat:  Jl. Jend. Basuki Rakhmat No. 106-128, Genteng, Surabaya
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.00 – 22.00
Harga: Rp250.000/orang
Menu favorit: Teppanyaki, dessert platter
Telepon: (031) 5326301

6. Botanika

Maria Hutomo/Google Review

Botanika bisa jadi tempat makan siang di Surabaya untuk kamu dan keluarga. Terdiri dari dua lantai, restorannya cukup luas dan punya banyak meja. Selain cantik dan Instagramable, pilihan makanan di sini juga enak dan pelayanannya bagus.

Kebanyakan hidangan di Botanika adalah kuliner khas Nusantara. Ada nasi campur, nasi rendang, nasi tumpeng, sup buntut, pindang serani, sampai lidah sapi. Kalau kamu datang bersama keluarga, kamu bisa pesan paketnya, Botanika Feast.

Setelah makan, jangan lupa untuk coba dessertnya, seperti putu mayang, muso Jambi, puding roti rape, dan masih banyak lagi. Selamat mencoba!

Alamat: Jl. Raya Kertajaya Indah No. F-303, Mulyorejo, Surabaya
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.30 – 22.00
Harga: Rp50.000 – Rp100.000/orang
Menu favorit: Sop buntut, ayam tangkap Aceh
Telepon: (031) 5954800

7. Makan Kitchen Surabaya

Makan Kitchen Surabaya/Google Review

Kalau kamu lagi cari buffet All You Can Eat untuk makan siang di Surabaya, kamu bisa ke Makan Kitchen Surabaya. Restoran ini adalah bagian dari hotel DoubleTree by Hilton Surabaya.

Di sini menu makanannya banyak banget. Ada makanan Indonesia, Jepang, Chinese, sampai Western. Semua makanannya fresh dan tentunya sesuai dengan harga yang kamu bayar.

Beberapa menu favorit di All You Can Eat Surabaya ini adalah sashimi salmon, sushi, sate, dan egg benedict. Kamu juga bisa cicipi berbagai cake, es krim, dan es campurnya sebagai dessert.

Gimana? Tertarik untuk berkunjung ke sini?

Alamat: Jl. Tunjungan No.12, Genteng, Surabaya
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.30 – 22.00
Harga: Rp480.000/orang
Menu favorit: Sashimi, sushi
Telepon: 0811-3200-5300

8. Ayam Bakar Primarasa

aditya wicaksono/Google Review

Welcome Reward Horego

Makan ayam bakar emang gak perlu momen khusus, kalau kamu lagi cari tempat makan siang di Surabaya yang menyediakan hidangan ini, kamu ke Ayam Bakar Primarasa Ahmad Yani aja.

Kalau soal ayam, udah pasti restoran ini punya berbagai menu andalan yang enak. Ayam bakar mereka jadi favorit banyak orang karena rasanya juicy, empuk, dan bumbunya menyerap banget.

Ayam bakar di Surabaya ini juga ramai baik di waktu makan siang dan malam, makanya kalau kamu mau menikmati hidangan dengan nyaman, paling enak datang duluan atau di luar jam sibuk.

Oh iya, Ayam Bakar Primarasa punya berbagai cabang. Dari di jalan raya Kupang Indah, Mayer Mertoajo, Kusuma Bangsa, dan tentunya, Ahmad Yani.

Alamat: Jl. Ahmad Yani No.166, Gayungan, Surabaya
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.00 – 22.00
Harga: Rp25.000 – Rp50.000/orang
Menu favorit: Ayam bakar, ikan bakar
Telepon: (031) 8298667

9. Rumah Makan Baliwerti

Howdy Traveller/Google Review

Kamu bisa temukan tempat makan siang di Surabaya yang satu ini di antara ruko. Tempatnya emang gak besar tapi cukup untuk parkir 1-2 mobil.

Rumah Makan Baliwerti menyediakan berbagai kuliner mulai dari babi kecap, cah sawi, nasi bakmoy, dan masih banyak lagi dengan harga yang gak terlalu pricey.

Untuk kamu yang lebih suka makanan selain nasi, Rumah Makan Baliwerti juga punya berbagai menu mie kayak mie polos, mie sua, mie baikut, mie ayam, hingga mie bakwan.

Gimana? Tertarik untuk mencoba kuliner siang di Surabaya yang satu ini?

Alamat: Jl. Pahlawan No.3, Alun-alun Contong, Surabaya
Jam buka: Senin – Sabtu, pukul 21.00 – 16.00
Harga: Rp50.000 – Rp100.000/orang
Menu favorit: Babi kecap, meigan chai
Telepon: (031) 5344660

10. Depot Anda fit

Boo’s Dream Toys/Google Review

Rekomendasi tempat makan siang di Surabaya lainnya adalah Depot Anda fit. Lokasinya juga strategis, gak jauh dari Taman Balai Kota Surabaya, cuma sekitar 99m aja.

Berbagai menu yang tersedia di rumah makan ini adalah menu khas Nusantara. Mulai dari garang asem, nasi sayur asem, gule kambing, sop buntut, sop iga dan lain-lain.

Gak cuma makanan berat, Depot Andafit juga menyediakan dessert untuk penutup. Di cuaca Surabaya yang panas, enaknya pesan es campur, es soda gembira, atau es mega mendung.

Alamat: Jl. Walikota Mustajab No.74, Ketabang, Surabaya
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 08.00 – 21.00
Harga: Rp50.000 – Rp100.000/orang
Menu favorit: Sop buntut, es campur
Telepon: 0856-4877-0668

Nah, itu dia beberapa rekomendasi tempat makan siang di Surabaya yang menarik. Kamu juga bisa cek rekomendasi lainnya di Horego, seperti nasi goreng di Surabaya, lontong kikil di Surabaya, dan mie ayam di Surabaya.

Tulis review di Horego banyak untungnya, lho! Dapatkan voucher makanan sampai smartphone terbaru cuma dengan bikin review yang bagus. Yuk, download Horego dan buat review sebanyak-banyaknya!