10 Rekomendasi Tahu Gimbal di Semarang yang Legendaris dan Enak

February 5, 2024

Share to:

Daftar Isi

Tahu gimbal adalah makanan khas Semarang yang udah ada sejak zaman penjajahan. Sajian ini dibuat dengan tahu goreng yang dipotong dadu, kol, bawang goreng, bumbu kacang, dan udang goreng tepung. Penasaran sama rasanya? Simak rekomendasi tahu gimbal di Semarang terlezat dari Horego, ya!

1. Tahu Gimbal Lumayan Pak Man

Tahu Gimbal Lumayan Pak Man, tahu gimbal di semarang

Mariska A/Google Review

Lagi nyari tahu gimbal enak di Semarang yang legendaris? Kamu bisa datang langsung ke Tahu Gimbal Lumayan Pak Man yang udah buka dari tahun 1950-an!

Salah satu ciri khas dari tahu gimbal di Semarang ini adalah porsinya yang jumbo. Terus, potongan gimbal udangnya juga besar-besar dan gak pelit. Dijamin puas kalau makan di sini!

Biasanya, saos kacang yang disajikan bareng tahu gimbal punya tekstur yang halus. Tapi kalau di Tahu Gimbal Lumayan Pak Man, bumbu kacangnya kasar dan ngasih sensasi tersendiri pas disantap.

Biarpun udah buka selama lebih dari 70 tahun, tahu gimbal di Semarang ini tetap ramai dikunjungin. Kalau kamu ke Semarang, jangan lupa mampir ke sini, ya!

Alamat: Jl. Plampitan No. 54, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 11.00 – 15.00
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Tahu gimbal
Telepon: 0823-2508-8464

2. Tahu Gimbal Bang Toyib

Tahu Gimbal Bang Toyib, tahu gimbal di semarang

Niken Mentari/Google Review

Kalau tadi ada tahu gimbal khas Semarang yang bumbu kacangnya kasar, kali ini ada tahu gimbal yang bumbu kacangnya halus. Namanya Tahu Gimbal Bang Toyib, yang berlokasi di Jl. Suratmo, Semarang Barat. 

Gak cuma lembut, bumbu kacangnya juga kental banget. Rasanya pun gak perlu diragukan lagi, pokoknya gurih dan nagih banget!

Porsinya cukup ngenyangin. Udah gitu, potongan gimbal udangnya juga gak pelit alias melimpah. Selain itu, kamu bakal dikasih topping telor ceplok dan toge supaya lebih nikmat. 

Alamat: Jl. Suratmo, Semarang Barat, Semarang
Jam buka: Selasa – Minggu, pukul 08.00 – 17.00 (Senin tutup)
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Tahu gimbal
Telepon: 0857-4135-9980

3. Tahu Gimbal Haji Edy

Tahu Gimbal Haji Edy, tahu gimbal di semarang

Kristal Sukma/Google Review

Tahu gimbal terkenal di Semarang lainnya yang bisa kamu kunjungin adalah Tahu Gimbal Haji Edy. Lokasinya di Jl. Pandanaran No. 2, Semarang Selatan. 

Gak main-main, warung tahu gimbal ini udah berdiri sejak tahun 1972-an. Berkat kelezatannya, Tahu Gimbal Haji Edy masih tetap berdiri hingga sekarang dan selalu ramai pengunjung. 

Ngomongin bumbu kacangnya, tahu gimbal ini punya bumbu yang agak kasar. Rasa pedes, gurih, dan manisnya juga balance. Enak banget pokoknya!

Letaknya gak jauh dari Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang. Dari situ, kamu cuma perlu jalan sejauh 450 meter atau sekitar 6 menitan aja buat sampai di Tahu Gimbal Haji Edy. 

Alamat: Taman Indonesia Kaya, Jl. Pandanaran No. 2, Semarang Selatan, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 12.00 – 22.00
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Tahu gimbal
Telepon: 0813-2940-7509

4. Tahu Gimbal Pak To

Tahu Gimbal Pak To, tahu gimbal di semarang

Christian Natanael/Google Review

Beberapa orang mungkin suka dengan saos kacang yang rasa bawang putihnya kuat atau medok. Buat kamu yang lagi nyari tahu gimbal di Semarang yang kayak begini, dateng aja ke Tahu Gimbal Pak To

Walaupun rasa bawang putihnya kuat, rasa manis dan gurih dari saos kacangnya tetep berasa. Mantap pokoknya!

Beralih ke toppingnya, tahu gimbal di Semarang ini dilengkapin dengan potongan telor dan bakwan udang. Porsinya cukup besar, jadi pastiin perut kamu kosong sebelum mampir ke sini, ya!

Alamat: Jl. Batan Selatan, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 10.00 – 22.00
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Tahu gimbal telor
Telepon: 0858-6910-9652

5. Tahu Gimbal P. Sentot

Tahu Gimbal P. Sentot, tahu gimbal di semarang

Farid R. Doni/Google Review

Seporsi Tahu Gimbal P. Sentot bisa dibilang cukup lengkap. Kamu bakal dapetin toge dan kol, gimbal udang, tahu, dan telor dadar yang dilumurin sama saos kacang. Kamu pun bisa makan tahu gimbal di sini pake lontong biar makin kenyang!

Saos kacangnya di sini dikasih perasan air jeruk, jadi ada cita rasa asam bercampur sama gurih dari kacang. Bikin penasaran, kan?

Buat kamu pecinta gimbal udang, Tahu Gimbal P. Sentot bisa jadi destinasi yang tepat. Soalnya, ukuran gimbal udangnya besar-besar. 

Sebagai informasi, tahu gimbal ini bukanya sore. Mulai dari pukul 16.30 sampai 22.00 malam. Cocok banget buat kamu yang lagi cari kuliner malam di Semarang!

Alamat: Jl. Soekarno Hatta, Pedurungan, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 16.30 – 22.00
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Tahu gimbal

6. Tahu Gimbal Pak Eko Asli

Tahu Gimbal Pak Eko Asli, tahu gimbal di semarang

Tahu Gimbal Pak Eko Asli/Google Review

Gak jauh dari Tahu Gimbal Haji Edy, kamu bisa mampir ke Tahu Gimbal Pak Eko Asli yang rasanya gak kalah nikmat. 

Cita rasa dari tahu, bumbu kacang, telor dadar, dan kerupuk udangnya maknyus total! Porsinya juga banyak khas tahu gimbal di Semarang. 

Penjualnya juga ramah banget sama pengunjung, jadi kamu bisa ngobrol sama penjualnya sambil nunggu tahu gimbal siap disajikan. 

Selain itu, tempat makan tahu gimbal terdekat dari Taman Indonesia Kaya ini nawarin es campur dan es teler yang cocok banget buat jadi hidangan penutup. 

Alamat: Taman Indonesia Kaya, Jl. Pandanaran 2, Semarang Selatan, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 11.00 – 03.00 (Minggu pukul 06.30 – 03.00)
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Tahu gimbal
Telepon: 0859-5149-7707

7. Tahu Gimbal Pak Gendut

Tahu Gimbal Pak Gendut, tahu gimbal di semarang

Dani Rahmawati/Google Review

Ngidam tahu gimbal pas diet? Gak usah khawatir, kamu bisa mampir ke Tahu Gimbal Pak Gendut yang terletak di Jl. Veteran No. 34, Gajahmungkur. 

Di sini, kamu bisa request bumbu kacangnya gak pake gula atau dikurangin porsi gulanya. Nah, buat kamu yang lagi diet, tinggal sesuain aja kadar gulanya sama selera. 

Harganya murah, yaitu mulai dari Rp17.000-an dan udah pake telor ceplok. Bumbu kacangnya pun tipe yang kasar dan gak encer. 

Selain tahu gimbal, kamu juga bisa pesen gado-gado dan tahu campur yang gak kalah enak di sini. Porsinya terkenal banyak, jadi pas banget kalau kamu lagi pengen makan berat!

Lokasinya gak jauh dari Taman Makam Pahlawan Nasional Giri Tunggal. Dari sana, kamu cuma perlu jalan kaki sejauh 600 meter buat sampai di Tahu Gimbal Pak Gendut. 

Alamat: Jl. Veteran No. 34, Gajahmungkur, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 16.30 – 22.00 (Jumat tutup)
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Tahu gimbal

8. Tahu Gimbal Pak Polo

Tahu Gimbal Pak Polo, tahu gimbal di semarang

Rio Aditya Kurniawan/Google Review

Buka sejak tahun 1980-an dan masih eksis sampai sekarang jadi salah satu bukti kalau Tahu Gimbal Pak Polo recommended buat dikunjungin. Kalau dulu Pak Polo langsung yang merintis usaha ini, sekarang dilanjutin sama anak perempuannya.  

Porsinya bener-bener ngenyangin, cocok buat kamu yang pengen makan siang atau sore. Rasa tahu gimbalnya juga maknyus dan bumbu kacangnya legit. 

Cita rasa bawang putih dan jeruk pada bumbu kacangnya juga kuat banget. Buat kamu pecinta pedes, kamu bisa request ditambahin cabe rawit sesuai dengan selera. 

Tempat makan tahu gimbal di Semarang ini juga cukup nyaman karena menyediakan beberapa meja berukuran besar dan banyak kursi. 

Alamat: Jl. Singa Tengah III No. 90, Pedurungan, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 10.00 – 22.00
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Tahu gimbal
Telepon: 0857-2763-9943

9. Tahu Gimbal Nugroho

Tahu Gimbal Nugroho, tahu gimbal di semarang

Sandy Setya Dharma/Google Review

Rasa bintang lima tapi harga anak kost. Kata-kata ini paling tepat buat mendeskripsikan Tahu Gimbal Nugroho yang ada di Jl. Hasanudin No. G6, Semarang Utara.

Salah satu daya tarik tahu gimbal di Semarang ini adalah tempe mendoannya. Kalau kamu dateng pagi-pagi atau sore, tempe mendoan yang disediain masih anget. Maknyus banget buat disantap bareng tahu gimbal. 

Horego Aplikasi Cari Makanan

Aroma dan rasa dari petisnya cukup light, tapi gak mengurangi kenikmatan dari tahu gimbalnya. Kamu juga bisa pilih mau pake nasi atau lontong untuk karbonya. 

Kalau jalan kaki dari Stasiun Semarang Poncol, kamu cuma perlu menempuh jarak sekitar 900 meter buat sampai di Tahu Gimbal Nugroho. 

Alamat: Jl. Hasanudin No. G6, Semarang Utara, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 09.00 – 20.00
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Tahu gimbal
Telepon: 0852-9045-0070

10. Tahu Gimbal Pak John

Tahu Gimbal Pak John, tahu gimbal di semarang

Najib Ibrahim/Google Review

Buat kamu yang lagi nyari tahu gimbal di Semarang Tengah, kamu bisa mampir ke Tahu Gimbal Pak John di Jl. Sendowo. Gak jauh dari Museum Kota Lama!

Per porsi tahu gimbal di sini cukup gede. Isiannya pun lengkap, mulai dari lontong, tahu, telor dadar, sampai kol yang fresh. Gak lupa juga dengan bumbu kacangnya yang gurih dan melimpah. 

Salah satu keunikan dari Tahu Gimbal Pak John adalah potongan tempe di dalamnya. Beda dari kebanyakan tempat makan tahu gimbal di Semarang lainnya.

Dari Museum Kota Lama yang terkenal di Semarang, kamu hanya perlu jalan kaki sejauh 80 meter aja buat sampai di Tahu Gimbal Pak John. 

Alamat: Jl. Sendowo, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 08.00 – 17.00
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Tahu gimbal

Dari beberapa rekomendasi tahu gimbal di Semarang ini, mana yang pengen kamu cobain?

Buat kamu yang lagi pengen kulineran di Semarang, ada banyak rekomendasi tempat makan yang bisa kamu cek di Horego, seperti lumpia di Semarang, kuliner malam Semarang, bakmi Jawa di Semarang, sampai nasi goreng babat di Semarang

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.