10 Rekomendasi Nasi Goreng Babat di Semarang, Awas Ketagihan!

January 31, 2024

Share to:

Daftar Isi

Nasi goreng babat adalah kuliner malam yang populer banget di Semarang. Cita rasa manis dari nasi goreng dan gurih dari babat bikin kuliner ini jadi favorit banyak orang. Lagi cari nasi goreng babat di Semarang yang paling enak? Baca rekomendasinya dari Horego ini, yuk!

1. Nasi Goreng Babat Pak Di

Nasi Goreng Babat Pak Di, nasi goreng babat di semarang

Alvin Manuel/Google Review

Nasi Goreng Babat Pak Di menyediakan menu nasi goreng dan babat yang bisa kamu ambil porsinya sesuai selera alias prasmanan. Setelah kamu ambil babatnya, kamu tinggal kasih ke penjualnya buat langsung dimasak. 

Biarpun warna nasi gorengnya tergolong hitam, nasi goreng di Semarang ini punya cita rasa manis dan gurih yang balance, kok. Gak cuma manis doang. 

Jeroannya gak cuma babat, lho. Kamu juga bisa nambah paru dan usus goreng sebagai topping nasi goreng. Pecinta jeroan pasti puas kalau makan di sini. 

Biar makin mantep, kamu juga bisa request telornya didadar. Lokasinya gak jauh dari Hotel Gets Semarang. Dari sana, kamu tinggal jalan kaki aja sejauh 650 meteran buat ke Nasi Goreng Babat Pak Di. 

Alamat: Gg. Pinggir No. 23, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 11.00 – 22.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Nasi goreng babat
Telepon: 0813-2898-4644

2. Nasi Goreng Babat Pak Karmin

Nasi Goreng Babat Pak Karmin, nasi goreng babat di semarang

Laras Murni Rahayu/Google Review

Nasi goreng enak di Semarang yang pake topping babat selanjutnya adalah Nasi Goreng Babat Pak Karmin. 

Tempat makan nasi goreng babat di Semarang ini punya tempat duduk yang banyak dan area parkir yang cukup luas. Jadi, kamu gak perlu khawatir kalau bawa kendaraan pribadi. 

Babat yang disajikan di Nasi Goreng Babat Pak Karmin Semarang gak bau, porsinya juga cukup banyak. Pecinta babat pasti bakal ketagihan dateng ke sini. Kamu bisa request telornya buat diceplok atau didadar. 

Pengalaman makan di sini juga asyik karena kamu bisa lihat view Kota Lama Semarang di malam hari yang estetik dan klasik. 

Dari Kota Lama Semarang, kamu cuma perlu jalan kaki sejauh 450 meter atau sekitar 6 menitan buat ke nasi goreng babat enak di Semarang ini. 

Alamat: Jl. Pemuda No. 2, Semarang Utara, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 08.00 – 22.30
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Nasi goreng babat
Telepon: 024-3563334

3. Nasi Goreng Babat Pak Sumarsono

Nasi Goreng Babat Pak Sumarsono, nasi goreng babat di semarang

Yhonas Oktavian/Google Review

Nasi Goreng Babat Pak Sumarsono adalah salah satu nasi goreng babat di Semarang yang legendaris. Nasi gorengnya dimasak pake kayu bakar, jadi ada cita rasa smokey yang bikin makin nikmat. 

Kalau kamu pecinta babat, kamu bisa pesen nasi goreng babat dan babat gongso. Babat gongso adalah babat yang ditumis dan cocok jadi pelengkap nasi goreng yang kamu pesen. 

Penyajiannya juga unik karena nasi gorengnya ditaro di atas daun pisang sebelum dihidangkan. Kalau kamu pecinta nasi goreng dengan rasa manis dan gurih, dijamin cocok dengan nasi goreng di sini!

Gak cuma babat, kamu juga bisa minta nasi gorengnya dikasih topping iso dan paru goreng. Rasanya juara!

Alamat: Jl. Anjasmoro Raya No. 64, Semarang Barat, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 17.00 – 24.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Nasi goreng babat
Telepon: 0813-9030-2192

4. Nasi Goreng Babat Hengky

Nasi Goreng Babat Hengky, nasi goreng babat di semarang

Chris Silvester/Google Review

Nasi Goreng Babat Hengky juga termasuk sebagai nasi goreng babat di Semarang yang legendaris. Tempat makan ini udah buka sejak 1988 dan masih eksis sampai sekarang. 

Nasi goreng babat di sini dimasak pake kayu bakar dengan wajan dan alat masak yang tradisional. Jadi, jangan kaget kalau rasa nasi goreng babatnya smokey. 

Terus, kamu juga bisa minta potongan cabe merah kalau pengen pedes. Konon katanya, Almarhum Bondan Winarno langganan makan di Nasi Goreng Babat Hengky. Ini jadi bukti kalau nasi goreng babat yang disajikan di sini bener-bener enak. 

Selain nasi goreng babat, kamu bisa pesen topping babat gongso atau tumis. Ada juga paru goreng yang gak kalah nikmat. 

Alamat: Jl. Puri Anjasmoro Blok K, Semarang Barat, Semarang
Jam buka: Selasa – Minggu, pukul 17.00 – 23.00 (Senin tutup)
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Nasi goreng babat, babat gongso
Telepon: 0852-2508-6676

5. Nasi Goreng Babat Akbar

Nasi Goreng Babat Akbar, nasi goreng babat di semarang

Edwin Yulianto/Google Review

Kalau kamu pengen mampir ke Nasi Goreng Babat Akbar, kamu harus sabar karena antriannya suka panjang. Gak heran sih, soalnya emang seenak itu!

Selain babat yamg dicampur ke nasi goreng, kamu juga bisa pesen babat gongso di piring terpisah. Porsinya banyak banget, pecinta jeroan pasti puas banget makan di sini. 

Udah gitu, nasi goreng babatnya dimasak pake kayu bakar. Saking enaknya, banyak food vlogger yang makan dan syuting di Nasi Goreng Babat Akbar. Ini jadi bukti kalau nasi gorengnya wajib kamu cobain. 

Alamat: Jl. Anjasmoro Raya No. 7, Semarang Barat, Semarang
Jam buka: Senin – Sabtu, pukul 17.30 – 23.00 (Minggu tutup)
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Nasi goreng babat, babat gongso
Telepon: 0857-8654-8080

6. Nasi Goreng Babat Bahagia

Nasi Goreng Babat Bahagia, nasi goreng babat di semarang

Darsono Tan/Google Review

Ada banyak tempat nasi goreng babat di Semarang yang namanya Nasi Goreng Babat Bahagia. Tapi, yang katanya otentik ada di Jalan K.H. Wahid Hasyim, Semarang Tengah. 

Nasi goreng terdekat dari Pecinan Semarang ini cukup spesial karena kamu bisa nambah pete utuh (bukan dipotong-potong) dengan porsi yang cukup banyak. Kecap manisnya juga pakai Kecap Mirama yang legendaris di Semarang. 

Selain itu, babatnya gak bau sama sekali. Porsi nasi gorengnya pun banyak dan tipenya oily. Untuk cita rasanya, Nasi Goreng Babat Bahagia cenderung manis.

Kalau kamu pecinta nasi goreng Semarang yang manis, boleh banget mampir ke sini! Dari Pecinan Semarang, kamu tinggal jalan kaki aja sejauh 110 meter atau 2 menitan buat sampai di Nasi Goreng Babat Bahagia. 

Alamat: Jl. K.H. Wahid Hasyim, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 17.00 – 00.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Nasi goreng babat pete

7. Nasi Goreng Babat Pete Pak Bandi

Nasi Goreng Babat Pete Pak Bandi, nasi goreng babat di semarang

D Y S/Google Review

Cari nasi goreng babat di Semarang yang pakai pete? Yuk, berangkat ke Nasi Goreng Babat Pete Pak Bandi

Per porsinya, nasi goreng ini dibanderol dengan harga Rp40.000-an. Harganya emang cukup mahal, tapi isiannya lengkap banget, mulai dari telor, kerupuk, acar, dan lengkap dengan es teh. 

Porsi nasi gorengnya juga pas. Perpaduan antara asin dan gurihnya pun balance. Udah gitu, babatnya bersih dan nikmat. 

Gak seperti kebanyakan nasi goreng babat di Semarang lainnya, Nasi Goreng Babat Pete Pak Bandi gak terlalu manis. Cocok buat kamu yang suka nasi goreng gurih dan asin. 

Tempatnya gak terlalu jauh dari Stadion Diponegoro. Dari sana, jaraknya cuma sekitar 600 meter ke Nasi Goreng Babat Pete Pak Bandi. 

Alamat: Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Sabtu, pukul 17.30 – 01.30 (Minggu tutup)
Harga: Rp40.000/orang
Menu favorit: Nasi goreng babat
Telepon: 0813-2500-0652

8. Nasi Goreng Babat Mas Tono

Nasi Goreng Babat Mas Tono, nasi goreng babat di semarang

Monster Cabe/Google Review

Nasi Goreng Babat Mas Tono adalah satu dari sekian banyak nasi goreng babat di Semarang yang dimasak secara tradisional. 

Penjualnya masak nasi goreng babat pake tungku dan kayu bakar, jadi ada cita rasa smokey yang bikin maknyus. Selain babat, nasi goreng di Semarang ini juga nawarin pete buat pelengkap. 

Daya tarik lain dari nasi goreng babat di Semarang ini adalah harganya. Dibandingkan dengan nasi goreng babat lainnya, Nasi Goreng Babat Mas Tono mematok harga yang cukup murah, gak lebih dari Rp20.000-an!

Alamat: Jl. Mandasia Raya, Semarang Barat, Semarang
Jam buka: Selasa – Minggu, pukul 17.00 – 23.00 (Senin tutup)
Harga: Rp18.000/orang
Menu favorit: Nasi goreng babat pete
Telepon: 0858-7666-8812

9. Nasi Goreng Babat Pak Taman

Nasi Goreng Babat Pak Taman, nasi goreng babat di semarang

Bagas WaraWiri/Google Review

Gak semua nasi goreng babat di Semarang bukanya malam hari. Ada juga nasi goreng babat yang bisa kamu santap buat sarapan, yaitu Nasi Goreng Babat Pak Taman. 

Horego Aplikasi Cari Makanan

Tempat makan nasi goreng babat ini udah berdiri sejak 1986. Biarpun udah puluhan tahun jualan, mereka masih eksis hingga sekarang karena rasanya terbukti mantap.

Jangan salah, babat di sini teksturnya empuk banget karena direbus berjam-jam dulu sebelum digoreng. Ada juga jeroan sapi lain yang bisa kamu request sebagai menu pelengkap. 

Lokasinya ada di sekitaran Stadion Diponegoro, tepatnya di Jalan Stadion Selatan, Semarang Tengah. 

Alamat: Jl. Stadion Selatan, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.30 – 16.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Nasi goreng babat
Telepon: 0818-243-979

10. Nasi Goreng & Babat Gongso Pak Kumis

Nasi Goreng & Babat Gongso Pak Kumis, nasi goreng babat di semarang

Dinar Ruseno/Google Review

Nasi Goreng & Babat Gongso Pak Kumis kalau ngasih topping gak pelit. Dalam setiap suapannya, kamu bisa ngerasin babat dan jeroan lainnya. 

Selain itu, nasi goreng babat di Semarang ini juga menyajikan jeroan lain, misalnya iso alias usus sapi. Kamu pun bisa pesen babat gongso yang disajikan di piring terpisah dengan nasi putih. 

Gak asal pedes, sambel cabe bawangnya bener-bener berasa. Kecap manisnya juga punya cita rasa yang maknyus. Recommended banget buat pecinta nasi goreng babat sejati!

Oh iya, nasi goreng babat ini juga disajikan sama potongan timun dan irisan sayur kol yang fresh. Lengkap banget porsinya!

Alamat: Jl. Fatmawati Kedungmundu, Tembalang, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 17.00 – 22.00
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Nasi goreng babat, babat gongso

Kalau kamu pecinta nasi goreng sejati, masih banyak rekomendasi nasi goreng enak lainnya yang bisa kamu intip di Horego.

Selain nasi goreng babat di Semarang, ada nasi goreng enak di Jogja, nasi goreng di Surabaya, nasi goreng Bandung, hingga nasi goreng Jakarta

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.