12 Rekomendasi Restoran di Jogja yang Worth It Banget

January 11, 2024

Share to:

restoran di jogja

Daftar Isi

Kuliner Jogja lebih dari sekadar gudeg atau sate klatak aja. Ada banyak restoran di Jogja yang menyajikan menu makanan dan minuman yang gak kalah menarik buat dicobain. Penasaran apa aja tempatnya? Cek rekomendasi dari Horego ini aja sampai selesai, ya!

1. Seorae

Seorae, restoran di jogja

Christanty K/Google Review

Buat kamu pecinta makanan Korea yang tinggal di Jogja, mampir ke restoran Seorae, yuk!

Dengan harga mulai dari Rp200.000-an, kamu udah bisa makan All You Can Eat khas Korea dengan daging yang premium dan enak-enak. 

Paket AYCE dari restoran Korea di Jogja ini ada tiga, yaitu regular menu, premium menu, dan signature menu. Untuk yang regular, kamu bakal dapetin original wosamgyeob, spicy dakgalbi, meltique beef, hingga chadolbagi. 

Nah, kalau premium menu, pilihan dagingnya meliputi so galbi, yanggogi, chamchi, LA Galbi, wooseol, hingga karubi. Auto lumer di mulut!

Untuk signature menu, kamu bakal dapet galbisal, steak wagyu, yeoneo, jinkkotsal, deugsim, dan anchangsal. Dijamin ketagihan!

Kamu dikasih waktu sekitar 90 menit untuk makan sepuasnya di sini. Tapi ingat, restoran enak di Jogja ini bakal ngecharge Rp50.000 per 50 gram daging dan semua makanan buffet yang gak kamu habisin. Jadi, ambil secukupnya aja, ya!

Alamat: Jl. Demangan Baru No. 20, Depok, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 11.00 – 22.00
Harga: Rp200.000/orang
Menu favorit: Regular menu, signature menu
Telepon: 0878-1707-6724

2. Lavana

Lavana, restoran di jogja

Bagus Sulistiono/Google Review

Lavana adalah restoran di Kaliurang yang bisa dibilang hidden gem. Dari Kota Jogja, kamu perlu menempuh waktu sekitar 50-60 menit buat sampai di restoran ini. Tapi jarak yang jauh itu bakal terbayar ketika kamu sampai di sana. 

Tempatnya sejuk dan asri karena banyak pepohonan rindang di sekeliling restorannya. Area indoornya terkesan elegan dan mewah, sedangkan bagian outdoornya mengusung konsep ’embrace the nature’.

Makanan yang disajikan terdiri dari masakan khas Indonesia dan Western, seperti nasi goreng rempah, nasi goreng kari kambing, sate kambing klenger, spaghetti opor ayam, chicken burger, hingga rice bowl.

Pilihan snacknya juga banyak, kayak kentang kentir, kulit kriuk, onion ring, jamur krispy, chicken pok pok, sampai bitter ballen. 

Kalau kamu berencana buat mampir ke restoran di Jogja yang Instagramable ini, siapkan outfit terbaikmu, ya! Soalnya kamu dijamin gatel buat foto-foto!

Alamat: Jl. Giri Arum Kaliurang, Pakem, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Senin – Minggu, buka 24 jam
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Chicken cordon blue, mac n cheese, lavana platter
Telepon: 0877-2442-8492

3. Warung Enaak

Warung Enaak, restoran di jogja

Ika Nur Rahmawati/Google Review

Kalau kamu lagi nyari restoran di Bantul yang menyajikan comfort food kesukaan orang Indonesia, dateng aja ke Warung Enaak

Beberapa menu rekomendasi yang bisa kamu cicipin di sini adalah bebek goreng, ayam ijo, ayam goreng enak, gurame asam manis, sop buntut, sop patin asam pedas, dan iga bakar spesial. 

Biar makin mantap, kamu bisa pilih berbagai macam sambel di sini, seperti sambel terasi, sambel bawang, dan sambel enaak khas Warung Enaak.  

Restoran terkenal di Jogja ini juga punya tempat yang luas. Jadi kamu gak bakal ngerasa sesak biarpun pengunjung lagi rame. Areanya terbagi jadi indoor dan outdoor. Terus, ada juga tempat buat duduk lesehan. 

Tempatnya cukup gampang buat ditemuin karena deket sama Masjid Agung Manunggal Bantul yang terkenal. Dari situ, jaraknya cuma 250 meter atau sekitar 4 menitan aja ke Warung Enaak. 

Alamat: Jl. Jendral Ahmad Yani No. 2, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 11.00 – 20.30
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Bebek goreng, gurame asam manis, ayam ijo
Telepon: 0851-0061-8833

4. Mediterranea Restaurant by Kamil 

Mediterranea Restaurant by Kamil, restoran di jogja

Mediterranea Restaurant by Kamil/Google Review

Gak perlu bingung kalau kamu pengen cari restoran mewah di Jogja buat fine dining bareng pasangan. Dateng aja langsung ke Mediterranea Restaurant by Kamil!

Gak cuma tempatnya yang bagus, restoran di Jogja ini juga punya daftar menu yang komplit banget. Untuk yang paling recommended, kamu bisa cobain duck confit yang bumbunya meresap hingga ke dalam daging. 

Terus, menu shish kebabnya juga enak karena pakai daging ayam yang dipanggang sempurna dan salad yang fresh. Jangan lupa cobain tuna tataki yang aromanya menggugah selera. Plattingnya juga Instagrammable banget!

Alamat: Jl. Tirtodipuran No. 24A, Mantrijeron, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 08.00 – 23.00
Harga: Rp100.000/orang
Menu favorit: Duck confit, shish kebab, tuna tataki
Telepon: 0274-371052

5. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum, restoran di jogja

Adi Angga/Google Review

Berdiri sejak tahun 1950-an, Gudeg Yu Djum cocok banget dibilang sebagai salah satu restoran di Jogja yang paling legendaris. Apalagi, bahan-bahan pembuatan gudegnya dimasak secara tradisional. Jadi rasanya terjaga banget sampe sekarang!

Restoran di Malioboro ini menyajikan menu gudeg yang lengkap, mulai dari krecek yang pedas manis, ayam kampung yang empuk, hingga sayur nangka yang lembut. 

Cita rasa gudeg dari Gudeg Yu Djum memang cenderung menonjolkan rasa manisnya. Buat kamu yang suka dengan gudeg manis gurih, dijamin bakal cocok sama menu-menu yang disajikan di sini. 

Nah, kalau kamu penasaran buat makan di Gudeg Yu Djum, kamu disaranin buat dateng lebih awal. Soalnya kalau telat dikit aja, kamu bisa ngantri panjang!

Alamat: Jl. Dagen No. 2C, Gedong Tengen, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.00 – 22.00
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Krecek, ayam kampung
Telepon: 0851-0250-0500

6. Jejamuran 

Jejamuran, restoran di jogja

Claudia Prayogo/Google Review

Jangan ngaku pecinta masakan olahan jamur kalau belum mampir ke Jejamuran!

Restoran di Sleman ini menyajikan berbagai macam menu jamur yang enak-enak dan tentunya menggugah selera, seperti nasi goreng jamur, sate jamur, tumis kangkung jamur, jamur goreng penyet, jamur saos telor asin, hingga telur dadar shiitake. 

Uniknya, ada banyak fasilitas menarik yang bisa kamu nikmatin dari salah satu rekomendasi restoran di Jogja terbaik ini, misalnya mini trip untuk anak-anak. Dalam trip ini, si kecil bisa berkunjung ke tempat budidaya jamur. 

Terus, restoran keluarga di Jogja ini juga menyediakan cooking class buat kamu dan anak-anak belajar memasak jamur goreng tepung yang crispy dan lezat!

Buat kamu yang pengen melepas rasa lelah dan penat, Jejamuran menyediakan kolam terapi ikan biar kamu bisa rileks sambil makan jamur. 

Alamat: Jl. Pandowoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 09.00 – 21.30
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Sate jamur, tongseng jamur
Telepon: 0274-868170

7. Kakkoii

Kakkoii, restoran di jogja

Kakkoii/Google Review

Kakkoii adalah restoran Jepang di Jogja yang konsepnya All You Can Eat. Pilihan paketnya ada dua, yaitu premium dan regular beef. Kamu juga bisa pilih durasi yang 90 atau 150 menit.

Jenis daging yang disajikan dalam paket premium beef cukup variatif, seperti sou, gyuyan, king karubi, rib eye, saikoro, dan ribeye meltique. 

Gak cuma menu AYCE aja, restoran di Jogja ini juga menghidangkan menu bento dengan pilihan topping beragam, mulai dari dori goreng tepung, chicken katsu, chicken karaage, hingga ayam goreng tepung. 

Tempatnya pun nyaman dan konsep bangunannya rumah kaca. Jadi, kamu bisa liat tumbuhan dan tanaman hijau yang cantik di bagian luarnya. 

Alamat: Jl. Magelang No. 222, Mlati, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 11.00 – 22.00
Harga: Rp150.000/orang
Menu favorit: Premium beef
Telepon: 0822-6835-5758

8. Rumkul Ateeya

Rumkul Ateeya, restoran di jogja

Initeh Botol/Google Review

Gak cuma restoran Korea dan Jepang aja yang bisa kamu temuin di Jogja, ada juga restoran Timur Tengah yang menu makanannya otentik dan enak. Namanya Rumkul Ateerya yang ada di Jalan Anggajaya 2. 

Salah satu menu paling recommended buat dicobain adalah nasi kebuli yang dibuat pake beras basmati dan briyani. Nah, biar makin mantep, kamu bisa tambahin ayam dan acar. 

Terus, ada paketan nasi kebuli plus daging kambing. Dagingnya terasa lembut dan enak! Gak ketinggalan juga martabak yang bumbunya medok, telornya lembut, daging ayamnya melimpah, dan kuahnya lezat. Recommended banget!

Oh iya, chef yang masak menu Timur Tengah di sini udah berpengalaman lebih dari 15 tahun di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Jadi gak heran kalau rasa masakannya otentik!

Alamat: Jl. Anggajaya 2 No. 111, Depok, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 10.00 – 20.00
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Nasi kebuli kambing, martabak
Telepon: 0817-261-581

9. Lalawuh Sunda

Lalawuh Sunda, restoran di jogja

Lalawuh Sunda/Google Review

Beralih ke restoran Sunda di Jogja, ada Lalawuh Sunda buat kamu pecinta gurame goreng, lalapan, dan sambel terasi.

Selain menu makanannya enak, restoran di Jogja ini estetik banget. Udah gitu, areanya juga luas dan kids friendly. 

Beberapa menu khas Sunda yang paling recommended di sini adalah nasi liwet, sate maranggi, dan karedok. Cobain deh kombinasi mantap dari ketiga menu ini!

Biar gak kering banget, ada banyak menu berkuah yang favorit di restoran ini, seperti sayur asem, sayur lodeh udang, dan sop ikan gurame. 

Sementara itu, menu olahan gurame yang worth it buat dicobain adalah gurame pesmol, gurame bakar madu, dan gurame goreng terbang. Jangan lupa dimakan pake sambel biar makin nikmat!

Alamat: Jl. Tambak, Kasihan, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 10.00 – 22.00
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Nasi liwet, sayur asem, gurame pesmol
Telepon: 0274-5018852

10. Dil Rani Restaurant

Dil Rani Restaurant, restoran di jogja

Dil Rani Restaurant/Google Review

Gak susah kok buat nyari restoran India di Jogja. Ada beberapa pilihan yang bisa kamu kunjungin, salah satunya adalah Dil Rani Restaurant

Ada empat jenis menu yang bisa kamu pesen di sini, yaitu olahan kambing, ayam, seafood, atau nasi dan sayuran. 

Menu favorit banyak orang di Dil Rani Restaurant adalah nasi biryani yang dilengkapi sama berbagai rempah khas India. 

Gak kalah enak dari nasi biryani, kamu juga wajib cobain roti khas India yang namanya naan. Pilihan toppingnya pun banyak, seperti cheese naan, garlic naan, butter naan, hingga kashmiri naan. 

Uniknya, restoran di Jogja ini gak cuma menyajikan makanan khas India. Kamu bisa pesen berbagai jenis sajian khas Western dan Asia, seperti chicken wings, empanadas, caesar salad, Thai chicken salad, sampai sop buntut rempah. 

Alamat: Jl. Komplek Colombo No. 50, Depok, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 11.00 – 22.00
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Nasi biryani, roti naan
Telepon: 0877-8300-7978

Horego Aplikasi Cari Makanan

11. Koki Joni 

Koki Joni, restoran di jogja

Koki Joni/Google Review

Koki Joni merupakan restoran Italia di Jogja yang jadi andalan mahasiswa kalau pengen makan pasta dan Western food dengan harga yang terjangkau. 

Ada banyak menu recommended yang disajikan di Koki Joni, seperti cordon blue dante, meatball steak danieri, angry tuna, hingga meatball steak danieri. 

Nah, kalau kamu ke restoran di Jogja ini bareng temen atau keluarga, kamu bisa pesen kalkun panggang yang asyik buat sharing. Gak cuma enak, dagingnya pun juicy dan lembut karena dimasak dengan sempurna. 

Tempatnya cukup sederhana dengan ornamen kayu. Meja dan kursinya modelan yang panjang, jadi cocok banget buat kamu yang pengen nongkrong dan makan bareng-bareng!

Alamat: Jl. C Simanjuntak GK V, Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 11.00 – 21.00
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Cordon blue, ayam kalkun panggang
Telepon: 0274-553602

12. Phuket Resto 

Phuket Resto, restoran di jogja

James/Google Review

Lagi ngidam makanan khas Thailand? Buat kalian yang tinggal di Jogja, mampir aja ke Phuket Resto di Jalan HOS Cokroaminoto. 

Menu recommended yang bisa kamu cobain di sini adalah tom yum seafood. Kuahnya seger banget khas Thailand!

Kalau kamu lagi pengen nyari lauk yang mantep buat dimakan bareng nasi, restoran di Jogja ini menyajikan ayam sereh yang maknyus. Wajib cobain menu yang satu ini!

Lagi gak pengen makan nasi? Kamu bisa ganti dengan roti naan yang gak kalah mantap buat disantap bareng lauk-lauk di sana. 

Letak restorannya gampang ditemuin karena deket Museum Monumen Pangeran Diponegoro. Dari situ, kamu bisa jalan kaki atau berkendara melalui Jalan Wiratama dan Jalan Indraprasta sejauh 500 meter buat sampai di Phuket Resto!

Alamat: Jl. HOS Cokroaminoto No. 159B, Tegalrejo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 11.00 – 21.00
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Tom yum seafood, roti naan, ayam sereh
Telepon: 0274-5304893

Selain di Jogja, kamu juga bisa cek rekomendasi restoran lainnya di Horego, seperti restoran di Bandung.

Gak cuma restoran di Jogja aja, kamu juga bisa cafe di Jogja, coffee shop Jogja, hingga tempat makan sate klatak Jogja hanya di Horego!

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.