10 Rekomendasi Seafood di Semarang, Rasanya Bintang Lima!

January 30, 2024

Share to:

Daftar Isi

Sebagai kota yang letaknya yang gak jauh dari laut atau pesisir, Semarang punya banyak restoran seafood yang nawarin makanan laut fresh dan beragam. Gak cuma itu, rasanya juga mantap! Buat kalian yang lagi nyari restoran seafood di Semarang, baca rekomendasi dari Horego sampai habis, ya!

1. Seafood Pak Sangklak 

Seafood Pak Sangklak, seafood di semarang

Rosemarry Gouw/Google Review

Gak lengkap kalau ngebahas seafood di Semarang tanpa mention Seafood Pak Sangklak. Restoran yang terletak di Jl. Telagamas Raya No. B1, Semarang Utara, ini punya menu yang cukup lengkap.

Pilihan menu kepitingnya ada jantan, telor, sampai telor super. Bumbunya banyak banget, mulai dari asem manis, saos tiram, hingga saos mentega. 

Untuk ikannya, restoran Seafood Pak Sangklak Semarang menghidangkan kakap putih, kakap merah, kerapu, kerapu lodi, baronang, gurame, sampai kuwe. Kamu bisa minta ikannya digoreng kering, dibakar, atau disajikan dengan sup. 

Ada juga cumi-cumi, cah kangkung, cah toge, dan macam-macam olahan udang yang rasanya gak perlu diragukan lagi.

Alamat: Jl. Telagamas Raya No. B1, Semarang Utara, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 10.00 – 21.00
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Kerang srimping, ikan bakar, kepiting
Telepon: 0813-9007-7772

2. Kurnia Seafood

Kurnia Seafood, seafood di semarang

Bambang Haryanto Saputro/Google Review

Gak cuma makanannya aja yang enak, Kurnia Seafood Semarang juga menawarkan restoran yang nyaman dan estetik. 

Salah satu menu recommended di restoran seafood di Semarang ini adalah cumi dan udang telor asin yang gurih dan bikin ngiler. Pas banget buat disantap bareng nasi anget!

Selain itu, ada ikan bakar saos kurnia yang cukup unik karena dimasak dengan kecombrang. Wajib cobain!

Berbagai menu yang ditawarkan restoran seafood di Semarang ini juga fresh dan gak bau amis. Jadi, kamu bisa makan dengan aman dan nyaman!

Alamat: Jl. Kompol Maksum No. 300, Semarang Selatan, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 11.00 – 22.00
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Cumi telor asin, udang telor asin, ikan bakar saos kurnia
Telepon: 0813-3950-5758

3. Gama Ikan Bakar & Seafood

Gama Ikan Bakar & Seafood, seafood di semarang

Niken Setyaningrum/Google Review

Olahan menu ikan di Gama Seafood Semarang banyak banget. Ada bawal putih bakar, bawal hitam bakar pedas, ikan kuah asam, gurame masak kuning, cakalang garo, bandeng kropok cabut duri, sampai gurame bakar manis. 

Untuk kepiting, restoran seafood di Semarang ini nawarin kepiting saos gama, kepiting lemburi goreng tepung, kepiting raja, sampai kepiting lada hitam. 

Kalau udangnya, kamu bisa cobain udang goreng tepung yang mantap. Olahan cuminya juga variatif, mulai dari cumi saos tinta hitam, cumi saos gama, sampai cumi telor asin. 

Untuk menu sayur dan tumisan, pilihannya ada sayur asem, cah kangkung, plecing kangkung Semarang, cah bunga pepaya, oseng genjer, sampai toge ikan asin. 

Alamat: Jl. MT. Haryono No. 870A, Semarang Selatan, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.00 – 22.00
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Gurame bakar, cumi telor asin, bandeng kropok
Telepon: 024-8455005

4. Krabe

Krabe, seafood di semarang

James/Google Review

Cari restoran seafood enak di Semarang yang menu kepitingnya lengkap banget? Gak usah bingung, kamu bisa langsung mampir ke Krabe!

Ada delapan menu olahan kepiting yang mantap dan cocok banget buat dimakan bareng-bareng, kayak kepiting soka cabe garam, kepiting saos Singapore, kepiting saos Padang, kepiting telor asin, kepiting tauco, sampai kepiting rebus. 

Menu olahan guramenya juga gak kalah lengkap, ada gurame pesmol, gurame bakar rica, gurame bakar, sampai gurame goreng. Ada juga ikan mutiara yang dimasak dengan bumbu Manado dan ikan kwe bakar rempah. 

Beralih ke kerang, pilihannya ada kerang hijau dengan saos rica dan saos Padang hingga kerang srimping yang digoreng dan dimasak dengan saos Padang. 

Alamat: Jl. Gajahmada, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 09.30 – 22.00
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Kepiting telor asin, udang madu, udang saos padang
Telepon: 024-86400999

5. Horapa Seafood & Thai Kitchen

Horapa Seafood & Thai Kitchen, seafood di semarang

Ian Otard Kognac/Google Review

Lagi cari restoran seafood di Semarang yang makanannya disajikan dengan bumbu Thailand? Dateng aja ke Horapa Seafood & Thai Kitchen!

Salah satu menu andalan di Horapa Seafood & Thai Kitchen adalah gurame saos nanas. Perpaduan antara rasa manis dan gurihnya juara banget! Cita rasa asam dari buah nanas juga menambah kenikmatan sajian ini. 

Selain itu, ada gurame saos mangga dan saos belimbing yang gak kalah nikmat. Unik-unik dan enak rasanya!

Biarpun dimasak dengan bumbu khas Thailand, rata-rata masakan yang disajikan restoran seafood di Semarang ini cocok di lidah orang Indonesia. Jadi, kamu gak perlu ragu buat cobain, ya!

Alamat: Jl. Gajah Mungkur Selatan No. 15A, Gajahmungkur, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.00 – 22.00
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Gurame saos nanas
Telepon: 0819-0111-5758

6. Pondok Seafood & Bakaran Fajar

Pondok Seafood & Bakaran Fajar, seafood di semarang

Reny Ingemer Selvia/Google Review

Pondok Seafood & Bakaran Fajar adalah restoran seafood di Semarang yang dikenal punya sajian kerang mantap. 

Gak percaya? Kamu bisa cobain kerang srimping asem manisnya. Ukuran kerangnya emang kecil, tapi porsinya banyak! Cita rasa asam dan manisnya bikin ketagihan!

Terus, jangan lupa cobain kerang bambunya. Porsinya gak kalah banyak dan rasanya enak banget. Recommended buat dipesen!

Ada juga kerang batik saos mentega buat kamu yang lagi pengen makan hidangan gurih dan asin. Dimakan sama nasi juga asyik, lho.

Walaupun terkenal dengan menu kerangnya, restoran seafood di Semarang ini punya cumi, udang, kepiting, dan ikan yang maknyus banget.

Alamat: Jl. Hasanudin No. G1, Semarang Utara, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 14.00 – 23.00
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Kerang srimping asem manis, kerang bambu, kerang batik saos mentega
Telepon: 0822-2646-7609

7. Kepiting Nyoto Roso

Kepiting Nyoto Roso, seafood di semarang

Robert Suryadinata/Google Review

Sesuai namanya, Kepiting Nyoto Roso adalah restoran seafood di Semarang spesialis menu olahan kepiting. Salah satu menu paling favorit di sini adalah kepiting tauco jantan. 

Kamu bisa pilih kepitingnya mau digoreng dulu atau gak sebelum disiram sama saos tauco. Kalau mau cita rasanya fresh dan manis, kamu bisa request buat gak digoreng.

Biar makin lengkap, kamu juga bisa pesen kangkung terasi buat jadi side dish. Kombinasi antara daging kepiting, sayur kangkung, dan nasi anget gak bakal ada lawannya!

Lokasinya gak jauh dari Whiz Hotel Pemuda Semarang. Dari hotel bintang 4 ini, kamu bisa jalan kaki sejauh 230 meter atau sekitar 3 menit buat ke Kepiting Nyoto Roso. 

Alamat: Jl. Taman Beringin No. 22, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Kamis – Minggu, pukul 11.00 – 22.00
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Kepiting tauco jantan
Telepon: 0822-2121-7888

8. Restoran Tanjung Laut

Restoran Tanjung Laut, seafood di semarang

Maya Novita/Google Review

Restoran Tanjung Laut cocok buat jadi tempat makan buat kumpul keluarga karena suasananya cozy dan menunya beragam. Lokasinya gak jauh dari Bandara Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani, cuma 1 km aja.

Gak cuma makanannya yang enak, Restoran Tanjung Laut juga menyediakan fasilitas pemancingan. Kamu bisa mancing ikan bandeng secara langsung, lho!

Beberapa menu favorit di sini adalah cah baby kailan sapi, gurame bumbu rujak, bandeng kropok, gurame telor asin, sampai gurame spesial khas tanjung laut. 

Tempatnya juga estetik dengan ornamen yang didominasi kayu. Cocok banget buat foto bareng keluarga besar!

Alamat: Jl. Puri Eksekutif No. 1, Semarang Barat, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 11.00 – 21.00
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Gurame spesial khas tanjung laut, gurame telor asin
Telepon: 024-7617797

9. Restoran Kampung Laut 

Restoran Kampung Laut, seafood di semarang

B/Google Review

Sensasi makan seafood di pinggir laut emang gak ada yang ngalahin. Angin laut yang sepoi-sepoi dan pemandangan laut yang indah bakal bikin pengalaman makanmu makin asyik!

Nah, buat kamu yang lagi ada di Semarang dan pengen makan seafood di pinggir laut, dateng aja Restoran Kampung Laut di Puri Maerokoco Tawang Mas. 

Kalau kamu bingung mau pesen apa, cobain bandeng kropok yang jadi favorit banyak pengunjung. Dagingnya gurih dan durinya pun halus. 

Kalau mau olahan seafood yang cita rasanya asem dan gurih, kamu bisa pesen gurame rujak Jawa. Menu gurame fillet ini disajikan dengan bumbu rujak yang ada rasa pedasnya. 

Alamat: Puri Maerokoco Tawang Mas, Jl. Anjasmoro Raya, Semarang Barat, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 11.00 – 22.00
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Bandeng kropok, gurame rujak Jawa
Telepon: 024-7625988

10. Afterbreak Seafood

Afterbreak Seafood, seafood di semarang

Afterbreak Seafood/Google Review

Pecinta lobster merapat! Kalau kamu lagi di Semarang, kamu bisa langsung mampir ke Afterbreak Seafood

Salah satu menu paling favorit dari restoran seafood di Semarang ini adalah lobster premium. Gak cuma lobster, seporsi menu ini udah include kepiting jawa, cumi, kerang ijo, kerang batik, kerang tahu, udang vanami, dan potongan jagung. 

Kamu juga bisa nentuin sendiri mau pakai bumbu apa. Kalau mau yang pedes, bisa coba saos asam manis, saos Padang, atau saos lada hitam. 

Untuk yang gak pedes, Afterbreak Seafood punya saos mentega, saos tiram, saos nelayan, atau goreng tepung. 

Lokasinya cukup strategis karena gak jauh dari Tugu Soeharto. Dari situ, kamu bisa jalan kaki sejauh 200 meter ke Afterbreak Seafood. 

Alamat: Jl. Menoreh Raya No. 81, Gajahmungkur, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 11.00 – 23.00
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Lobster premium
Telepon: 0813-9393-4451

Itulah sederet rekomendasi restoran seafood di Semarang yang bisa kamu kunjungin. Kalau kamu lagi cari restoran seafood lainnya, kayak restoran seafood Jakarta, seafood Bandung, atau seafood Bogor, langsung aja cek di Horego, ya!

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.