9 Rekomendasi Nasi Gandul di Semarang, Gurihnya Bikin Ketagihan!

February 13, 2024

Share to:

Nasi Gandul Pak Abdul, nasi gandul di semarang

Daftar Isi

Apakah kamu pecinta jeroan dan daging sapi? Jika iya, maka kamu wajib nyobain nasi gandul! Nasi gandul adalah makanan khas Pati berupa nasi yang diguyur kuah gurih dan dikasih isian empal, daging, hingga jeroan sapi. Sajian gurih ini bisa ditemuin di kota-kota Jawa Tengah, salah satunya Semarang. Kalau kamu lagi nyari nasi gandul di Semarang yang paling enak, baca rekomendasinya dari Horego, ya!

1. Nasi Gandul Pak Memet

Nasi Gandul Pak Memet, nasi gandul di semarang

Rachmad Dwi Laksono/Google Review

Nasi Gandul Pak Memet adalah tempat makan nasi gandul di Semarang yang udah legendaris. 

Kuahnya gurih, nasinya disajikan di atas daun pisang, dan kamu bisa memilih berbagai macam jeroan kesukaanmu!

Pilihan jeroan yang bisa kamu nikmatin di tempat makan nasi gandul enak di Semarang ini di antaranya adalah lidah, usus, hati, sandung lamur, paru, kikil, limpa, otak, sampai babat. 

Sebagai pelengkapnya, kamu bisa nambah telor pindang dan bermacam-macam gorengan. 

Untuk harganya masih masuk akal, lho! Kamu gak perlu ngeluarin uang lebih dari Rp20.000-an untuk seporsi Nasi Gandul Pak Memet. Worth it banget, mengingat jeroan sapinya royal!

Alamat: Jl. Dokter Cipto No. 12, Semarang Timur, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 16.30 – 21.30
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi gandul
Telepon: 024-3559928

2. Nasi Gandul Bu Harni

Nasi Gandul Bu Harni, nasi gandul di semarang

Jefanya R/Google Review

Sama kayak Nasi Gandul Pak Memet, Nasi Gandul Bu Harni merupakan nasi gandul di Semarang yang varian jeroannya komplit banget!

Gak cuma daging atau lidah sapi aja, kamu bisa mesen nasi gandul dengan jeroan paru, limpa, hati, koyor, iso alias usus, babat, sampai otak sapi. 

Uniknya, tempat makan nasi gandul di Semarang ini menyajikan menu pelengkap berupa telor bebek rebus yang dikasih kuah gandulnya. Dijamin mantap banget rasanya!

Selain telor bebek rebus, nasi gandul terdekat dari Citraland Mall Semarang ini pun menyajikan kerupuk terung, perkedel, tahu bakso, tempe, hingga kerupuk rambak kulit sebagai menu pelengkapnya. Ajib banget, kan?

Dari Citraland Mall Semarang, kamu cuma perlu jalan kaki sejauh 350 meter atau sekitar 4 menitan aja buat sampai di Nasi Gandul Bu Harni. 

Alamat: Jl. Kh. Ahmad Dahlan, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 13.00 – 22.00 (Jumat tutup)
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi gandul
Telepon: 0858-0364-6169

3. Nasi Gandul Pak Subur

Nasi Gandul Pak Subur, nasi gandul di semarang

Chen Lin Andrew/Google Review

Tempat makan nasi gandul di Semarang lainnya yang gak boleh kamu lewatin adalah Nasi Gandul Pak Subur. 

Kamu bisa makan nasi gandul dengan segudang pilihan jeroan di sini, seperti otak, jantung, iso, lidah, limpa, paru, babat, koyor, kikil, dan masih banyak lagi!

Gorengannya juga komplit, mulai dari tahu, tempe, dan perkedel. Kalau kerupuknya, kamu bisa cobain kerupuk rambak sapi, emping manis, kerupuk udang, sampai kerupuk jari. 

Tertarik ke sini? Kamu tinggal jalan aja ke arah Stadion Diponegoro. Dari situ, kamu bisa jalan kaki sejauh 600 meter atau sekitar 8 menitan lewat Jl. Seroja I buat sampai di Nasi Gandul Pak Subur. 

Alamat: Jl. Kh. Ahmad Dahlan, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 17.00 – 23.00
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi gandul
Telepon: 0857-9994-7696

4. Nasi Gandul Pak Kong

Nasi Gandul Pak Kong, nasi gandul di semarang

Chriestian Marteindo/Google Review

Soal rasa kuah, Nasi Gandul Pak Kong gak perlu diraguin lagi. Kuahnya gurih banget dan berempah. Cocok buat diseruput sambil menyantap jeroan sapinya. 

Selain daging, jeroan sapi yang bisa kamu makan sama nasi kuah gandulnya adalah lidah, babat, koyor, paru, iso, hati, sampai otak sapi. Kamu juga bisa makan nasi gandulnya pake telor rebus. 

Pilihan kerupuknya juga variatif, kayak kerupuk rambak, kerupuk terung, emping, kerupuk bawang, pangsit goreng, dan kerupuk udang. Dijamin enak banget kalau dimakan sama nasi gandulnya!

Oh iya, Nasi Gandul Pak Kong gak pelit kalau ngasih isian jeroannya. Jadi buat kamu pecinta jeroan sapi, pastiin kamu mampir ke sini kalau lagi di Semarang, ya!

Alamat: Jl. Anjasmoro Raya, Semarang Barat, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 16.30 – 22.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Nasi gandul
Telepon: 0823-2921-0169

5. Nasi Gandul Pak Hary

Nasi Gandul Pak Hary, nasi gandul di semarang

Suryaning Dewanti/Google Review

Nasi gandul yang dijual di Pati biasanya disajikan dengan kuah yang manis. Nah, kalau kamu pengen nyari nasi gandul di Semarang yang kuahnya cenderung gurih, dateng aja ke Nasi Gandul Pak Hary!

Kuahnya masih manis, tapi lebih dominan gurihnya. Terus, daging dan jeroannya juga empuk-empuk. Enak banget pas dikunyah!

Pilihan menu pelengkapnya pun variatif, kayak perkedel dan tempe goreng yang kriuk-kriuk teksturnya. Terus, sambelnya disediain di dalam mangkok besar. Jadi kamu bisa nentuin sendiri tingkat kepedasannya sesuai selera. 

Tempatnya gak jauh dari Java Supermall Semarang. Dari situ, kamu bisa jalan kaki sejauh 400 meteran atau sekitar 6 menitan lewat Jl. MT. Haryono dan Jl. Sriwijaya buat sampai di Nasi Gandul Pak Hary. 

Alamat: Jl. Sriwijaya No. 67, Candisari, Semarang
Jam buka: Senin – Sabtu, pukul 12.30 – 21.00 (Minggu tutup)
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Nasi gandul
Telepon: 0816-425-4522

6. Nasi Gandul Bu Sri

Nasi Gandul Bu Sri, nasi gandul di semarang

Nuy Channel (Nurul)/Google Review

Lagi nyari nasi gandul di Semarang yang rasanya otentik khas Pati? Langsung aja kunjungin Nasi Gandul Bu Sri di Jl. Sambiroto Raya No. 91, Kecamatan Tembalang!

Cita rasa kuahnya enak banget. Terus, topping dan isian dagingnya juga royal alias banyak. Pastinya bakal puas banget kalau makan di sini!

Udah gitu, di setiap mejanya juga disediain jeruk nipis yang bisa kamu peras ke nasi gandulnya. Cita rasa asemnya bikin nasi gandul yang kamu santap makin nikmat!

Selain nasi gandul khas Pati, tempat makan nasi gandul di Semarang ini pun punya menu soto kemiri yang juga berasal dari Pati. 

Dari Puskesmas Kedungmundu, kamu bisa jalan kaki aja sejauh 400 meteran atau sekitar 5 menitan buat sampai di Nasi Gandul Bu Sri. 

Alamat: Jl. Sambiroto Raya No. 91, Tembalang, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.00 – 21.30
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Nasi gandul, soto kemiri
Telepon: 0895-36166-2557

7. Nasi Gandul Pak Abdul

Nasi Gandul Pak Abdul, nasi gandul di semarang

Rocky Pramana/Google Review

Cita rasa nasi gandul otentik khas Pati bisa kamu rasain di Nasi Gandul Pak Abdul. Rasa manis dan gurihnya berpadu dengan sempurna!

Toppingnya gede-gede dan isian dagingnya juga banyak banget. Buat kamu yang lagi pengen makan berat, pas banget kalau dateng ke sini!

Pilihan jeroannya juga bermacam-macam, mulai dari paru, kikil, sampai iso. Ada juga telor pindang, sate telor puyuh, sampai tempe goreng yang bisa kamu jadiin menu pelengkapnya. 

Tempat makan nasi gandul di Semarang ini gak jauh dari Akademi Kepolisian Semarang. Dari sana, kamu bisa jalan lurus aja sejauh 900 meter atau sekitar 12 menitan buat sampai di Nasi Gandul Pak Abdul. 

Alamat: Jl. Sisingamangaraja, Candisari, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 16.30 – 22.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Nasi gandul
Telepon: 0852-9097-5199

8. Nasi Gandul Gama Mbak Tik

Nasi Gandul Gama Mbak Tik, nasi gandul di semarang

Desta Bluedyst/Google Review

Pernah, gak, kamu makan nasi gandul di Semarang yang toppingnya gudeg nangka? Kalau penasaran sama sensasi dan cita rasanya, dateng aja ke Nasi Gandul Gama Mbak Tik!

Per porsi nasi gandul di sini disajikan pake nasi putih, potongan koyor atau urat sapi, sambal goreng tahu, dan gudeg nangka. Mantap banget rasanya!

Kuah gandulnya juga medok banget dan tekstur daging sapinya empuk. Terus, ada juga topping telor pindang cokelat yang rasanya maknyus!

Ngomongin kuahnya, Nasi Gandul Gama Mbak Tik berani banget kalau ngasih rempah. Jadi pas kamu seruput kuahnya, kamu bakal ngerasain rempah-rempahan yang medok. 

Horego Aplikasi Cari Makanan

Gak puas dengan makan nasi gandul aja? Gak usah khawatir, tempat makan nasi gandul di Semarang ini juga punya menu ayam goreng dan ayam bakar yang dimasak dadakan. 

Kalau kamu lagi berwisata di Lawang Sewu dan pengen isi perut, Nasi Gandul Gama Mbak Tik cocok banget buat didatengin karena lokasinya gak jauh dari gedung bersejarah itu. 

Dari Lawang Sewu, kamu bisa naik kendaraan atau ojol sejauh 1 kilometer buat sampai di Nasi Gandul Gama Mbak Tik. 

Alamat: Jl. MH Thamrin No. 33, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, buka 24 jam
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Nasi gandul, ayam goreng, ayam bakar
Telepon: 0821-3541-2177

9. Warung Makan Nasi Gandul Mbak Tini

Warung Makan Nasi Gandul Mbak Tini, nasi gandul di semarang

Priyo Asmoro/Google Review

Salah satu daya tarik dari Warung Makan Nasi Gandul Mbak Tini adalah ukuran lauknya yang besar. Rasanya juga enak, lho!

Nasi gandul di Semarang yang satu ini cukup spesial karena lauk tambahannya banyak banget, sebut aja telor bacem, bergedel, kerupuk, sampai gorengan yang dibumbuin sama rempah-rempah. 

Untuk harganya, nasi gandul di Warung Makan Nasi Gandul Mbak Tini dipatok mulai dari Rp25.000-an per porsinya. Cukup worth it mengingat ukuran daging yang disajikan besar-besar.

Lokasinya gak jauh dari Politeknik Pelayaran Semarang. Dari kampus ini, kamu bisa jalan kaki sejauh 750 meteran atau sekitar 11 menitan buat sampai di Warung Makan Nasi Gandul Mbak Tini. 

Alamat: Jl. MT Haryono, Semarang Selatan, Semarang
Jam buka: Senin – Sabtu, pukul 17.30 – 22.00 (Minggu tutup)
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Nasi gandul
Telepon: 0821-3366-5513

Dari daftar nasi gandul di Semarang dalam artikel ini, kira-kira yang mana dulu yang bakal kamu samperin, nih?

Kalau kamu lagi liburan di Semarang dan pengen kulineran, kamu bisa cek langsung rekomendasinya di Horego! Ada banyak tempat makan yang bisa kamu intip, kayak  gudeg di Semarang, mie ayam di Semarang, nasi ayam di Semarang, sampai tahu petis di Semarang.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.