10 Rekomendasi Angkringan di Semarang yang Menunya Enak-Enak

February 13, 2024

Share to:

Angkringan Mas Gondrong, angkringan di semarang

Daftar Isi

Angkringan adalah sebutan untuk gerobak dorong yang menjual berbagai macam makanan, seperti nasi yang dibungkus daun pisang (nasi kucing), sate-satean, hingga gorengan. Angkringan sering ditemui di kota-kota Jawa Tengah, salah satunya Semarang. Kalau kamu lagi nyari rekomendasi angkringan di Semarang yang ngehits dan makanannya enak, baca rekomendasinya dari Horego, ya!

1. Angkringan Pandawa

Angkringan Pandawa, angkringan di semarang

Amy Fatah/Google Review

Salah satu angkringan di Semarang yang paling populer dan banyak menarik perhatian masyarakat adalah Angkringan Pandawa

Gak heran, Angkringan Pandawa Semarang punya 40 jenis sate-satean yang bisa dimakan sama nasinya. Udah gitu, bumbu sate-sateannya pun juga unik, kayak barbeque sampai saos lada hitam. 

Pilihan nasinya juga beragam, lho! Kamu bisa pilih sekitar 30 jenis nasi dengan lauk yang berbeda-beda. Kalau gini ceritanya, bisa-bisa kalap, nih!

Soal harga, kamu gak perlu khawatir. Menu makanan dari angkringan di Semarang ini dijual dengan harga mulai dari Rp1000-an doang. Yakin gak mau nyobain?

Dulunya, Angkringan Pandawa terletak di Jl. Gajah Raya No. 25. Kini, angkringan di Semarang ini udah pindah ke tempat barunya di Jl. Medoho I No. 32, Kecamatan Gayamsari. 

Alamat: Jl. Medoho I No. 32, Gayamsari, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 17.00 – 24.00
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi kucing, sate-satean
Telepon: 024-76419325

2. Angkringan Pak Gik

Angkringan Pak Gik, angkringan di semarang

Salmaa Pranawati/Google Review

Bukan tanpa alasan kalau Angkringan Pak Gik disebut sebagai angkringan di Semarang yang legendaris. Soalnya, mereka udah berjualan selama lebih dari 50 tahun!

Menu yang disajikan ke pengunjung juga variatif. Ini jadi salah satu alasan kenapa banyak pengunjung yang betah dan ketagihan buat makan di sini. 

Terus, menu yang bisa kamu temuin di sini gak cuma nasi kucing aja. Ada juga nasi gurih, nasi kering, nasi telor tahu, ketan, nasi babat, sampai tahu petis. Kurang lengkap apa coba?

Harganya juga merakyat banget, yaitu mulai dari Rp1.000 hingga Rp5.000-an aja. Awas kalap!

Dari Pecinan Semarang, kamu bisa naik kendaraan pribadi atau ojol sejauh 1 kilometer atau sekitar 5 menitan doang. 

Alamat: Jl. Wotgandul Barat, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 20.00 – 03.00
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi kucing, sate-satean
Telepon: 0813-2814-2992

3. Angkringan Ing Teras

Angkringan Ing Teras, angkringan di semarang

Angkringan Ing Teras/Google Review

Gak kayak angkringan di Semarang pada umumnya yang berlokasi di pinggir jalan, Angkringan Ing Teras justru terletak di dalam rumah pemiliknya. Karena tempatnya cozy dan adem, banyak orang yang menjadikan angkringan ini sebagai tempat nongkrong!

Gak cuma suasananya aja, menu-menu yang ditawarkan Angkringan Ing Teras juga enak dan variatif. Jika kamu lagi pengen makan berat dengan porsi yang ngenyangin, angkringan ini pun menyediakan nasi bungkus yang lauknya bermacam-macam. 

Ngomongin cemilannya, salah satu yang bisa kamu cicipin adalah pisang goreng cokelatnya. Asyik banget disantap sambil menikmati cuaca malam di Semarang!

Biar suasana makin hangat, angkringan di Semarang ini menyediakan minuman tradisional kayak wedang ronde. 

Alamat: Jl. Puspanjolo Selatan No. 28, Semarang Barat, Semarang
Jam buka: Senin – Sabtu, pukul 16.00 – 23.00 (Minggu tutup)
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi kucing, nasi bungkus, sate-satean
Telepon: 0823-2674-7100

4. Kedai Kucingan Dot Com

Kedai Kucingan Dot Com, angkringan di semarang

Banglani Japlun/Google Review

Angkringan di Semarang selanjutnya yang gak kalah populer adalah Kedai Kucingan Dot Com. Letaknya ada di Jl. Pasirmas Raya, Kecamatan Semarang Utara. 

Nasi kucing yang dihidangkan porsinya pas. Tekstur nasinya juga pulen. Pas banget buat dimakan sama sate-satean yang disajikan. 

Udah gitu, gorengannya selalu anget, lho! Soalnya, Kedai Kucingan Dot Com selalu menggoreng gorengannya secara dadakan di tempat. Jadi kamu bisa makan gorengannya dengan nikmat. 

Selain nasi kucing dan sederet lauknya, angkringan di Semarang ini pun menyediakan mie instan yang bisa kamu makan bareng nasi bungkusnya. Bahkan, kamu bisa nikmatin hidangan pentol di sini. Asyik banget, kan?

Alamat: Jl. Pasirmas Raya, Semarang Utara, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.00 – 02.00 (Jumat tutup)
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi kucing, sate-satean, gorengan
Telepon: 0858-6993-4835

5. Angkringan Cak Gundul

Angkringan Cak Gundul, angkringan di semarang

Start Multimedia/Google Review

Angkringan Cak Gundul merupakan angkringan di Semarang yang lokasinya gak jauh dari rumah sakit Panti Wilasa Citarum. Angkringan ini sering dikunjungin sama orang-orang yang lagi nganterin keluarga atau orang terdekatnya berobat di rumah sakit. 

Makanan dan cemilannya lengkap. Nasi kucing dan sate-sateannya pun banyak. Ini jadi salah satu alasan kenapa Angkringan Cak Gundul gak pernah sepi pengunjung. 

Selain nasi-nasian, angkringan di Semarang ini pun menyediakan soto yang nyegerin. Bisa banget kamu santap sama nasi kucingnya!

Udah gitu, kamu bisa santai sejenak di sini sambil ngopi. Biar makin betah, Angkringan Cak Gundul pun menyediakan wifi bagi para pengunjung buat internetan. 

Alamat: Jl. Citarum, Semarang Timur, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, buka 24 jam
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi kucing, soto, sate-satean
Telepon: 0895-36054-0087

6. Angkringan Pitoelas 17

Angkringan Pitoelas 17, angkringan di semarang

Angkringan Pitoelas 17/Google Review

Vibes di Angkringan Pitoelas 17 bener-bener adem karena di sekelilingnya ada pepohonan yang rindang. Tempatnya juga cukup besar dan bisa menampung kurang lebih 20 orang. 

Gorengan yang disajikan di sini selalu anget karena digoreng dadakan. Kamu juga bisa pesen mie instan goreng atau rebus. 

Salah satu menu yang paling favorit di Angkringan Pitoelas 17 adalah es teh manisnya. Menurut pengunjung, es teh manisnya punya tingkat manis yang pas. Es batunya juga banyak banget. Nyegerin pol!

Oh iya, ukuran nasi kucing di angkringan ini ada 2, yaitu nasi kucing kecil dan nasi kucing besar. Jadi kamu bisa nentuin sendiri sesuai kebutuhan dan selera. 

Alamat: Jl. Hanoman Raya No. 17, Semarang Barat, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, buka 24 jam
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi kucing, sate-satean, gorengan
Telepon: 0895-41414-0285

7. Angkringan Raden Bagus

Angkringan Raden Bagus, angkringan di semarang

Bagus Prasetyo Nugroho/Google Review

Lagi nyari angkringan di Kota Lama Semarang? Kamu bisa mampir ke Angkringan Raden Bagus di Jl. Kampung Sleko No. 4, Kecamatan Semarang Utara. 

Di sini, kamu bisa duduk langsung di meja angkringannya atau duduk lesehan dengan karpet yang udah disediakan sama penjualnya. 

Menu yang dihidangkan juga banyak banget, kayak nasi kucing, gorengan, sate-satean, dan berbagai jenis minuman. Suasananya juga asyik banget karena kamu bisa makan nasi kucing sambil liatin bangunan-bangunan klasik di Kota Tua Semarang. 

Kamu gak perlu khawatir kalau bawa kendaraan pribadi ke sini. Soalnya, tempat parkirannya luas! Udah gitu, angkringan di Semarang ini juga punya fasilitas toilet, lho. 

Alamat: Jl. Kampung Sleko No. 4, Semarang Utara, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 16.00 – 24.00
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi kucing, sate-satean, gorengan
Telepon: 0878-3809-4682

8. Angkringan Jahe Rempah Mbah Seger

Angkringan Jahe Rempah Mbah Seger, angkringan di semarang

Rozak Kelana/Google Review

Berbeda dari angkringan di Semarang pada umumnya yang menjual nasi kucing dan sate-satean sebagai hidangan utamanya, Angkringan Jahe Rempah Mbah Seger justru menyajikan berbagai minuman tradisional yang bisa menghangatkan badan. 

Di sini, kamu bisa cobain jahe rempah susu, jahe kencur susu, jahe temulawak, jahe kunir, jahe secang, jahe asem, sampai jahe kunir asem yang bikin tubuh nyaman. 

Kamu juga bisa ngeliat langsung proses penumbukan dan pembuatan minumannya. Harganya terjangkau banget!

Biasanya, angkringan bakal meletakkan sate-satean, nasi, dan gorengan di gerobaknya. Nah, kalau di Angkringan Jahe Rempah Mbah Seger, kamu bisa liat rempah-rempah yang ditaroh di atas meja dan bisa kamu pilih buat dijadiin minuman. Cocok banget didatengin kalau cuaca malam di Semarang lagi dingin-dinginnya. 

Alamat: Jl. Puspanjolo Barat Raya No. 57, Semarang Barat, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 03.00 – 24.00
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Jahe rempah
Telepon: 0858-0066-5538

9. Angkringan Kembar

Angkringan Kembar, angkringan di semarang

Angkringan Kembar/Google Review

Horego Aplikasi Cari Makanan

Pilihan sate-satean di Angkringan Kembar banyak banget. Kamu bisa makan nasi kucingnya sama sate usus, sate telor puyuh, sampai sate rempelo. 

Nasi kucingnya juga disajikan dengan berbagai macam lauk, sebut aja nasi rames telor, nasi mangut, nasi kerang lombok ijo, nasi urak arik pe’do, sampai nasi ikan sarden yang enak banget buat dimakan sama sate-sateannya. 

Selain nasi kucing dan sate-satean, angkringan di Semarang ini menghidangkan roti-rotian dan juga gorengan. Ada juga wedang jahe susu yang bisa menghangatkan badanmu kalau cuaca malam Semarang lagi dingin. 

Buat kamu yang gak bisa makan nasi tanpa kriuk-kriuk, gak usah khawatir. Angkringan Kembar menyediakan pangsit goreng

Alamat: Jl. Candi Prambanan Raya Kavling 810, Ngaliyan, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.00 – 17.30
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi kucing, sate-satean, gorengan
Telepon: 0813-3298-2694

10. Angkringan Mas Gondrong

Angkringan Mas Gondrong, angkringan di semarang

Najib Ibrahim/Google Review

Angkringan Mas Gondrong cocok banget buat dijadiin tempat nongkrong karena kamu bisa duduk di kursi angkringannya atau lesehan. Ditambah lagi, harganya bersahabat banget! Cocok buat anak kost atau mahasiswa yang lagi pengen ngirit. 

Di sini, kamu bisa makan gorengan yang anget karena digorengnya dadakan. Untuk sate-sateannya, ada sate telor puyuh, sate usus, sampai sate bakso yang bisa kamu santap bareng nasi kucingnya. Ada juga pangsit goreng untuk menambah sensasi kriuk. 

Kalau lagi gak pengen makan nasi, angkringan di Semarang ini pun menyediakan mie instan goreng atau rebus.

Lokasinya gak jauh dari Dinas Kesehatan Kota Semarang. Dari situ, kamu tinggal jalan kaki dan belok kiri ke Jl. Kyai Saleh sejauh 100 meteran buat sampai di Angkringan Mas Gondrong. 

Alamat: Jl. Kyai Saleh, Semarang Selatan, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 18.00 – 02.00
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi kucing, sate-satean, gorengan

Gak cuma daftar angkringan di Semarang aja yang bisa kamu cek di Horego. Ada juga rekomendasi gudeg di Semarang, mie ayam di Semarang, nasi ayam di Semarang, sampai tahu petis di Semarang.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.