10 Rekomendasi Soto di Semarang Terenak, Nyesel Kalo Gak Nyoba!

January 30, 2024

Share to:

Soto Ayam & Ayam Goreng Pak Harto, soto di semarang

Daftar Isi

Semarang punya banyak kuliner enak yang wajib kamu cobain. Salah satunya soto yang cukup populer dan diburu banyak orang. Nah, buat kamu yang lagi cari soto di Semarang yang paling mantap sekaligus gak bikin nyesel, baca rekomendasi dari Horego ini sampai habis, ya!

1. Soto Bangkong

Soto Bangkong, soto di semarang

Nurul/Google Review

Soto Bangkong adalah soto di Semarang dengan daging ayam empuk dan kuah bening segar. Kamu bisa menyantapnya dengan macam-macam sate yang ditawarkan di sini, seperti telor puyuh, kerang, usus, dan tempe. 

Gak cuma itu, masih banyak menu pelengkap lainnya yang bisa kamu makan bareng soto, misalnya ayam goreng dan otak-otak bakar. 

Per porsinya, soto bangkong dilengkapi sama suwiran daging ayam, potongan tomat, bihun, toge, dan bawang putih. Biar makin nikmat, kamu bisa campurin nasi langsung ke dalam kuah soto. 

Lokasi Soto Bangkong Semarang gak jauh dari Lapangan Pancasila Simpang Lima yang populer di Semarang. Kalau naik kendaraan, kamu cuma perlu menempuh waktu sekitar 4 menit buat sampai ke tempat makan soto terkenal di Semarang ini. 

Alamat: Ruko Bangkong Plaza, Jl. Brigjen Katamso No. 1, Semarang Selatan
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.00 – 22.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Soto bangkong, sate kerang
Telepon: 024-8412842

2. Soto Mbak Lin

Soto Mbak Lin, soto di semarang

Harry Widyantoro/Google Review

Soto Mbak Lin adalah soto ayam di Semarang khas Kudus yang disajikan dalam mangkok berukuran kecil. 

Kuahnya agak kekuningan dengan topping bawang goreng renyah yang bikin cita rasanya gurih. Supaya makin sedap, warung soto di Semarang ini juga menyediakan kecap, sambel, dan jeruk nipis yang bisa kamu tambahkan. 

Untuk menu pelengkapnya, Soto Mbak Lin menyajikan sate-satean, perkedel kentang, tempe goreng, dan paru goreng. Khas soto Kudus banget pokoknya!

Lokasi soto enak di Semarang ini deket sama Simpang Lima Plaza. Dari situ, kamu tinggal jalan kaki sejauh 180 meter atau sekitar 2 menit buat sampai di Soto Mbak Lin. 

Alamat: Jl. Kyai Haji Ahmad Dahlan No. 15, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.00 – 22.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Soto Kudus, perkedel kentang

3. Soto Ayam Dargo Pak Wito

Soto Ayam Dargo Pak Wito, soto di semarang

Bibs/Google Review

Kalau kamu lagi cari soto khas Semarang, kamu bisa mampir ke Soto Ayam Dargo Pak WitoSeporsi soto di sini udah include suwiran ayam yang cukup banyak, irisan daun bawang, bawang goreng, dan nasi putih.

Biar makin enak, kamu bisa racik sendiri dengan sambel, kecap, dan jeruk nipis yang udah disediain di atas meja. 

Soto di Semarang ini kuahnya bening dan rasanya dominan gurih. Kamu bisa pilih porsinya, mau kecil atau besar. Terus, menu pelengkapnya juga melimpah, kayak tempe, perkedel, dan sate-satean. 

Oh iya, menu pelengkap di atas disajikan secara prasmanan. Setelah pesen soton, kamu bisa langsung ambil sendiri sate-satean atau gorengannya. 

Alamat: Jl. Hasanudin Raya, Semarang Utara, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.00 – 21.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Soto ayam, sate-satean
Telepon: 0815-7564-1164

4. Soto Ayam Khas Semarang Pak Man

Soto Ayam Khas Semarang Pak Man, soto di semarang

Taufik Danadidjaja/Google Review

Ada juga warung soto legendaris di Semarang yang wajib kamu datengin. Namanya Soto Ayam Khas Semarang Pak Man

Kuah soto di Semarang ini terkenal seger banget. Porsinya pas dan cocok buat sarapan atau makan siang. Pelayanannya pun cepat, jadi kamu gak perlu nunggu terlalu lama. 

Toppingnya bermacam-macam, misalnya martabak telor, perkedel kentang, aneka sate, hingga bakwan jagung. 

Ada tips buat kamu biar sotonya makin maknyus. Kalau kamu pesen sate-satean, menu pelengkap ini disajikan sama kuah. Nah, kamu bisa campurin kuah dari sate ke dalam kuah sotonya. Dijamin ketagihan!

Alamat: Jl. Pamularsih Raya No. 32, Semarang Barat, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.00 – 19.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Soto ayam, sate-satean
Telepon: 0812-2827-7896

5. Soto Ayam Indraprasta Mas Met

Soto Ayam Indraprasta Mas Met, soto di semarang

Victor Sidjabat/Google Review

Soto Ayam Indraprasta Mas Met adalah soto di Semarang yang rasanya konsisten dari dulu sampai sekarang. Gak heran, soalnya langsung diracik sama sang penjualnya, yaitu Pak Slamet.

Setiap porsi soto di sini udah include suwiran ayam goreng, daun bawang, bihun, nasi, dan bawang putih yang digoreng. Kuahnya light dan maknyus banget, apalagi kalau udah diracik sama sambel, kecap, dan jeruk nipis. 

Jangan lupa cobain tempe gorengnya, ya! Biarpun udah gak panas, bagian luarnya tetep crispy. Pas banget buat dimakan sama kuah soto yang masih panas. 

Menu pelengkap lain yang wajib kamu cobain adalah sate ati, telor rebus, sate kulit, sampai sate kerang. Kamu bisa minta sate-sateannya disajikan sama kuah hitam. Terus kamu bisa campur kuah tersebut ke dalam kuah sotonya. 

Alamat: Jl. Indraprasta No. 30, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 15.00 – 22.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Soto ayam, sate-satean, gorengan
Telepon: 024-3560628

6. Soto Neon Pak Nie

Soto Neon Pak Nie, soto di semarang

Tyas WWM/Google Review

Buat kamu yang lagi cari soto di Semarang dengan kuah yang bening dan light, dateng aja ke Soto Neon Pak Nie yang hampir selalu rame. Sotonya dilengkapin sama suwiran ayam, bihun, bawang putih goreng, daun bawang, dan nasi. 

Kayak soto ayam khas Semarang pada umumnya, Soto Neon Pak Nie menyediakan aneka sate sebagai menu pelengkap, kayak sate telor puyuh, sate kerang, sate kulit, dan sate bagian tubuh ayam. Kamu bisa minta satenya disajikan di mangkok terpisah dengan kuah hitam yang lezat. 

Selain sate-satean, kamu juga bisa ambil perkedel kentang dan tempe goreng biar makin puas dan kenyang. 

Soto Neon Pak Nie menyajikan soto ayam dengan porsi kecil dan besar, jadi kamu bisa sesuaikan dengan selera.

Alamat: Jl. Pringgading No. 16, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.00 – 22.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Soto ayam
Telepon: 024-3565615

7. Soto Ayam & Ayam Goreng Pak Harto

Soto Ayam & Ayam Goreng Pak Harto, soto di semarang

Prio Prihono/Google Review

Kalau kamu cari soto di Semarang yang murah tapi rasanya bintang lima, gak usah mikir dua kali buat mampir ke Soto Ayam & Ayam Goreng Pak Harto di Jl. Kelud Raya No. 58, Gajahmungkur.

Seporsi kecil soto ayam ini dibanderol Rp13.000-an aja. Rasanya pun enak dan kuahnya nyegerin banget. Penyajiannya pun cepat.

Pilihan satenya juga cukup lengkap, mulai dari sate kerang sampai sate telor puyuh pindang, yang bisa kamu pesen bersama dengan kuah hitam. 

Menu pelengkap lain yang bisa kamu pesen adalah tempe goreng dan perkedel kentang yang dijamin bikin kamu tambah kenyang!

Sesuai nama tempatnya, kamu juga bisa pesen ayam goreng kremes dengan nasi putih di sini. Sambel merahnya juara!

Alamat: Jl. Kelud Raya No. 58, Gajahmungkur, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.00 – 21.00
Harga: Rp13.000/orang
Menu favorit: Soto ayam, sate-satean

8. Soto Lamongan Cak Har 

Soto Lamongan Cak Har, soto di semarang

Soto Lamongan Cak Har Semarang/Google Review

Soto Lamongan Cak Har yang terkenal di Surabaya juga punya cabang di Semarang. Lokasinya ada di Jl. Sriwijaya No. 102, Semarang Selatan. 

Soto di Semarang dengan kuah kuning ini tersedia dalam porsi kecil atau besar. Kalau pesen menu soto yang spesial, kamu bakal dapet tambahan jeroan yang enak pol. 

Bumbu koya dan potongan sayur kolnya free flow alias bisa kamu ambil sepuasnya. Untuk menu pelengkap, kamu bisa pesen gorengan, sate-satean, dan kerupuk. 

Tempat makan soto di Semarang ini cukup besar dan mewah. Kayak restoran keluarga yang cozy dan luas. Kalau kamu pengen ngajak keluarga atau temen buat makan soto Lamongan, tempat ini bisa jadi opsi yang tepat!

Alamat: Jl. Sriwijaya Baru No. 102, Semarang Selatan, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.30 – 21.00
Harga: Rp40.000/orang
Menu favorit: Soto Lamongan
Telepon: 024-76530596

9. Soto Ayam Pak Darno

Soto Ayam Pak Darno, soto di semarang

Harry Widyantoro/Google Review

Soto Ayam Pak Darno dikenal sebagai juaranya sate-satean yang biasa jadi pelengkap soto khas Semarang. Gak cuma sate telor puyuh, kamu juga bisa cobain sate kerang, sate uritan, hingga sate ayam.

Selain sate, kamu juga bisa pesan menu pelengkap lainnya, kayak telor pindang, tempe goreng, perkedel kentang, pangsit, martabak telor, dan tahu. 

Kecap manis yang disediain di atas meja juga spesial, yaitu kecap mirama yang terkenal di Semarang. Kalau kamu suka manis, jangan lupa tambahin kecapnya ke dalam kuah soto, ya!

Kuah sotonya seger banget dan porsinya juga cukup ngenyangin. Setiap jam makan, tempat ini selalu rame sama pengunjung. Jadi, sebaiknya kamu hindari jam-jam ini biar gak kelamaan ngantre.

Tempatnya gak jauh dari Lawang Sewu. Dari sana, kamu bisa naik kendaraan sejauh 1 km atau sekitar 4 menit buat ke Soto Ayam Pak Darno. 

Alamat: Jl. MH Thamrin No. 88, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.00 – 20.30
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Soto ayam
Telepon: 0858-6877-1916

10. Soto Ayam Pak Ra’An Khas Semarang

Soto Ayam Pak Ra'An Khas Semarang, soto di semarang

Ridwan Nur Prasetyo/Google Review

Udah buka sejak 1970 dan masih eksis hingga sekarang jadi bukti kalau kelezatan Soto Ayam Pak Ra’An Khas Semarang tetap terjaga. 

Soto ayam di Semarang ini rasanya lezat. Cita rasanya dominan ke gurih, cocok di lidah kebanyakan orang Indonesia. 

Menu pelengkapnya juga banyak, kayak tahu bakso, perkedel kentang, tempe goreng, sate kerang, sate ati, sampai sate telor puyuh. Kalau kamu pesen sate-satean, jangan lupa minta kuah hitamnya, ya!

Isian soto ayamnya juga cukup lengkap, kayak potongan tomat yang fresh, daun seledri dan daun bawang, sampai bawang goreng. 

FYI, suwiran ayam di sini pakai ayam kampung, lho. Gak perlu mikir dua kali buat nyobain soto di Semarang ini, ya!

Alamat: Jl. Wage Rudolf Supratman X, Semarang Barat, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 05.30 – 15.30
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Soto ayam, sate-satean
Telepon: 024-7618553

Selain soto di Semarang, masih banyak rekomendasi soto enak lainnya yang bisa kamu cek di Horego, misalnya soto Betawi Jakarta, soto ayam di Surabaya, sampai soto enak di Jogja

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.