10 Rekomendasi Tahu Petis di Semarang yang Paling Enak dan Terkenal

February 5, 2024

Share to:

Tahu Petis Yudhistira, tahu petis semarang

Daftar Isi

Tahu petis adalah jajanan khas Semarang berupa tahu pong goreng yang bagian dalamnya diisi dengan saos petis. Rasanya yang gurih, asin, dan manis bikin jajanan ini disukai banyak orang. Buat kamu yang lagi nyari tahu petis di Semarang paling enak, simak rekomendasinya dari Horego berikut ini, ya!

1. Tahu Petis Prasojo

Tahu Petis Prasojo, tahu petis di semarang

Indrawanid/Google Review

Salah satu tahu petis di Semarang yang paling populer adalah Tahu Petis Prasojo. Mereka udah buka sejak tahun 1980-an dan masih laris hingga sekarang. 

Tahu Petis Prasojo Semarang menyajikan tahu dengan bumbu petis di dalamnya. Biar makin mantap, kamu bisa makan tahu petis dengan cabe rawit hijau yang pedas maksimal!

Berbeda dari kebanyakan tahu petis di Semarang lainnya, Tahu Petis Prasojo ternyata memproduksi tahunya sendiri agar rasa dan kualitasnya terjaga. 

Gak cuma tahu petis aja, warung tahu petis terdekat dari Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang ini juga menyediakan berbagai jajanan lain, kayak mendoan, tahu susu, pisang goreng, lumpia, sampai tahu bakso. 

Alamat: Jl. Simpang Lima, Semarang Selatan, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 15.30 – 23.00
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Tahu petis
Telepon: 0823-2708-6967

2. Tahu Petis Mataram

Tahu Petis Mataram, tahu petis di semarang

Novia Indravati/Google Review

Tahu Petis Mataram punya ciri khas yang bikin tahu petisnya beda dari tahu petis di Semarang lainnya, yaitu tahu yang lebih tebel. 

Saos petisnya juga gak pelit. Jadi pas kamu gigit, saosnya bakal lumer dan berasa banget di mulut!

Ngomongin rasa petisnya, Tahu Petis Mataram Semarang menyajikan saos petis yang cita rasanya manis dan gurih. Aroma bawang putih di petisnya juga cukup kuat, lho!

Selain tahu pong, kamu juga bisa beli aneka gorengan yang diolesin saos petis. Kamu pun bisa ambil saos petis sepuasnya sambil menikmati gorengan. Mantap banget, kan?

Oh iya, cabang Tahu Petis Mataram cuma ada satu, yaitu di Jl. MT Haryono No. 724, Semarang Tengah. Lokasinya gak jauh dari Stadion Diponegoro, yaitu sekitar 550 meter. 

Alamat: Jl. MT. Haryono No. 724, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 17.00 – 21.30
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Tahu petis
Telepon: 0851-0228-1777

3. Tahu Petis Yudhistira

Tahu Petis Yudhistira, tahu petis di semarang

Dwi Suseno/Google Review

Tahu petis di Semarang lainnya yang wajib kamu datengin adalah Tahu Petis Yudhistira. Tempatnya gak jauh dari Universitas Dian Nuswantoro alias Udinus. 

Sesuai namanya, Tahu Petis Yudhistira terletak di Jl. Yudistira No. 21, Semarang Tengah. Warung tahu petis ini kerap menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung karena rasanya terbukti nikmat. 

Cita rasa asin dari tahu berpadu sempurna dengan rasa manis dari saos petisnya. Tekstur tahunya pun lembut banget dan enak buat dikunyah. 

Saking enaknya saos petis di sini, Tahu Petis Yudhistira juga jual saos ini secara terpisah. Buat kamu yang suka makan gorengan atau camilan lain dengan saos petis, beli aja di sini!

Untuk harga tahu petisnya, Tahu Petis Yudhistira Semarang gak mematok harga yang mahal, yaitu Rp3.500-an aja per tahu. Terjangkau banget, kan?

Alamat: Jl. Yudistira No. 21, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 09.00 – 20.00
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Tahu petis, saos petis
Telepon: 0812-8990-0123

4. Tahu Petis Jaliteng

Tahu Petis Jaliteng, tahu petis di semarang

Budi Santoso/Google Review

Keunikan Tahu Petis Jaliteng adalah kamu bisa memilih rasa saos petisnya sesuai selera. Tempat makan tahu petis di Semarang ini punya varian saos petis manis, petis pedas, hingga petis extra bawang. 

Daya tarik lain dari Tahu Petis Jaliteng adalah kamu bisa minta saos petis sebanyak yang kamu mau. Dijamin puas dan gak bakal rugi, deh!

Varian tahu yang disajikan ada dua, yaitu tahu petis dan tahu crispy. Pilihannya lengkap banget, kan?

Tahu petis di Semarang ini juga bisa dijadiin oleh-oleh karena dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama. 

Alamat: Jl. Gajahmada, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 11.00 – 22.00
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Tahu petis
Telepon: 0819-1555-3599

5. Tahu Petis Bu Aning

Tahu Petis Bu Aning, tahu petis di semarang

Henky History Masker/Google Review

Tahu Petis Bu Aning adalah salah satu kedai tahu petis di Semarang paling enak yang bisa kamu cobain. 

Bumbu petisnya royal banget dan tahunya pun maknyus pol. Biarpun tahunya tebel, minyaknya gak terlalu banyak, lho! Ada juga tahu crispy yang bisa kamu cocolin sama saos petis. Lengkap banget pokoknya!

Selain itu, bumbu petis yang dimasukin ke dalam tahunya juga wangi dan gurih. Cita rasanya pun gak cuma manis doang. 

Kalau kamu mau bawain oleh-oleh tahu petis buat keluarga atau teman tercinta, Tahu Petis Bu Aning menyediakan tahu yang divakum dan bisa tahan lama. 

Alamat: Jl. Delta Mas VII No. 56, Semarang Utara, Semarang
Jam buka: Senin – Sabtu, pukul 08.00 – 20.00 (Minggu tutup)
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Tahu petis, tahu crispy petis
Telepon: 0877-3662-1530

6. Tahu Petis Deku Kitchen

Tahu Petis Deku Kitchen, tahu petis di semarang

Atika Mutiarachim/Google Review

Tahu Petis Deku Kitchen menyajikan tahu petis yang berukuran besar. Saos petisnya punya aroma dan rasa bawang putihnya kuat. Petisnya juga gak pelit dan lumer saat tahunya digigit. 

Tahu petis yang dihidangkan juga selalu fresh. Kamu bisa telepon dulu penjualnya untuk minta tahunya digoreng supaya bisa kamu makan pas masih anget. 

Setiap pembelian tahu petis di Deku Kitchen, kamu bakal dapet cabe rawit hijau yang pas banget jadi pelengkap.

Selain tahu petis, makanan khas Semarang lain yang bisa kamu beli di sini adalah lumpia, bandeng kropok, kunir asem, tahu isi, sampai cincau serut. 

Alamat: Jl. Tirtoyoso Batas No. 63, Semarang Timur, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 08.00 – 20.00
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Tahu petis, lumpia
Telepon: 0815-4252-7364

7. Tahu Petis Lestari

Tahu Petis Lestari, tahu petis di semarang

Danu Wijaya/Google Review

Tahu Petis Lestari adalah warung tahu petis di Semarang yang juga nawarin banyak gorengan, kayak tempe mendoan, bakwan goreng, tape, ubi, pisang, sampai sukun. 

Uniknya, gak cuma tahu aja yang bisa dikasih bumbu petis. Di Tahu Petis Lestari, kamu bisa makan tempe mendoan pake bumbu petis. 

Warung tahu petis di Semarang yang selalu ramai pas bulan puasa ini lokasinya deket sama Museum Ranggawarsita yang terkenal di Semarang. Dari situ, kamu cuma perlu jalan kaki sejauh 550 meter buat ke Tahu Petis Lestari. 

Alamat: Jl. WR Supratman, Semarang Barat, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 14.00 – 23.00
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Tahu petis

8. Tahu Petis Bawang Mba Cendol

Tahu Petis Bawang Mba Cendol, tahu petis di semarang

Ayu Cendol/Google Review

Bisa dibilang kalau Tahu Petis Bawang Mba Cendol adalah tempat beli tahu petis di Semarang yang hidden gem. Lokasinya ada di dalam perumahan, tapi mudah diakses, kok!

Rasa tahu petisnya juara banget. Tekstur tahunya lembut dan bumbu petisnya dominan bawang putih yang gurih. 

Kalau kamu take away, bumbu petisnya bakal dipisah dalam wadah mangkok plastik berukuran kecil. Ada juga tahu yang di dalamnya udah diisi sama bumbu petis. 

Gak cuma itu, kamu juga bakal dikasih cabe rawit hijau dalam plastik. Pengemasannya rapih banget!

Alamat: Jl. Murti Wangi No. 116, Pedurungan, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 08.00 – 23.00
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Tahu petis
Telepon: 0878-3233-3480

9. Tahu Walik Petis Pedas

Tahu Walik Petis Pedas, tahu petis di semarang

Ira Febriyani Laelatus Solekah/Google Review

Kedainya emang kecil, tapi tahu petis yang ditawarin Tahu Walik Petis Pedas gak kalah sama tahu petis terkenal lainnya di Semarang. 

Horego Aplikasi Cari Makanan

Konsep kedainya cukup unik karena menggunakan container berwarna biru muda yang cantik. Di sekelilingnya juga banyak pepohonan, jadi kamu bisa nyantai sambil makan tahu petis yang nikmat.

Tahu Walik Petis Pedas menyajikan tahu petis yang teksturnya renyah di luar dan lembut di dalam. Bumbu petisnya juga pedes, nikmat banget buat dijadiin cemilan!

Sesuai nama tempatnya, kamu juga bisa nyobain tahu walik dengan bermacam-macam rasa, kayak BBQ, seaweed, balado, keju, hingga spicy. 

Lokasinya gak jauh dari Universitas Diponegoro Kampus Pleburan. Kalau kamu lewat Jl. Hayam Wuruk, kamu cuma perlu menempuh jarak sekitar 260 meter atau 3 menitan buat ke Tahu Walik Petis Pedas. 

Alamat: Jl. Hayam Wuruk, Semarang Selatan, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 13.00 – 21.00 (Rabu tutup)
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Tahu petis, tahu walik
Telepon: 0813-2560-6271

10. Tahu Petis Bintang Timur

Tahu Petis Bintang Timur, tahu petis di semarang

Ariyanto Setiawan/Google Review

Berbagai macam olahan tahu bisa kamu beli di Tahu Petis Bintang Timur. Selain tahu petis, ada wedang tahu, tahu susu, sampai tahu goreng.

Tahu gorengnya lezat banget, gak pake bumbu pun rasanya udah nikmat. Kalau kamu makan di tempat, kamu bisa request kecap atau bumbu petis yang enaknya nampol. 

Tapi kalau kamu mau makan di tempat, kamu harus nunggu tahunya mateng dulu. Soalnya, tahunya baru digoreng di sini kalau ada yang mesen alias dadakan. Untungnya, kamu bisa makan tahu yang masih fresh dan panas. 

Harganya juga gak mahal, yaitu sekitar Rp20.000-an untuk 5 biji tahu petis. Nice deal banget, kan?

Alamat: Jl. Petempen No. 329A, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Selasa – Minggu, pukul 07.00 – 21.00 (Senin tutup)
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Tahu petis, tahu goreng
Telepon: 0819-0555-5555

Lagi nyari kulineran di Semarang yang enak dan lezat? Selain tahu petis di Semarang, kamu bisa cek rekomendasi tahu gimbal di Semarang, kuliner malam Semarang, bakmi Jawa di Semarang, sampai nasi goreng babat di Semarang

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.