10 Rekomendasi Nasi Ayam di Semarang yang Paling Nikmat

February 7, 2024

Share to:

Nasi Ayam Bu Wido, nasi ayam di semarang

Daftar Isi

Nasi ayam adalah makanan khas Semarang berupa nasi liwet, suwiran ayam, dan telor rebus yang disiram sama kuah opor. Biasanya, sajian ini dihidangkan bareng sate telor puyuh, sate usus, dan sambel goreng jipang. Pengen nyobain nasi ayam di Semarang yang paling enak dan nikmat? Baca rekomendasinya dari Horego, ya!

1. Nasi Ayam Bu Pini

Nasi Ayam Bu Pini, nasi ayam di semarang

Edom Wahyudi/Google Review

Salah satu nasi ayam di Semarang yang paling enak dan hampir gak pernah sepi adalah Nasi Ayam Bu Pini. Kalau mau dateng ke sini, baiknya di awal jam buka aja biar kamu gak ngantri terlalu panjang.

Seporsi nasi ayam di Semarang ini dilengkapi sama ayam, telor rebus, dan tahu bacem. Di sini emang gak nyediain sambel, tapi kalau kamu mau ada cita rasa pedes, bisa request sayur labu. Harga seporsinya gak sampe Rp15.000-an, lho!

Untuk menu pelengkapnya, Nasi Ayam Bu Pini Semarang menyediakan gorengan martabak, sate usus, sate ati, sampai sate ampela. 

Tertarik untuk makan nasi ayam di Semarang ini? Lokasinya cukup gampang dicari. Dari Kelenteng Tong Pek Bio, kamu tinggal nyebrang aja buat sampai di Nasi Ayam Bu Pini. 

Alamat: Gang Pinggir No. 75, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 05.30 – 21.30
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi ayam
Telepon: 0813-2633-8833

2. Nasi Ayam Bu Wido

Nasi Ayam Bu Wido, nasi ayam di semarang

Muhammad Rois/Google Review

Nasi Ayam Bu Wido adalah tempat makan nasi ayam khas Semarang yang isinya lengkap. Serporsi nasi ayam di sini udah include ayam suwir, tahu bacem, telor bacem, krecek dan kuahnya, sayur lodeh labu siam, sampai kuah lodeh. 

Terus, nasi ayam enak di Semarang ini juga ngasih kaldu santan di wadah yang terpisah. Ada juga menu pelengkap lain, kayak sate ati, sate usus, dan sate rempelo ayam, yang dijamin bikin kamu makin puas.

Letak nasi ayam di Semarang ini gak jauh dari Polsek Semarang Tengah. Dari situ, kamu cuma perlu jalan kaki sejauh 220 meter atau sekitar 3 menitan aja buat ke Nasi Ayam Bu Wido. 

Alamat: Jl. Melati Selatan, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 15.30 – 22.30
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi ayam
Telepon: 024-3548206

3. Nasi Ayam Bu Nyoto

Nasi Ayam Bu Nyoto, nasi ayam di semarang

Riska Dhenabayu/Google Review

Nasi Ayam Bu Nyoto merupakan salah satu tempat makan nasi ayam terkenal di Semarang yang legendaris. 

Seporsi Nasi Ayam Bu Nyoto udah termasuk sayur labu siam, krecek, potongan tahu, suwiran ayam, dan telor pindang. Kamu juga bakal dapet kuah santan yang disajikan di wadah terpisah. 

Untuk rasanya, nasi ayam di Semarang ini dominan manis, kayak makanan khas Jawa Tengah lainnya. Tapi jangan khawatir, rasa gurih dan pedesnya tetap berasa, kok!

Pengen makan di sini? Tempatnya cukup gampang buat dicari karena gak jauh dari Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Dari sana, kamu bisa jalan kaki sejauh 650 meter buat ke Nasi Ayam Bu Nyoto. 

Alamat: Jl. MT. Haryono, Semarang Selatan, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.30 – 09.00 dan 17.30 – 21.00 (Minggu buka 06.30 – 09.00)
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi ayam

4. Nasi Ayam Mbak Milih

Nasi Ayam Mbak Milih, nasi ayam di semarang

Subiyanto Totok/Google Review

Walaupun gak sepopuler nasi ayam di Semarang lainnya, kualitas dan rasa dari Nasi Ayam Mbak Milih patut diperhitungkan. Harganya juga tergolong merakyat, yaitu Rp12.000-an untuk seporsi nasi ayam. 

Isi nasi ayamnya cukup lengkap, mulai dari tahu, telor, jipang, sampai krecek. Kuah santannya pekat dan gurih banget rasanya!

Kalau kamu mau pedes, Nasi Ayam Mbak Milih juga menyediakan cabe yang bisa kamu campur biar makin mantap. 

Alamat: Jl. Majapahit No. 131, Gayamsari, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 17.00 – 23.00
Harga: Rp15.000/orang
Menu favorit: Nasi ayam
Telepon: 0813-2676-4875

5. Nasi Ayam Yu Nah

Nasi Ayam Yu Nah, nasi ayam di semarang

Christopher Wang/Google Review

Nasi Ayam Yu Nah adalah warung nasi ayam di Semarang yang gak pelit ngasih topping! Seporsi nasi ayam di sini udah include sayur labu siam, telor rebus, tahu bacem, suwiran ayam, dan kuah santan yang kental. Cita rasanya manis dan gurih, bikin ngiler!

Biar makin mantep, kamu bisa minta tambahin sayur labu siam yang ada cabe rawitnya. Jangan lupa pesen sate-satean juga biar makin puas.

Lokasi nasi ayam terdekat dari Stadion Diponegoro ini ada di kaki lima dan hampir selalu rame. Makanya kamu disaranin buat dateng di awal jam buka biar kebagian tempat duduk. 

Dari Stadion Diponegoro, kamu cuma perlu jalan kaki sejauh 350 meteran lewat Jl. Stadion Utara buat ke Nasi Ayam Yu Nah. Lokasinya ada di sebelah kiri jalan, ya.

Alamat: Jl. MT. Haryono. No. 533A, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 17.30 – 22.00
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi ayam
Telepon: 0857-4015-8006

6. Nasi Ayam Kemuning Mbak Jum

Nasi Ayam Kemuning Mbak Jum, nasi ayam di semarang

Martin Gunawan/Google Review

Nasi Ayam Kemuning Mbak Jum juga menghidangkan nasi ayam dengan porsi yang cukup ngenyangin dan topping beragam. 

Nasi ayamnya dihidangkan di atas wadah daun pisang. Isiannya ada suwiran ayam, tahu bacem, sayur labu siam, telor pindang, dan kuah areh. 

Selain itu, nasi ayam di Semarang ini nawarin banyak menu pelengkap yang enak-enak, kayak sate telor, sate ati, sate usus, sampai sate ampela. 

Gak cuma nasi ayam, Nasi Ayam Kemuning Mbak Jum punya lontong opor yang gak kalah menarik. Tertarik untuk makan di sini? 

Alamat: Jl. Anjasmoro Raya No. 31 – 131, Semarang Barat, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.30 – 22.30
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi ayam, lontong opor
Telepon: 0812-2804-2929

7. Nasi Ayam Bu Sulami

Nasi Ayam Bu Sulami, nasi ayam di semarang

Andreas Setiono/Google Review

Kalau kamu lagi laper banget dan pengen makan nasi ayam dengan porsi yang besar, dateng aja ke Nasi Ayam Bu Sulami di Jl. Pasirmas Raya, Semarang Utara. 

Ngomongin rasanya, nasi ayam di Semarang ini dominan manis dan gurih. Biarpun harganya murah, toppingnya cukup banyak, seperti telor bacem, tahu, krecek, suwiran ayam, hingga sayur jipang. 

Sebelum disajikan ke pembeli, nasi ayamnya bakal dibanjirin sama kuah opor yang gurih pol. 

Biar makin mantap, kamu juga bisa beli menu pelengkap dan aneka jajanan di Nasi Ayam Bu Sulami, kayak sate usus, sate jantung, sate ati, uritan, bakso tahu, lemper, hingga lumpia. 

Alamat: Foodcourt Pasirmas, Jl. Pasirmas Raya, Semarang Utara, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.30 – 12.00
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi ayam

8. Nasi Ayam Bu Sami

Nasi Ayam Bu Sami, nasi ayam di semarang

Seno Toni/Google Review

Cari nasi ayam di Simpang Lima Semarang? Salah satu yang paling populer dan enak adalah Nasi Ayam Bu Sami. 

Gak kayak kebanyakan nasi ayam di Semarang lainnya, Nasi Ayam Bu Sami buka dari 23.00 sampai 05.30 pagi. Buat kamu yang suka cari kuliner malam Semarang, tempat ini bisa jadi opsi menarik . 

Kalau kamu kurang suka nasi ayam yang cita rasanya manis, Nasi Ayam Bu Sami adalah pilihan yang tepat. Soalnya, rasa nasi ayam di sini dominan gurih. 

Seporsi nasi ayam di sini dilengkapi sama suwiran ayam, kuah, krecek, dan telor. Sate-sateannya juga banyak, kayak sate kulit hingga sate uritan. 

Kalau kamu ngerasa kurang pedas, warung nasi ayam di Semarang ini menyediakan cabe rawit muda yang bisa dicampur bareng nasi ayam. 

Alamat: Pojok Matahari Simpang Lima, Jl. Simpang Lima, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 23.00 – 05.30
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi ayam
Telepon: 0813-2655-9966

9. Nasi Ayam & Koyor Bu Mar

Nasi Ayam & Koyor Bu Mar, nasi ayam di semarang

Elsa/Google Review

Penasaran sama sensasi makan nasi ayam pake koyor (urat kaki sapi) yang chewy? Langsung aja dateng ke Nasi Ayam & Koyor Bu Mar di Jl. MT. Haryono No. 514, Semarang Tengah. 

Horego Aplikasi Cari Makanan

Selain telor bacem, nasi ayam di Semarang ini disajikan sama suwiran ayam, sayur jipang, dan sayur gori (nangka muda) yang lezatnya bukan main. 

Nah, kalau mau makin lengkap, kamu bisa tambah gudeg koyor yang jadi salah satu menu favorit di sini. 

Nasi Ayam & Koyor Bu Mar juga nawarin olahan ceker yang enak buat disantap sama nasi ayam. Kalau bisa, kamu jangan datang terlalu malam karena cekernya cepet abis.

Alamat: Jl. MT. Haryono No. 514, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 18.00 – 24.00
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi ayam, ceker, gudeg koyor
Telepon: 0896-5590-1601

10. Nasi Ayam Mbak Harni

Nasi Ayam Mbak Harni, nasi ayam di semarang

Imanuel Suharto/Google Review

Seporsi Nasi Ayam Mbak Harni tergolong lengkap, mulai dari suwiran ayam, nasi gurih, sambel goreng jipang, kuah opor, tahu bacem, dan telor pindang yang manis gurih. 

Kalau mau nambah lauk lainnya, kamu bisa pilih sate telor puyuh, sate usus, sate rempele, sate ati, hingga gorengan. 

Terus, kamu juga bisa nambah tahu bacem, tahu kuning, sayap ayam, dan telor bacem dengan kuah.

Kuah santannya gak terlalu kental, tapi rasa gurihnya masih dapet banget. Harganya juga gak mahal, yaitu Rp10.000-an doang!

Alamat: Jl. Brumbungan Raya No. 7, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 17.00 – 21.30
Harga: Rp10.000/orang
Menu favorit: Nasi ayam
Telepon: 0877-7998-1515

Cari kuliner di Semarang lainnya? Langsung aja cek di Horego! Selain rekomendasi nasi ayam di Semarang, ada bakmi Jawa di Semarang dan nasi goreng babat di Semarang

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.