10 Rekomendasi Tempat Sarapan di Semarang yang Enak dan Terkenal

February 13, 2024

Share to:

Warung Koyor Kota Lama, sarapan di semarang

Daftar Isi

Lagi nyari tempat sarapan di Semarang yang enak? Gak usah khawatir! Ada banyak banget kedai makan yang bisa kamu kunjungin, mulai dari nasi pindang, nasi gandul, sampai mie kopyok. Pengen tau di mana aja tempatnya? Baca rekomendasinya dari Horego ini, ya!

1. Nasi Gandul Bu Sri

Nasi Gandul Bu Sri, nasi gandul di semarang, sarapan di semarang

Nuy Channel (Nurul)/Google Review

Pengen nyari sarapan pagi di Semarang yang menyajikan daging dan jeroan sapi? Langsung aja mampir ke Nasi Gandul Bu Sri di Jl. Sambiroto Raya No. 91, Kecamatan Tembalang!

Kalau biasanya nasi gandul di Semarang bukanya sore atau malam, Nasi Gandul Bu Sri justru buka mulai dari jam 7 pagi. Jadi cocok banget buat kamu yang pengen sarapan dengan makanan berat. 

Nasi gandul ini disajikan dengan isian daging yang banyak. Terus, ada berbagai macam jeroan sapi yang bisa kamu pilih sebagai topping nasi gandulnya. 

Di atas mejanya pun disediain jeruk nipis yang bisa kamu peres ke dalam kuah nasi gandulnya. Cita rasa asemnya bikin kuahnya makin nikmat, lho!

Lokasi tempat makan sarapan di Semarang ini gak jauh dari Puskesmas Kedungmundu. Dari situ, kamu bisa jalan kaki sejauh 400 meteran atau sekitar 5 menitan buat sampai di Nasi Gandul Bu Sri. 

Alamat: Jl. Sambiroto Raya No. 91, Tembalang, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.00 – 21.30
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Nasi gandul, soto kemiri
Telepon: 0895-36166-2557

2. Nasi Pindang Spesial “Bu Yuli”

Nasi Pindang Spesial "Bu Yuli", nasi pindang di semarang, sarapan di semarang

Ratih Christina/Google Review

Beralih ke nasi pindang di Semarang, kamu bisa dateng ke Nasi Pindang Spesial “Bu Yuli” yang cocok jadi tempat sarapan pagi. 

Rekomendasi tempat sarapan pagi di Semarang ini menyajikan nasi pindang, yaitu nasi dengan daging yang disiram pake kuah pindang dan topping daun melinjo. Unik banget, kan?

Kuliner pagi di Semarang ini tergolong legendaris karena udah berjualan sejak tahun 1969. Jadi rasa dan kualitas nasi pindangnya gak perlu diraguin lagi!

Sebagai menu pelengkapnya, Nasi Pindang Spesial “Bu Yuli” menyediakan gorengan, seperti mendoan, tempe, hingga tahu. 

Selain nasi pindang, kamu juga bisa pesen soto sapi, nasi lodeh, dan sayur asem. 

Alamat: Jl. Lampersari No. 9, Semarang Selatang, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 08.00 – 19.30
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi pindang, nasi lodeh

3. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Mie Kopyok Pak Dhuwur, makan siang di semarang, mie kopyok di semarang, sarapan di semarang

Mie Kopyok Pak Dhuwur/Google Review

Lagi nyari tempat makan mie kopyok di Semarang buat sarapan pagi? Dateng aja ke Mie Kopyok Pak Dhuwur yang populer dan legendaris!

Kuah mie kopyok di sini terkenal light dan gurih. Topping sayur togenya juga renyah karena masih fresh. 

Seporsi sarapan khas Semarang ini dilengkapi dengan irisan tahu, remahan kerupuk gendar, sampai lontong. Perpaduan mie kuning dan lontongnya dijamin bikin kamu kenyang untuk menjalani aktivitas!

Tempat sarapan enak di Semarang ini gak mematok harga yang tinggi untuk seporsi mie kopyoknya, yaitu cuma Rp14.000-an aja! Jadi kamu gak perlu takut kantongmu bolong kalau makan di sini. 

Tempatnya juga gak jauh dari Stasiun Semarang Poncol. Dari situ, kamu tinggal nyebrang dan masuk ke Jl. Tanjung aja. Terus, kamu bisa lanjut jalan kaki sejauh 550 meter ke Mie Kopyok Pak Dhuwur. 

Alamat: Jl. Tanjung No. 18A, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 08.00 – 16.00
Harga: Rp14.000/orang
Menu favorit: Mie kopyok
Telepon: 0856-4137-2758

4. Gulai Bustaman Pak Sabar

Gulai Bustaman Pak Sabar, makan siang di semarang, sarapan di semarang

Anna/Google Review

Jika kamu lagi ngidam makan gulai buat sarapan, kamu tinggal mampir ke Gulai Bustaman Pak Sabar di Jl. Garuda, Kecamatan Semarang Utara. 

Buka dari jam 8 pagi, tempat sarapan di Semarang ini menyajikan gulai yang dimasak gak pake santan. Tapi tenang aja, rasa gurih dan nikmatnya tetap berasa dari rempah-rempahan dan serundeng kelapanya. 

Untuk isiannya, Gulai Bustaman Pak Sabar dilengkapi sama daging kambing dan jeroannya. Cocok banget didatengin kalau kamu pengen makan berat untuk sarapan pagi. 

Tempatnya juga cukup gampang buat ditemuin karena gak jauh dari Stasiun Semarang Tawang. Dari stasiun itu, kamu tinggal jalan kaki sejauh 500 meteran aja buat sampai di Gulai Bustaman Pak Sabar.

Alamat: Jl. Garuda, Semarang Utara, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 08.00 – 14.30
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Gulai kambing
Telepon: 0822-2095-4443

5. Soto Bangkong

Soto Bangkong, soto di semarang, makan siang di semarang, sarapan di semarang

Nurul/Google Review

Liburanmu di Semarang belom afdol kalau gak sarapan di Soto Bangkong!

Tempat sarapan di Semarang yang legendaris ini menyajikan soto dengan kuah bening yang seger banget. Isiannya ada daging ayam yang empuk, tomat, toge, dan bawang putih. 

Untuk menu pelengkapnya, soto di Semarang ini menyediakan sate-satean, kayak sate usus, sate kerang, dan sate telor puyuh. 

Kalau kamu tertarik buat sarapan di sini, kamu bisa naik kendaraan atau ojol lewat Lapangan Pancasila Simpang Lima. Dari situ, kamu cuma perlu menempuh waktu sekitar 4 menitan aja buat sampai di Soto Bangkong.

Alamat: Ruko Bangkong Plaza, Jl. Brigjen Katamso No. 1, Semarang Selatan, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.00 – 22.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Soto bangkong, sate kerang
Telepon: 024-8412842

6. Nasi Ayam Bu Pini

Nasi Ayam Bu Pini, nasi ayam di semarang, sarapan di semarang

Edom Wahyudi/Google Review

Banyak banget tempat sarapan di Semarang yang menyajikan menu khas masyarakat setempat. Kalau tadi ada mie kopyok dan nasi pindang, kali ini ada nasi ayam, yaitu nasi liwet yang dikasih suwiran ayam dan telor rebus, terus disiram kuah opor. 

Salah satu nasi ayam di Semarang yang populer adalah Nasi Ayam Bu Pini. Lokasinya ada di Gang Pinggir No. 75, Kecamatan Semarang Tengah. 

Seporsi nasi ayam di sini dilengkapi sama ayam, telor rebus, dan tahu bacem. Kalau kamu pengen nasi ayam yang pedes, kamu bisa minta sayur labunya. 

Gak cuma nasi ayam aja, tempat sarapan di Semarang ini juga menyediakan menu pelengkap, kayak sate-satean, gorengan, dan martabak telor. 

Lokasinya gak jauh dari Kelenteng Tong Pek Bio. Dari situ, kamu tinggal nyebrang aja buat sampai di Nasi Ayam Bu Pini. 

Alamat: Gang Pinggir No. 75, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 05.30 – 21.30
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi ayam
Telepon: 0813-2633-8833

7. Bubur Ayam & Misoa Ayam Rizki

Bubur Ayam & Misoa Ayam Rizki, sarapan di semarang

Djunaidy Djunaidy/Google Review

Ada banyak tempat sarapan di Simpang Lima Semarang yang bisa kamu kunjungin, salah satunya Bubur Ayam & Miso Ayam Rizki

Bubur ayam di Semarang yang satu ini dilengkapi sama telor pindang yang warnanya kecokelatan. Terus, kamu juga bisa pesen misoa ayam yang teksturnya gak terlalu lembek. Cocok banget dipesen kalau kamu pengen makan berat buat sarapan!

Ngomongin sate-sateannya, Bubur Ayam & Misoa Ayam Rizki menyediakan sate telor puyuh, sate kulit, sate ampela, sampai sate ati. Sate-sateannya ini direndam dalam kuah hitam yang cita rasanya manis. 

Tempatnya gak jauh dari Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang. Kamu cuma perlu jalan kaki sejauh 220 meteran aja buat sampai di tempat sarapan di Semarang ini. 

Alamat: Jl. Erlangga Barat 7, Semarang Selatan, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 04.30 – 11.00
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Bubur ayam, misoa ayam
Telepon: 0812-1593-0556

Horego Aplikasi Cari Makanan

8. Mie Ayam Lada Hitam Si Jonti

Mie Ayam Lada Hitam Si Jonti, sarapan di semarang

Ardian W Nirmala/Google Review

Buat kamu yang sarapannya jam 9 pagi ke atas, ada banyak rekomendasi tempat sarapan di Semarang yang bisa kamu datengin, salah satunya Mie Ayam Lada Hitam Si Jonti. 

Sesuai namanya, mie ayam di Semarang ini dikasih bumbu lada hitam yang banyak. Gak cuma rasanya aja yang medok, aroma lada hitamnya bener-bener berasa banget!

Tekstur mie ayam yang disajikan cukup kenyal dan topping ayamnya banyak. Kuah ayamnya juga banyak! Kalau diracik sama saos dan sambelnya, dijamin makin mantap rasanya. 

Kamu pun bisa pesen ceker yang bakal disajikan terpisah. Per porsinya, kamu bakal dapet 5 biji ceker. Mantap banget pokoknya!

Alamat: Jl. Durian Barat, Semarang Selatan, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 09.00 – 20.00
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Mie ayam lada hitam, ceker ayam

9. Warung Koyor Kota Lama

Warung Koyor Kota Lama, sarapan di semarang

Heru Pratama/Google Review

Mau sarapan di Semarang sambil berwisata pagi-pagi? Kamu bisa mampir ke Kota Lama! Di sini, ada Warung Koyor yang gurih dan enak banget. Nama tempatnya Warung Koyor Kota Lama!

Buat kamu yang belom tau, koyor adalah urat sapi yang teksturnya chewy dan lembut. Nah, tempat sarapan di Kota Lama Semarang ini menyajikan nasi koyornya dengan gudeg, oseng kacang panjang, telor, dan tahu. 

Tapi jangan kaget kalau kamu liat tempatnya rame. Soalnya, tempat sarapan di Semarang ini legendaris banget dan udah buka sejak tahun 1950-an. 

Alamat: Jl. Gelatik No. 7, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 08.30 – 15.00 (Selasa tutup)
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Nasi koyor

10. Nasi Kebuli Ibu Aminah

Nasi Kebuli Ibu Aminah, sarapan di semarang

Luhur Soendoro/Google Review

Nasi Kebuli Ibu Aminah adalah tempat sarapan di Semarang yang cukup unik. Nasi kebuli di sini disajikan di atas daun pisang dan dimasak dengan bermacam-macam rempah, seperti kolaka dan jinten. 

Seporsinya juga komplit banget. Gak cuma daging kambing aja, nasi kebulinya juga dilengkapi sama telor semur dan acar nanas. Cita rasa makanan khas Timur Tengahnya berasa banget!

Biarpun begitu, rasa nasi kebulinya udah disesuain dengan kebanyakan lidah orang Jawa. Jadi kamu gak perlu ragu buat cobain nasi kebulinya.

Udah gitu, daging kambingnya juga empuk. Kamu gak perlu effort pas mengunyahnya.  

Alamat: Jl. Petek No. 76, Semarang Utara, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.00 – 20.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Nasi kebuli
Telepon: 0851-0027-6865

Ada banyak rekomendasi kuliner di Semarang yang bisa kamu cek di Horego. Selain tempat sarapan di Semarang, ada juga daftar bakmi Jawa di Semarang dan nasi goreng babat di Semarang yang enaknya nendang!

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.