10 Rekomendasi Tempat Makan Siang di Semarang yang Enak

February 13, 2024

Share to:

makan siang di semarang

Daftar Isi

Pilihan tempat makan siang di Semarang banyak banget, lho! Mulai dari gulai, asem-asem, soto, hingga ayam goreng, semuanya bisa kamu nikmatin di tengah padatnya kesibukanmu! Penasaran di mana aja tempatnya? Baca rekomendasinya dari Horego ini, ya!

1. Ayam Goreng & Sop Buntut Pak Supar

Ayam Goreng & Sop Buntut Pak Supar, makan siang di semarang

Crescentia Novia/Google Review

Lagi nyari tempat makan siang enak di Semarang yang menyajikan ayam goreng dan sop buntut? Kamu bisa dateng ke Ayam Goreng & Sop Buntut Pak Supar di Jl. Moh. Suyudi No. 48, Kecamatan Semarang Tengah!

Rasa ayam kampung gorengnya gurih banget. Terus, teksturnya juga basah. Pas banget buat dimakan pake nasi anget dan sambelnya!

Tempat makan siang di Semarang yang udah berjualan sejak 1974 ini juga menyajikan sop buntut yang dagingnya empuk dan lembut. Recommended banget kalau kamu pengen makan siang yang berkuah. 

Kalau tertarik buat makan siang di sini, ada baiknya kamu dateng lebih cepet, ya. Soalnya, telat dikit aja antriannya bisa panjang!

Alamat: Jl. Moh. Suyudi No. 48, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 10.00 – 22.30
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Ayam goreng, sop buntut
Telepon: 0812-2590-9948

2. Warung Asem-Asem Koh Liem

Warung Asem-Asem Koh Liem, makan siang di semarang

Susan Marcheviola/Google Review

Menyantap makanan berkuah di tengah siang bolong emang nikmat banget! Apalagi kalau kuahnya gurih dan pedes, pastinya makin nendang!

Nah, kalau kamu lagi nyari rekomendasi makan siang di Semarang yang berkuah, kamu bisa mampir ke Warung Asem-Asem Koh Liem!

Berdiri sejak tahun 1978, Warung Asem-Asem Koh Liem menyajikan asem-asem yang dilengkapi sama daging urat sapi dan belimbing wuluh. Cita rasa asemnya bikin nagih banget!

Udah gitu, tekstur daging sapinya empuk dan baunya bebas dari aroma amis. Jadi kamu bisa makan siang dengan nikmat.

Sebagai informasi, tempat makan siang di Semarang ini juga menyediakan menu olahan babi, kayak sate babi, sosis babi semur.

Alamat: Jl. Karang Anyar No. 28, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.00 – 16.00
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Asem-asem
Telepon: 024-3565628

3. Gulai Bustaman Pak Sabar

Gulai Bustaman Pak Sabar, makan siang di semarang

Anna/Google Review

Masih ngomongin masakan berkuah, kali ini ada Gulai Bustaman Pak Sabar. Cocok banget buat kamu yang pengen makan siang pake kuah yang creamy!

Gak kayak kebanyakan gulai pada umumnya, gulai yang disajikan dari tempat makan di Semarang ini dimasak gak pake santan. Rasa gurih dan nikmatnya justru muncul dari bahan serundeng kelapa dan rempah. 

Ngomongin isiannya, Gulai Bustaman Pak Sabar dilengkapi sama daging kambing dan juga jeroan-jeroannya. Mantap banget buat disantap sama nasi!

Lokasinya cukup strategis karena cuma terpaut 500 meteran aja dari Stasiun Kereta Semarang Tawang. Dari situ, kamu bisa mampir ke Gulai Bustaman Pak Sabar lewat Jl. Tawang dan Jl. Garuda. Nah, letak tempat makannya ada di sebelah kiri. 

Alamat: Jl. Garuda, Semarang Utara, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 08.00 – 14.30
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Gulai kambing
Telepon: 0822-2095-4443

4. Sate dan Gulai Kambing 29

Sate dan Gulai Kambing 29, makan siang di semarang

Fadjar Trie/Google Review

Lagi nyari makan siang di Semarang yang menyajikan menu olahan kambing? Kamu bisa dateng langsung ke Sate dan Gulai Kambing 29 yang udah buka sejak tahun 1960-an!

Saking enaknya, Sate dan Gulai Kambing 29 punya banyak cabang di Semarang. Selain di Kota Lama, ada juga yang terletak di Taman Beringin sampai Stasiun Semarang Poncol.

Menu olahan kambingnya cukup lengkap, contohnya sumsum, balungan, sate kambing, gulai kaki, sampai sate jeroan campur. Kamu juga bisa pesen sate buntel yang jadi favorit pengunjung. 

Lokasinya gak jauh dari pusat Kota Lama Semarang. Dari tempat wisata itu, kamu bisa jalan kaki sejauh 90 meteran atau sekitar 1 menit doang buat sampai di Sate dan Gulai Kambing 29. 

Alamat: Jl. Letjen Suprapto No. 29, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Sabtu, pukul 08.00 – 21.00 (Minggu tutup)
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Sate kambing, sate buntel, gulai kambing
Telepon: 024-3549692

5. Soto Bangkong

Soto Bangkong, soto di semarang, makan siang di semarang

Nurul/Google Review

Gak lengkap kalau kita ngomongin kuliner siang di Semarang tapi gak ngebahas Soto Bangkong

Soto di Semarang ini disajikan dengan kuah bening yang seger pol! Isian daging ayamnya juga empuk dan kamu bisa menyantapnya dengan sate-satean, seperti sate telor puyuh, sate kerang, sampai sate usus. 

Selain daging ayam, seporsi Soto Bangkong juga dilengkapi dengan tomat, toge, dan bawang putih. 

Lokasi tempat makan siang di Semarang ini gak jauh dari Lapangan Pancasila Simpang Lima yang populer di Semarang. Kalau naik kendaraan, kamu cuma perlu menempuh waktu sekitar 4 menitan buat sampai di Soto Bangkong. 

Alamat: Ruko Bangkong Plaza, Jl. Brigjen Katamso No. 1, Semarang Selatan, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.00 – 22.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Soto bangkong, sate kerang
Telepon: 024-8412842

6. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Mie Kopyok Pak Dhuwur, makan siang di semarang

Mie Kopyok Pak Dhuwur/Google Review

Kalau kamu tipe orang yang suka makan mie buat makan siang, dateng aja ke Mie Kopyok Pak Dhuwur!

Tempat makan siang di Semarang ini udah berdiri sejak tahun 1965 dan masih eksis sampai sekarang. Ini jadi bukti kalau rasanya emang seenak itu.

Mie kopyok disajikan dengan topping yang sederhana banget, kayak tahu goreng, bawang goreng, lontong, dan seledri. Tapi kuahnya bikin nagih banget, apalagi tekstur mie kuningnya enak dikunyah. 

Sebagai finishing touchnya, Mie Kopyok Pak Dhuwur juga ngasih minyak bawang putih dan kecap manis yang bikin cita rasa mie kopyoknya makin gurih. 

Alamat: Jl. Tanjung No. 18A, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 08.00 – 16.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Mie kopyok
Telepon: 0856-4137-2758

7. Tahu Gimbal Haji Edy

Tahu Gimbal Haji Edy, tahu gimbal di semarang, makan siang di semarang

Kristal Sukma/Google Review

Tahu Gimbal Haji Edy adalah tempat makan tahu gimbal di Semarang yang populer. Banyak orang yang dateng ke sini buat makan siang karena porsinya cukup ngenyangin. 

Salah satu daya tarik dari tempat makan siang di Semarang ini adalah status legendarisnya. Tahu Gimbal Haji Edy udah buak sejak 1972-an dan masih berjualan sampai sekarang. 

Bumbu kacangnya masih kasar dan ngasih sensasi nikmat tersendiri pas dimakan. Rasa bumbunya pedes, gurih, dan manis. Cita rasanya nampol banget!

Kalau kamu tertarik ke sini, kamu bisa lewat Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang. Dari situ, kamu tinggal jalan kaki sejauh 450 meter atau sekitar 6 menitan buat sampai di Tahu Gimbal Haji Edy.

Alamat: Taman Indonesia Kaya, Jl. Pandanaran No. 2, Semarang Selatan, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 12.00 – 22.00
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Tahu gimbal
Telepon: 0813-2940-7509

8. Mie Ayam Pak Cip

Mie Ayam Pak Cip, mie ayam di semarang, makan siang di semarang

Beny Wijaya/Google Review

Satu kata yang terlintas di benak pengunjung ketika ngeliat porsi Mie Ayam Pak Cip adalah “jumbo”. Porsi mie ayamnya emang barbar banget, cocok kalau kamu pengen makan berat!

Mie ayam di Semarang ini punya cita rasa yang dominan gurih dan asin. Rasa manisnya tetep ada dari kuah topping ayamnya. 

Gak cuma mie ayam aja, kamu juga bisa pesen mie ayam goreng, mie ayam ceker, mie ayam kepala, mie ayam bakso, dan mie ayam pangsit. Harganya juga tergolong murah, gak lebih dari Rp15.000-an.

Lokasi tempat makan di Semarang ini cukup strategis karena gak jauh dari Java Supermall Semarang. Dari mall itu, kamu bisa jalan kaki sejauh 650 meteran lewat Jl. Jomblang Timur buat sampai di Mie Ayam Pak Cip.

Alamat: Jl. Sompok, Semarang Selatan, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 10.00 – 17.00
Harga: Rp15.000/orang
Menu favorit: Mie ayam
Telepon: 0821-3766-8582

9. Bakmi Jowo Pak Gareng

Bakmi Jowo Pak Gareng, bakmi jawa di semarang, makan siang di semarang

AIG/Google Review

Makan bakmi Jawa pas jam makan siang emang paling bener. Selain porsinya ngenyangin, rasanya juga gurih banget. Jadi kamu bisa puas makan siangnya dan bisa melanjutkan kesibukanmu. 

Horego Aplikasi Cari Makanan

Salah satu bakmi Jawa di Semarang yang cocok buat makan siang adalah Bakmi Jowo Pak Gareng. Kamu bisa pesen bakmi godog dan bakmi goreng di sini. 

Menu pelengkap dari tempat makan siang di Semarang ini juga enak-enak, sebut aja sate telor muda dan sate kulit ayam. 

Gak cuma bakmi-bakmian aja, ada juga menu lain yang bisa kamu santap buat maksi, di antaranya nasi goreng, nasi ruwet, bihun rebus, dan bihun goreng. 

Alamat: Jl. Wotgandul Dalam No. 171, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 10.00 – 23.00
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Bakmi godog, bakmi goreng
Telepon: 024-3560708

10. Tahu Petis Jaliteng

Tahu Petis Jaliteng, tahu petis di semarang, makan siang di semarang

Budi Santoso/Google Review

Tahu Petis Jaliteng adalah tempat makan siang di Semarang yang bisa kamu datengin kalau lagi ngidam tahu petis. 

Salah satu keunikan dari tahu petis di Semarang ini adalah kamu bisa memilih rasa saos petisnya sesuai selera. 

Rasa saos petis yang disediakan sama tempat makan siang di Semarang ini meliputi petis manis, petis pedas, dan petis extra bawang. 

Gak cuma itu, tahunya juga ada 2 jenis, yaitu tahu petis dan tahu crispy. Kamu juga bisa minta saos petis sepuasnya, lho!

Selain bisa dimakan di tempat, Tahu Petis Jaliteng juga menyediakan tahu petis yang bisa kamu makan di rumah karena bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama. 

Alamat: Jl. Gajahmada, Semarang Tengah, Semarang
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 11.00 – 22.00
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Tahu petis
Telepon: 0819-1555-3599

Itulah tadi daftar rekomendasi tempat makan siang di Semarang yang bisa kamu kunjungin. Buat kamu yang lagi nyari kuliner di Semarang, kayak gudeg di Semarang atau nasi ayam di Semarang, langsung aja cek di Horego, ya!

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.